Jangan Sekali-kali Berkendara Disaat Mengantuk,Sangat Membahayakan Diri Sendiri dan Orang Lain!!

ARblog – Assalamualaikum brosist. Alhamdulillah,masih diberi kesempatan untuk menarik nafas lebih dalam di hari Senin ini. Sangat bersyukur,karena masih bisa menikmati segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Hari ini,saya dapat pengalaman yang mungkin sangat bisa dijadikan pelajaran berharga untuk brosist sekalian yang demen mengendarai kendaraan,atau memang mengendarai kendaraan adalah suatu keharusan setiap harinya.

Pelajaran berharga ini saya dapatkan hari ini,pada siang hari tadi. Langsung mulai aja ya brosist,agak sedikit curhat nih. Monggo disiapkan kopi dan cemilan jika diperlukan dan kepanjangan ceritanya XD.

Mengantuk,musuh utama saat berkendara

Mengantuk,musuh utama saat berkendara

Diawali dengan ada broadcast message,bahwa saya dan teman-teman diminta datang ke sekolah karena ada satu dan lain hal yang penting dan harus disampaikan. Karena janji di siang hari,pagi harinya saya sempatkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan sedikit berolahraga di gym. Siang hari,sayapun berangkat dari rumah,mengendarai motor menuju ke sekolah. Ditengah jalan,entah kenapa saya merasa sangat lelah sehingga kelopak mata pun seakan ingin melekat satu sama lain. Karena telah janji pukul 1 siang,dan saat itu sudah pukul 12.50,jarak tempuh pun masih lumayan jauh. Jadi,saya pertimbangkan untuk menguatkan mata ini agar tidak mengantuk supaya sampai di tujuan tepat waktu.

mengantuk laka 2

Beberapa menit saya mencoba mengendalikan motor dengan keadaan mengantuk dan lelah. Tidak ada masalah,hingga…. TIINNN!! Klakson motor dari lawan arah pun terdengar keras membangunkan mata saya saat itu. Saya pun serasa tak sadarkan diri,nyawa seakan diangkat dari tubuh sepersekian detik. Tanpa sadar,saya telah tertidur selama sepersekian detik diatas motor! Dan tanpa saya sadari juga,selama sepersekian detik tersebut saya telah mengambil jalur melawan arah.. Seusai kejadian tersebut,saya tak henti-hentinya mengucap kata syukur kepada Yang Kuasa.. Karena jika telat beberapa detik saja,mungkin tabrakan tak akan terelakkan lagi…

Semoga jangan sampai celaka...  Source : google

Semoga jangan sampai celaka…
Source : google

So,berkendara memang memerlukan tanggung jawab yang besar ketika kita sudah berani untuk melakukannya. Selain itu,butuh konsentrasi yang tinggi untuk mengendarai kendaraan APAPUN. Jadi,berikut ini tips yang mungkin akan berguna bagi brosist sekalian,terutama yang mempunyai jam terbang tinggi di kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Apa aja sih?

1.  Kenali diri masing-masing!

Kenali diri sendiri,cuma brosist yang bisa mengenali diri brosist sendiri..

Kenali diri sendiri,cuma brosist yang bisa mengenali diri brosist sendiri..

Ya,yang bisa mengenal diri bro and sist sekalian adalah diri brosist sendiri. Jika brosist telah merasakan kelelahan,atau mengantuk saat mengendarai kendaraan apapun,baik roda 2,4,6 dst,lebih baik cari tempat untuk beristirahat terlebih dahulu!!

Hal ini adalah suatu keharusan. Karena seperti kejadian yang saya alami tadi,bahwa brosist ga akan bisa mengendalikan kendaraan ketika dalam keadaan yang mengantuk dan setengah sadar! Hal ini gak hanya membahayakan diri brosist sendiri sebagai seorang pengendara,tetapi juga membahayakan bagi orang lain sesama pemakai aspal jalanan..

2.  Jangan memaksakan diri!

memaksakan diri laka

Setelah mengenali kemampuan diri sendiri,apakah kuat atau tidaknya meneruskan perjalanan,baiknya tidak memaksakan diri untuk tetap meneruskan perjalanan disaat mengantuk/kelelahan!! Carilah tempat untuk bersinggah seperti warung kopi,rumah makan,atau minimarket untuk sekedar membeli minuman atau makanan agar mata kembali melek dan bisa meneruskan perjalanan.

Hal ini yang saya lakukan setelah kejadian tersebut. Saya singgah di sebuah minimarket dan membeli minuman untuk membuat badan kembali segar. So,sekali lagi,jangan paksakan diri ya brosist! Atau celakalah akibatnya!

3.  Jangan berangkat terburu-buru!

terburu buru laka

Nah,alasan inilah yang menjadi pemicu kecelakaan yang fatal di Indonesia dan seluruh dunia. Terburu-buru membuat konsentrasi menjadi buyar dan juga tidak fokus dengan apa yang dikerjakan. Mengantuk + terburu-buru? Alamat kelar hidup brosist!! Lebih baik,perkirakan jarak tempuh tempat yang akan brosist sambangi. Lalu,berangkatlah secara tidak terburu-buru. Ingat,lebih baik mencegah daripada mengobati! lebih baik berangkat lebih awal,daripada berangkat terburu-buru lalu celaka?? Mengerikan brosist! Jangan sampai deh..

4.  Istirahat yang cukup

istirahat laka

Istirahatlah yang cukup,agar tubuh brosist sekalian selalu dalam keadaan yang fit ketika berkendara. Ya,lebih baik memiliki tubuh dalam keadaan fit saat berkendara daripada saat berkendara brosist mengantuk dan kurang istirahat! Ga kebayang kalau celaka.. Jangan sampai..

5.  Ucapkan doa sebelum berangkat kemanapun!

doa laka

Yang paling ampuh nih,bagaimanapun manusia berusaha,tetap dengan kuasa Tuhan lah semua rencana bisa berjalan dengan baik atau tidak. Sama dengan akan berkendara,sejak dahulu kala,orang-orang yang akan berkelana selalu mengucapkan doa kepada Tuhan agar dilindungi saat didalam perjalanan,agar selalu sehat dan tak ada kecelakaan. Begitupun berkendara sehari-hari,haruslah diiringi dengan Doa kepada Yang Maha Kuasa.. Semoga kita semua ada didalam lindungan-Nya ya brosist.. Aamiin.

Last,semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pengingat yang baik bagi brosist sekalian,bahwa keadaan tubuh yang fit dan segar sangat diperlukan ketika berkendara di jalan raya. Mengerikan bukan,kalau sampai karena kurang istirahat brosist akan menyesal kemudian harinya..

Jangan sampai celaka deh.. amit amitt...

Jangan sampai celaka deh.. amit amitt…

Thanks for reading and sharing,leave your comments here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Advertisements

10 thoughts on “Jangan Sekali-kali Berkendara Disaat Mengantuk,Sangat Membahayakan Diri Sendiri dan Orang Lain!!

  1. ane juga pernah ngalamin, awalnya udah ngantuk melipir ke pom bensin tidur sebentar di emperan minimarket, jalan lagi kira” 10km dari rumah terasa ngantuk yg gak bisa ditahan tapi ane tetep lanjut, untungnya dibelakang ane ada mobil yg ngikutin dan selalu nglaksonin ane klo udah lawan arus, tanpa sadar ane udah nyampe rumah dan itulah yg dinamakan “Auto Pilot” motor ane kaya gerak sendiri hehe, kejadiannya tengah malem

    Like

  2. betul ngantuk jangan dipaksain …
    ane udah pernah dan brak… nyruduk becak pinggir jalan…
    abis itu kapok dah….
    ngantuk tidur aja dulu..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s