Mau Puasanya Lebih Kuat? Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman Yang Dikonsumsi!

ARblog – Assalamualaikum brosist.. Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya..


image

Ilustrasi makan

Berpuasa terkadang membuat tubuh kaget,karena tubuh yang biasanya bisa mengkonsumsi makanan dan minuman sepanjang hari,di bulan puasa hal tersebut tidak diperbolehkan.

Gak jarang tuh,bagi sebagian orang (termasuk saya :D),kadang di bulan puasa hari pertama selalu merasa mual dan lemas serta pusing yang berlebih. Karena,kurangnya nutrisi yang mendukung tubuh untuk kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

image

Ilustrasi makan yang baik

Nah,dishare oleh om Rio motorrio.com di group whatsapp D’Gujubar,(suwun om :D),ini dia asupan makanan dan minuman yang perlu diperhatikan agar tubuh brosist menjadi lebih kuat saat berpuasa.. Langsung aja nih brosist kita cekidot 😀 :

Dari Grup PAPDI (Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia):
TIPS LANCAR MENJALANI PUASA
Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar jalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

Mudah2an bisa bermanfaat.

● Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.
(Nah,teh dan kopi memang memiliki kandungan yang bisa mempercepat metabolisme tuh brosist. Baiknya,teh dikonsumsi saat berbuka puasa ya :D)

image

Air lebih baik...

● Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
(Lambat dicerna,agar tubuh tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama brosist. Efeknya,tubuh jadi terasa kuat lebih lama..)
image

● Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
(Kurma memang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Karena kandungan di dalam buah kurma dapat mengembalikan energi dari tubuh kita yang sempat hilang saat berpuasa..)
image

● Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
(Nah ini belum saya coba. Tapi memang pisang sudah sering saya gunakan sebagai buah untuk sarapan pagi,karena membuat perut kenyang lebih lama :D)

● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi.
(Wah,hindari tuh berbuka puasa dengan gorengan dan lainnya,karena sama saja menimbun lemak :D)

● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.
(Air hangat lebih baik,usahakan 2 gelas ukuran sedang yaa brosist :D)

● Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
(Kalau tidak ada jus,air putih hangat juga baik loh brosist. 2 gelas sudah cukup :D)

● Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.
(Es buah gak boleh dong ya :(. Kurangi es-esan brosist!)

Selamat menjalankan ibadah shaum dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu’ serta ikh las menjalaninya…

Nah,itu dia sedikit tips memilih asupan yang baik saat menjalankan ibadah puasa. Selain mendapat pahala,tentu beribadah puasa semakin menyenangkan kan kalau tubuh kita juga mendukungnya? Hehe..

Last,semoga berguna ya brosist. Semangat menjalankan ibadah puasanya,semoga diberikan kelancaran dan kesehatan selalu oleh Allah SWT. Aamiin..

Thanks for reading this article,please share and comment,and see you on the next article.

Wassalamualaikum wr wb.

Artikel dibawah ini gak kalah menariknya brosist!!

Advertisements

3 thoughts on “Mau Puasanya Lebih Kuat? Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman Yang Dikonsumsi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s