Heboh! MotoGP Indonesia Siap Digelar Tahun 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok! Yang Bener??!

Abdulbar M. Mansoer (kiri) menjelaskan rancangan sirkuit Mandalika Lombok

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sebenernya ini artikel mau rilis tadi pagi sehabis shalat subuh, cuma entah kenapa dari dalam relung hati mendalam kok saya masih agak meragukan beritanya hehehe.. Setelah dicari lebih lanjut, ternyata beritanya benar adanya.. Yap, berita yang lagi rame banget soal kabar MotoGP Indonesia Siap Digelar Tahun 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok! Berita ini mencuat setelah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang diwakili oleh Abdulbar M. Mansoer memastikan balap MotoGP akan digelar di Indonesia, tepatnya di Lombok pada tahun 2021 mendatang! Ah yang bener ini??! Sebab, masih fresh di ingatan kita bagaimana ramainya tahun 2017 lalu saat ada berita MotoGP akan hadir di Indonesia pada tahun 2019! Nyatanya? Hmmm…

MotoGP Indonesia Tahun 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok, Yang Bener nih?? 

Rencana sirkuit Mandalika Lombok sepanjang 4,3 KM

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, MotoGP yang digadang-gadang akan hadir di Indonesia pada tahun 2021 ini akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Sirkuit ini kabarnya akan memakai konsep sirkuit jalan raya, yang artinya sirkuit yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan jalan raya namun punya keamanan layaknya sirkuit internasional. Nantinya sirkuit ini akan mirip dengan sirkuit yang ada di Monaco dan Singapura, yakni Sirkuit untuk mobil Formula 1.

Sirkuit yang akan dibuat di Mandalika, Lombok ini kabarnya juga punya detail yang keren. Menurut Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, sirkuit Mandalika yang berada di Lombok ini bakal menjadi sirkuit yang cakep banget! Bahkan, kabarnya Sirkuit Mandalika akan mempunyai panjang 4,3 Kilometer, dengan tikungan sebanyak 18 tikungan! Gokil, lebih panjang dari Sentul ni bro! Sebagai perbandingan, Sentul punya panjang 3,7 Kilometer, sedangkan Sirkuit Sepang yang selama ini menjadi sirkuit favorit warga Asia Tenggara untuk nonton MotoGP tersebut mempunyai panjang 5,5 kilometer! Panjang juga nih sirkuit Mandalika ya.

Dikutip dari CNN Indonesia, ITDC akan bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projets, perusahaan infrastruktur global asal Prancis untuk membangun sirkuit di Mandalika. Hal ini kabarnya bukan hanya isapan jempol belaka, sebab, menurut Abdulbar, hal ini sudah disetujui oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, dan akan segera diumumkan secara worldwide dalam waktu dekat! Wooohhh! Mantab lurs!

Abdulbar M. Mansoer (kiri) menjelaskan rancangan sirkuit Mandalika Lombok

Kabarnya, semua sudah siap dan tinggal menunggu eksekusi, yang rencananya sirkuit akan dibangun pada bulan Oktober 2019 mendatang. Bicara budget, perencanaan budget untuk membangun sirkuit kabarnya butuh dana sekitar 40-50 juta dolar.

“Untuk membangun sirkuit ini membutuhkan sekitar 40-50 juta dolar (sekitar Rp562-703 miliar) oleh investor kami. Setelah sirkuit selesai dibangun, akan ada rangkaian trial run oleh Dorna atau event lain untuk uji coba sirkuit,” jelasnya kepada DetikSport.

Menurut Abdulbar, semuanya sudah siap dan sudah tandatangan kontrak oleh Dorna sejak Januari kemarin. Indonesia disebut bersaing dengan Brazil dan akhirnya dapat jadwal di tahun 2021 untuk membangun sirkuit kelas internasional. Pembangunan akan start di akhir 2019 nanti.

” Untuk dana kita sudah dapat jadi akan segera dibangun. Kita menggandeng perusahaan asal Perancis Vinci construction Grand projects. Ini kita bangun dari awal kalau di negara lain tidak. Dengan waktu 2 tahun kita berharap semua selesai tepat waktu untuk menyegarkan balapan pada tahun 2021. Sirkuit ini akan menarik wisatawan ke Indonesia. Untuk satu race butuh 4 hari, kan harus ada kualifikasi Moto2. Setiap hari 100.000 yang hari terakhir lebih dari 150.000. Jadi secara estimasi 1 balapan MotoGP mungkin bisa mendatangkan 300.000 orang…” ujar Direktur Utama PT pengembangan pariwisata Indonesia Abdullah M Mansoer.

Indonesia sangat memungkinkan, dan sangat potensial! 

Ezpeleta di Lombok, ninjau!

Hal ini sebenarnya pernah disinggung oleh Carmelo Ezpeleta, bos besar Dorna yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara yang potensial, dan sirkuit Mandalika Lombok menjadi sirkuit yang memungkinkan untuk dilaksanakan MotoGP disana. ” Sangat memungkinkan. secara teori trek lurus akan mengambil jalan perkotaan lalu untuk area paddock bisa terintegrasi dengan pusat pameran. Jadi saat GP bisa digunakan untuk balapan sedang pada kondisi normal untuk aktifitas normal. Yang jelas hingga 2021 kita tidak akan menggelar lebih dari 20 sirkuit. Cukup banyak permintaan untuk menggelar Motogp dinegara mereka, namun tentu semua harus dinegosiasikan..” Ujarnya kepada media Motorsport setahun lalu setelah menengok Lombok..

Yap, apapun hasilnya kita tetap harus mendukung, pasalnya diadakannya MotoGP di negara tercinta ini tentunya akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Gak hanya itu, sektor pariwisata, kuliner dan hal-hal lain pastinya akan meningkat sebab kita tahu penggemar MotoGP di Indonesia ini sangat banyak! Nantinya pasti akan menaikkan devisa negara juga karena banyaknya turis yang datang ke Indonesia dan sekaligus menikmati keindahan alam khas Lombok. Jika benar, tentunya akan menjadi berita menyenangkan bagi seluruh bikers pecinta MotoGP di Indonesia. Wajar jika sedikit meragukan, sebab beberapa kali kita seakan diberi harapan palsu mengenai MotoGP di Indonesia.

Yah, semoga beneran deh ya, jadi kita gak menelan harapan palsu dan MotoGP segera hadir di Indonesia, biar bisa dinikmati di negara Sendiri!! Gimana menurut brosist?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*