FIX, Indonesia Bakal Gelar MotoGP dan WSBK di Tahun 2021! Sudah Dikonfirmasi DORNA!

Semoga jadi ya di Lombok, tahun 2021 mendatang!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, alhamdulillah, wasyukurillah, senang banget akhirnya impian kita semua untuk menonton ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP di negara tercinta Indonesia selangkah lagi bisa terwujud. Sebelumnya, ada kabar dari dalam negeri mengenai agreements antara Dorna dan ITDC dari Indonesia untuk menyelenggarakan MotoGP di Indonesia. Berlokasi di Mandalika, Lombok, MotoGP Indonesia rencananya akan digelar di tahun 2021 mendatang. Was-was dan khawatir statement ini hanya isapan jempol belaka? worry not! Karena, website resmi MotoGP sudah mengumumkan bahwa Indonesia Bakal Gelar MotoGP di tahun 2021! Ahsiap? Eh, maksudnya, Ahmasa??

Fix, Indonesia Gelar MotoGP di 2021! 

Abdulbar M. Mansoer (kiri) menjelaskan rancangan sirkuit Mandalika Lombok

Sebelumnya banyak brosist yang khawatir, khawatir bahwa statement dari petinggi ITDC sebelumnya mengenai penyelenggaraan MotoGP Indonesia adalah isapan jempol belaka. Masih lekat di memori kita bagaimana berharapnya bikers di Indonesia saat dijanjikan akan ada MotoGP Indonesia 2017, 2018, hingga 2019 dan sampai saat ini pun tidak ada realisasinya. Hingga ada lagi berita yang menyebutkan tahun 2021 Indonesia menyelenggarakan MotoGP, wajar banyak yang gak percaya!

Tapi, sekali lagi, setelah melewati langkah panjang akhirnya fix nih ya, Indonesia akan menyelenggarakan MotoGP tahun 2021. Setelah sebelumnya baru ada statement dari Abdulbar yakni petinggi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), akhirnya ada juga statement yang kita tunggu-tunggu yakni statement dari Dorna Group. Lewat website MotoGP.com, Dorna mengkonfirmasi bahwa telah ada agreements pihak Dorna dengan ITDC untuk menyelenggarakan Moto Grand Prix di Indonesia tahun 2021 mendatang.

Rencana sirkuit Mandalika Lombok sepanjang 4,3 KM

Lebih lanjut, lewat website pihak Dorna menjelaskan bahwa perjanjian yang telah dilakukan di kantor DORNA di Madrid, Spanyol pada tanggal 28 Januari 2019 kemarin membuahkan hasil diadakannya MotoGP 2021. Alhamdulillah, gak jadi PHP, siap nabung deh buat nonton motogp di negeri sendiri bro!

Berlokasi di Sirkuit Mandalika Lombok, kabarnya pembangunan sirkuit akan segera dilakukan pada bulan Oktober 2019 mendatang. Pengerjaan sekitar 2 tahun kurang, selengkapnya bro bisa lihat di artikel berikut ya..

MotoGP di Indonesia, MotoGP.com

Gak cuma MotoGP, WSBK juga lho! 

Lewat release resminya, DORNA menyebutkan bahwa tidak hanya MotoGP yang sudah dibuat perjanjian akan digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang, Ternyata, Indonesia juga kebagian jatah untuk menggelar MOTUL FIM SUPERBIKE World Championship (WSBK) di tahun 2021!

“The agreement confirms that Indonesia will welcome MotoGP™ and the MOTUL FIM Superbike World Championship in 2021 to the island of Lombok, more specifically within the Mandalika, which is a large-scale integrated tourism estate.” MotoGP.com

Lewat wawancara pribadi tim DORNA kepada CEO Dorna Group, Carmelo Ezpeleta, beliau menyatakan bahwa project ini adalah project besar dimana Indonesia menjadi pasar kunci untuk MotoGP berdasarkan persentase fans serta penonton setia yang sangat banyak di negara ini. Maka, project ini akan menjadi sangat potensial!

“Betapa proyek yang unik ini, memiliki sirkuit perkotaan, kelas dunia di negara di mana MotoGP memiliki pengikut yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai. Juga, dengan memasukkan Lombok ke kalender WorldSBK menjadikan penawaran ini lebih menarik bagi penggemar lokal yang memiliki dua acara Kelas Dunia di daerah itu sepanjang tahun. ” ujar Ezpeleta. 

Sebelumnya, Ezpeleta juga telah mengunjungi Mandalika, Lombok, untuk melihat lahan yang akan dibangun Sirkuit berkelas internasional disana. Ezpeleta melihat potensi besar membuat sirkuit dengan konsep jalan raya perkotaan di Lombok.

” Sangat memungkinkan. secara teori trek lurus akan mengambil jalan perkotaan lalu untuk area paddock bisa terintegrasi dengan pusat pameran. Jadi saat GP bisa digunakan untuk balapan sedang pada kondisi normal untuk aktifitas normal. Yang jelas hingga 2021 kita tidak akan menggelar lebih dari 20 sirkuit. Cukup banyak permintaan untuk menggelar Motogp dinegara mereka, namun tentu semua harus dinegosiasikan..” ujarnya setahun lalu kepada media Motorsport.com..

CEO of ITDC, Mr. Abdulbar M. Mansoer menyatakan, “Kami sangat senang telah bermitra dengan DORNA dan senang bisa membawa acara olahraga motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok bersama.”.

Semoga jadi ya di Lombok, tahun 2021 mendatang!

Alhamdulillah, paket lengkap nih bro, selain motoGP juga ada WSBK yang kabarnya siap digelar di Indonesia tahun 2021. Tidak hanya isapan jempol belaka, bukan hanya omongan saja, tapi telha dikonfirmasi langsung oleh Dorna dan kita harus dukung dan kawal sampai selesai bro! Duh, udah gak sabar, ngegas motor kali ya ke Lombok 2021 nanti? Semoga umur panjang dan sehat selalu ya bro! :D.

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*