Kawasaki Siapkan Ninja 250 4 Silinder, Mesin Kecil Suara Merdu!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, sesuai judul, KAUM MENDING disarankan NYIMAK saja, termasuk saya sebagai kaum MENDING yang sudah siap nyimak nih, wkwkwk! Yap, pembahasan mengenai Kawasaki Ninja 250 4 silinder semakin santer terdengar, baik dari netizen maupun informasi yang muncul dari teman-teman blogger kawakan. Motor yang beberapa tahun lalu sempat menggegerkan jagad permotoran sport Indonesia, karena Kawasaki diduga akan membangkitkan sang Ninja 250 4 silinder yang dulu sempat berjaya, ZX250R! Gokilll! Lantas, gimana progressnya?!

Info saya dapatkan dari cak Iwanbanaran di blognya iwanbanaran.com, yang menyebutkan bahwa motor ini nantinya akan diposisikan sebagai flagship di kelas sport fairing 250cc! Ngeri… Karena saat ini kita tahu, Ninja 250cc punya mesin 2 silinder dengan output tenaga 38HP, yang nampaknya sih udah cukup untuk memuaskan hasrat para pecintanya dengan tenaga segitu! Tapi, ada yang kurang, suara menggelegar ala Moge 4 cyl! Makanya, Kawasaki kabarnya tengah meracik motor ini dengan sangat serius…

Baca juga :

Bahkan, lek Iwan sudah membocorkan mengenai perilisan dari Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini masbro. Yap, buat yang sebelumnya ragu-ragu mending cabut dulu keraguan tersebut dan fokus siapkan celengan, kali-kali keracunan sama motor ini! Wkwkw.. Bocoran terbaru dari lek Iwan menyebutkan bahwa… New Ninja 250 4 silinder dipastikan 100% akan muncul di Indonesia! Wow, dijamin ini masbro, 100% gak pake 99% segala, berarti PASTI! Ini membuktikan keseriusan Kawasaki untuk kembali memuaskan hasrat para pecinta Ninja dengan memasukkan varian baru yang tentunya lebih sangar dengan mesin 4 silinder! Gokill!

Ini artinya, kenangan masa lalu memgenai ZX250R, sang NInja 250 4 Silinder akan terulang kembali di era modern ini. Motor 4 silinder memang punya aura yang lebih terpancar berkat dentuman suara padat dari knalpot akibat empat piston yang bergerak bersahutan, membuat suara yang dihasilkan pun sangat merdu!

Informasinya, New Ninja 250 4 Silinder ini akan revealed pertama di Tokyo Motor Show, Jepang, sebelum nantinya akan diboyong ke Indonesia. Kalau TMS akan diadakan bulan November 2019 esok, maka di Indonesia kemungkinan akan mundur beberapa bulan hingga awal tahun 2020. Yang bisa kita pegang adalah kata PASTI DILUNCURKAN DI INDONESIA, catat itu masbrooo…!

Kapan?

Jiah, masih ditanya lagi! Dikata AWAL 2020 nih broo! Wkwkwk.. Tapi gapapa, kita jabarkan lebih detail. Diduga Kawasaki Ninja 250 4 Silinder ini akan dirilis pertama kali di tahun 2020 awal, tepatnya di ajang Kawasaki Bike Week 2020. Bulan apa tuh? Kabar mencuat bahwa KBW 2020 akan digelar sekitar bulan Maret-April 2020, antara bulan itu, bisa mundur bisa maju.

Info lengkapnya sebagai berikut (dari om Leopold dan lek Iwan Banaran) :

  • Motor akan diproduksi langsung oleh Motorcycle & Engine division dari Kawasaki Heavy Industries Japan.
  • High-performance oriented terutama engine, sasis, dan suspensi
  • Tidak overlap dengan range kelas/harga motor yang ada di Indonesia
  • Mungkin masuk ke Indonesia dalam bentuk CKD (Thailand) dengan beberapa komponen lokal utk menekan harga.
  • Dipertimbangkan ada soft-launching dan test ride di Sentul
  • Event Kawasaki Bike Week 2020 bisa jadi ajang introduksi ke market di Indonesia
  • Delivery (ke konsumen) direncanakan pada 2020

Sementara mengenai spesifikasi, berikut spesifikasi yang bisa kita telisik di informasi awal menurut lek IWB, berikut jabarannya!

  • Mesin 250cc DOHC 4 silinder 16 valve (Ngeri!)
  • Putaran mesin maksimal dikisaran 16-19 ribu RPM, khas mesin kecil 4 silinder bro
  • Power engine berada dikisaran 42-46HP (beda dikit dengan 250cc, tapi beda jauh suaranya!)
  • Model sasis tubular dengan konsep frame mirip Ninja H2
  • Suspensi Upside down (USD)
  • Monoshock model Uni-TRax
  • Ukuran ban depan 100-110 belakang 140-160 (estimasi)
  • Knalpot memiliki chamber khusus untuk power balancing
  • Assist and slipper clutch
  • Spek premium dikelas 250cc
  • Estimasi harga 100-130 jutaan rupiah! (WOW!)

Itulah sedikit informasi yang bisa dikulik dan dishare oleh lek Iwan mengenai Ninja 250cc bermesin 4 silinder yang sempat bikin geger dan heboh itu. Ngeri? Pastinya! Kebayang dengan mesin 250cc, tentunya pajak bisa ditekan, dan gak masuk PPNBM! Sehingga, saya yakin banyak banget yang bisa beli tanpa harus mikir pajak barang mewah layaknya Moge! Soal harga? 100-130jt estimasi sudah masuk ke hitungan, berbanding dengan spek dan suara yang didapatkan setara moge broo! 4 silinder josss! Di kelas itu memang bisa dapat Moge second macam ER6 series atau Versys, tapi, jelas beda sasaran dan pastinya beda suara dong yaa!

Yang bilang Mending ini, mending itu, mending moge seken, mending Mobil LCGC, minggirooo! Ayo kita julid bareng, karena saya juga kaum mending. Wkwkwkwkw!

Selamat datang di era baru 250cc 4 silinder, mesin kecil suara sangar, piston kecil tenaga besar! Josss gandoss! 😀

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*