Pasang Knalpot Tridente 3 Suara di Yamaha Byson ; Ngebass Bulat, Silent Bisa!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, selamat liburan dan selamat hari raya untuk yang merayakan. Nah, kali ini saya mau bahas mengenai motor sendiri, karena udah lama ga bahas motor kesayangan di blog ini. Masa isinya motor baru terus? Ujar si Edward, Byson tua yang sehari-hari nemenin kemana-mana ini :D. Yap, setelah melakukan peremajaan di pertengahan tahun kemarin dengan cat velg dan cat body fullset, di akhir tahun ini saya memberikan kejutan baru untuk si Edward! Saya kasih dia Knalpot Tridente 3 Suara Khusus Yamaha Byson supaya dia bisa sedikit bersuara di jalan, dan pastinya supaya makin gaharrr! 😀

Wajar, karena Byson punya knalpot besar namun suaranya gak ada. Pelan banget suaranya, kayak ga ada knalpot hehe.. Padahal bentuknya besar dan gahar tuh knalpot asli Byson. Nah, akhirnya saya bisa berikan knalpot Tridente 3 Suara by 3tech Racing Evolution ini untuk si Edward. Hadiah akhir tahun lah ya! :D.

Edward bosan standart!

Sebelumnya memang saya belum pernah melakukan modifikasi knalpot di Byson ini, paling cuma pernah motong katalitik konverternya dan diganti leher knalpot biasa. Namun hasilnya masih kurang maksimal menurut saya, karena silencernya masih original. Akhirnya balik lagi ke knalpot ori dan memang terasa lebih enak. Bagaimana rasanya saat ganti knalpot? Pasang dulu deh yaa!

Kenapa Tridente 3 Suara?

Knalpot yang saya pilih adalah Tridente F21 Stryker yang memfasilitasi 3 suara. Ada suara paling rendah yakni Silent mode, lalu ada Street Mode alias menengah, dan ada Racing MOde yang paling kencang alias berisik. Jadi bisa disesuaikan dengan keinginan dan keadaan. Tentu saya pilih ini karena bisa disetting tanpa harus bongkar pasang db killer bro! Jadi mudah banget deh.

Tridente F21 Stryker ini juga masih prototype kabarnya, belum dijual bebas. Jadi eksklusif deh belum ada yang pakai di jalan, matap banget dah si Edward! :D. Update 20 November 2019 harga knalpot Tridente F21 Stryker sudah diumumkan bro. Untuk motor 1 Silinder 150cc harganya 2,5 jutaan. Mantap lah ya, masih cukup terjangkau berbanding lurus dengan kualitasnya!

Buka Paket

Di dalam paket, sudah pasti tersedia knalpot atau silencer, dan juga leher knalpot. Selain itu, tentunya ada shifter Shimano punya sepeda, petunjuk pemakaian, per penyambung silencer dengan leheran, dan beberapa pendukung seperti sticker dan juga cover carbon.

Knalpot Tridente F21 Stryker ini terbuat dari bahan Stainless 304 Japan Material yang kokoh dan tebal bro. Walau begitu, knalpot ini sangat ringan lho! Beda jauh dengan knalpot original Byson yang super berat. Desain terbarunya yang panjang dan gagah membuat saya memilih tipe ini. Dengan hiasan Honeycomb Mesh Slash Cut membuat tampilannya semakin kece nih bro.

Hiasan Carbon yang ada juga original, bukan carbon-carbonan. Ini adalah Real Carbon 3K Twill Composite yang kuat dan tahan panas.

Yuk Pasang!

Selesai dibongkar, saatnya waktu pemasangan! Pemasangan bisa dibilang sangat mudah. Brosist diberikan petunjuk pemasangan yang ada di dalam -paket penjualan. Saya pun langsung mengeluarkan kunci-kunci Tekiro andalan untuk melepas knalpot original Byson yang besar dan berat.

Cukup siapkan kunci 12 (panjang) untuk melepas manifold knalpot dan dudukan yang ada di footstep. Kalau di Byson, ada 2 buah baut lagi yang dipasang di bawah untuk menopang Catalytic Converter, buka aja pakai baut 12. Mudah!

Lanjut ke pemasangan knalpot bisa dibilang sangat mudah bin gampang. Tinggal pasang pernya untuk sambungkan silencer dengan leheran. Pasang langsung knalpot di motor dengan cara yang sama sebelumnya saat melepas knalpot. Gampang banget!

Selesai!

Kendalanya…

Yang jadi masalah adalah, saya baru tahu kalau ternyata standart tengah gak bisa dipasang! Ya, karena leher bagian bawah knalpot Tridente F21 Stryker ini lebih besar dan membuat mentok dengan standar tengah Byson yang besar. Alhasil kudu dilepas deh standart tengahnya. Padahal butuh banget nih… Nanti cari caranya lagi deh!

Kendala lain sebenarnya ada di pemasangan shifternya. Seperti yang kita tahu, knalpot ini dilengkapi dengan fitur 3 suara yang bisa diatur lewat shifter. Nah, sebenernya masang shifternya mudah banget lho! Saya aja yang awalnya nyerah… XD. Pemasangan ternyata sangat super duper mudah, dengan hanya memasang shifter di stang dan menyambungkan kabel ke bagian klep yang ada di silencer. Selesai!

Buat yang belum paham, berikut Video cara Pasang Knalpot Tridente 3 Suara

Impresi?

Impresi awal? Saya bagi menjadi 3 impresi ya. Silent mode alias mode paling rendah di settingan shifter, mendukung suara yang benar-benar terasa silent. Walau masih ada terasa berisi suaranya bila dibandingkan dengan knalpot ori byson yang suaranya kecil banget, ga kedengeran. Tenaga di silent mode ini bisa dibilang sangat kurang maksimal. Nanti saya jelaskan mengapa.

Street Mode, di mode ini katup membuka 45 derajat, berbeda dengan silent mode dimana katup tertutup 100 persen. Ini mungkin berpengaruh dengan tenaga motor yang tertahan di mode silent. Pada mode street, tenaga terasa cukup berisi dan nendang di putaran bawah. Seiring dengan suara ngebass, bulat, dan padat yang keluar dari ujung knalpot. Namun, tenaga masih kurang maksimal di putaran menengah hingga atas.

Racing Mode, sesuai namanya ini untuk mode racing alias untuk balap. Terasa banget ubahan suaranya saat shifter dipasang di posisi maksimal. Katup membuka 90 derajat, jadi udara yang keluar dari hasil pembakaran makin plong, efeknya juga membuat tenaga jadi lebih sip terasa! Jujur, jauh lebih enak tenaga di versi racing di motor karburator tua saya ini. Tenaga terasa ngisi dari putaran bawah hingga redline. Berbanding lurus dengan suara yang dikeluarkan. Wooww, ngebas menggelegar pokoke! Haha.. Agak ngeri kalau dipakai di komplek nih!

Kenapa kurang maksimal?

Dugaan saya karena motor saya ini masih karburator. Sehingga, settingan gak bisa maksimal untuk 3 suara atau 3 mode yang diberikan oleh 3tech ini. Berbeda dengan motor injeksi yang supply bbmnya sudah bisa diatur oleh ECU dan otomatis sehingga masuknya bbm lebih teratur, bikin tenaga lebih plong. Beda banget sama motor karbu…

Saya masih cari settingan terbaik untuk karbu ini. Sejauh ini masih pakai karbu original Mikuni VM26 Vakum dengan PJ MJ Upgrade. Rasanya sudah cukup nampol bila dibandingkan memakai PJ MJ Ori, namun masih terasa kurang aja gituuu.. Harus setting ulang untuk mode street dan juga silent!

But.. no complaint about design, build quality and performance in racing mode! Layaknya knalpot racing pada umumnya, bisa menambah tenaga walau gak signifikan. Good Job buat 3Tech Racing Evolution yang sudah bisa bikin knalpot keren yang support 3 suara!

Last, buat yang mau tau harganya bisa kepoin di instagram @3techracingevolution berikut ini.

Lihat postingan ini di Instagram

Introducing… our new baby Exhaust🔥 . 🔱 Tridente F21 Stryker! 🔱 . Knalpot hybrid 3 suara dengan Shifter Electric untuk ganti 3 mode suara, ada juga yg shifter manual ya bro. . Fitur desain terbaru jaring Honeycomb Mesh dengan model Slash Cut 😎 dijamin bikin motor bro ganteng maksimal. . Pipeguard khusus F21 Carbon asli untuk melindungi kaki dari sengatan panas. . Tipe Suara knalpot yg ngebas bulet dan juga karakter treblenya juga enak tidak pecah. Cek score bass dan treble digambar ya 😘 . Knalpot keren ini bisa anda pesan dan dapatkan di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan garage/center terdekat dikota anda: @3techcentertangerang @3techjakarta @3tech_garage_jakarta @3techjogja @3techcenterdepok @3techgarage.magelang @3techgarage.semarang @3techcenterbandung @3techcenterbekasi @3techmanado @3techknalpotracing @3techcilacap . . Info pemesanan Knalpot: . Bro Dede WA 0813-8558-8992 Bro Taufiq WA 0812-9049-5677 . #3techracingevolution #3tech #knalpot3suara #inovasi #karyaanakbangsa #knalpotlovers #knalpothybrid #jiwagueindonesia #tridenteexhaust #tridentef21stryker

Sebuah kiriman dibagikan oleh 3Tech Racing Evolution (@3techracingevolution) pada

Oke deh bro, untuk review jangka panjang ditunggu aja ya! Sekalian nanti saya jelaskan juga lewat YouTube! Gaspoolll… Salam blar! 😀

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

25 Comments

  1. Wow Adward makin terlihat gagah dan tampan seperti samson, kira-kira gimana ya sensasi ada di belakangnya….apakah saya betah mendengar suara desahannya?? eehh, raungannya….

  2. pertama kali jajal knalpot Tridente sih emang unik juga bisa 3 suara…
    tapi saya kok tetep lebih seneng pakai knalpot standaran, walaupun bisa silent… wkwkwk…

  3. Teman saya pakai bison FI dimana kataliknya dicopot kemudian di ganti sama knalpot after market, alhasil beberapa bulan dipakai touring (sering touring) mesin mulai bermasalah dan akhirnya dipasang lagi knalpot aslinya, di setting dari awal dan sembuh

1 Trackback / Pingback

  1. Kondisi Mesin Yamaha Byson Umur 8 Tahun/72 Ribu KM, Piston Gosong Penuh Kerak! Kenapa? - INDORIDE.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*