Banjir Mengepung, Berikut Tips Penanganan Motor Setelah Terendam Banjir!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sebelumnya Selamat tahun Baru 2020 untuk kita semua, semoga tahun 2020 ini membawa kebaikan dan semangat yang lebih dibanding tahun sebelumnya. Bro, mungkin brosist tahu bahwasanya di malam tahun baru kemarin, hujan tak henti-hentinya mengguyur kawasan Jabodetabek. Terhitung hujan sejak jam 3 sore hingga tadi siang jam 2, membuat Jabodetabek benar-benar penuh air. Ekstrim, hingga menimbulkan banjir yang tak terelakkan di wilayah-wilayah yang memang rawan banjir. Hal ini tentunya membuat pusingya bro. Selain rumah kena banjir, tentunya temen-temen kita yang terkena musibah ini pusing karena kendaraannya terendam air.

Banjir yang merendam Jabodetabek karena hujan lebat, 31-12-19/01-01-2020

Ini yang bikin pusing. Sebab kendaraan tentunya sangat dibutuhkan untuk perjalanan kesana-kesini. Kalau terendam banjir, apalagi lebih dari jok, SUDAH PASTI kendaraan tidak bisa dibawa jalan karena air sudah masuk ke seluruh bagian motor. Air juga sudah pasti akan masuk ke mesin lewat filter udara dan jalur knalpot yang pastinya memenuhi ruang bakar. Belum lagi kelistrikan yang memang sangat rawan terkena air, terutama untuk motor dengan pengabutan injeksi. So, apa yang harus kita lakukan saat motor terendam banjir?

ALERT! SEBAIKNYA JANGAN NYALAKAN MOTOR SETELAH TERENDAM BANJIR, KARENA AKAN RUNYAM URUSANNYA!

Yap bro, sebelumnya saya mau ucapkan turut berduka cita kepada temen-temen yang terkena dampak banjir luar biasa di Jabodetabek. Lanjut kita bahas mengenai tips apa yang harus dilakukan pasca motor terkena banjir. Yuk, bro, disimak! Langsung aja ya.

Jangan dinyalakan, efeknya akan seperti ini!
  1. Buka semua body, lepas busi, filter udara, cabut arus aki, dan cek kondisi seluruh bagian motor. Mulai dari kabel-kabel, mesin, tangki, dan sebagainya. Sebaiknya, coba keringkan motor sampai benar-benar tidak ada lagi air yang mengendap terutama di sela-sela motor. Pastikan kelistrikan sudah benar-benar terputus agar tidak ada konslet saat ingin dibersihkan. Untuk yang pakai motor matic, buka slang buntu yang ada di CVT.
  2. KURAS OLI! Ini wajib banget ya bro, karena biasanya oli yang sudah tercampur dengan mesin akan berwarna seperti kopi susu, agak coklat putih seperti capuccino. Kuras juga oli Gardan matic. Nah, kalau sudah begini berarti fix oli sudah bercampur dengan air. Sebaiknya, lakukan langsung turun mesin di bengkel terpercaya supaya benar-benar bisa dicek bagian dalam mesinnya masbro. Wajib banget cek karena khawatir masih ada air tersisa di dalam ruang bakar, yang efeknya bisa membuat mesin terkena Water Hammer! Water hammer sangat berbahaya, karena bisa membuat piston bolong, stang bengkok, hingga mesin pecah.
  3. Gak ada pilihan lain, bongkar dan segera bawa ke bengkel! Yap, kenapa daritadi saya gak menyarankan untuk langsung dinyalakan setelah dibongkar? Karena sekali lagi, dipastikan masih akan ada air yang nyangkut di komponen mesin dan elektrikal, dan ini sangat berbahaya bagi motor itu sendiri. Terutama jika banjir benar-benar merendam motor hingga melewati filter udara atau lubang knalpot.

Nah, kalau sekiranya banjir di rumah brosist tidak membuat motor terendam secara full hingga merendam filter, ada baiknya untuk tetap melakukan prosedur buka busi-buka filter dan cek oli mesin untuk mencegah terjadinya water hammer atau error kelistrikan. Selah/engkol dan jangan distarter! Cek lubang busi, karena biasanya air akan keluar dari lubang busi. Tapi tetap sebaiknya wajib bawa ke bengkel untuk penanganan yang lebih baik.

Dengan melakukan prosedur tersebut, InsyaAllah motor akan terbebas dari kerusakan yang akan mengintai kedepannya, karena sudah dilakukan prosedur yang benar sejak awal.

Sekali lagi, jangan langsung dinyalakan ya bro. Langsung bawa ke bengkel, kalau bisa bongkar sendiri ya lebih baik. Semoga bencana ini segera reda dan semoga kita semua diselamatkan dari bencana lain kedepannya. Aamin ya Rabbal Alamin..

Informasi ini didapatkan oleh Admin dari berbagai sumber.

Semoga Berguna

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage :Indoride.com
Facebook :Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]

21 Comments

  1. Ane tambahin sedikit
    Jika memang rumah kita ada lokasi langganan banjir, maka harus ada tindakan preventif nya khusus nya buat motor. Misalnya sediakan gantungan untuk motor, jadi motor bisa digantung misalnya setinggi 1 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*