Touring LAKI CB150R, Penyembuh Kangen Touring Selama Pandemi! (Etape 1 : Jakarta-Ciwidey)

IndoRide.com Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, apa kabar nih? Semoga sehat-sehat selalu ya… Pandemi COVID-19 yang telah melanda negeri ini kurang lebih 1,5 tahun, membuat pergerakan kita jadi sangat terbatas ya bro. Gak cuma sektor seperti perdagangan dan pendidikan yang terdampak, namun juga pariwisata. Alhasil, Rakyat Indonesia yang rata-rata demen Piknik, jadi terbatas deh pikniknya. Asli, kadang mumet dan pusing juga! Kerjaan banyak, pas mau refreshing tapi gak bisa.. Hahah! Salah satu refreshing terbaik sih emang Touring ya brosist.. Yuk ah, simak sedikit cerita pengalaman saya Touring di masa pandemi ini. Baca lebih lanjut ya Bro..

“Udah lama banget nih enggak touring jarak jauh…” batinpun bergejolak. Pengen lagi rasanya narik tuas gas, sambil nikmatin angin syahdu saat akselerasi. Lewat dinginn-nya perbukitan, panasnya perkotaan, terus lewat sejuknya angin pantai, ah, udah kepikiran semua deh di kepala!

Kangen juga touring bro!

Akhirnya, saat sedang merancang-rancang waktu dan biaya untuk touring, gayung bersambut. Mas Adi dari HC3 AHM ngabarin, kalau bulan Juni pertengahan, bakal ada touring dengan gaya yang baru. Touring dengan full protokol kesehatan kalau kata mas Adi. Saya ditanya : “Bro, siap gas enggak nih, pertengahan juni? Touring, bareng temen-temen Komunitas CB150R.”. Gak pake ba bi bu, langsung bilang “SIAP BOSS!”. Adrenalin langsung gaspol, kebayang serunya riding jauh lagi! Beuhhh!

Apalagi, momen kali ini juga spesial nih. Digunakan juga untuk test ride Honda All New CB150R yang memang baru aja rilis bulan Mei kemarin. Pas banget, sambil menyelam minum air, sambil touring juga tes motor baru. Hahahay, josss gandos!! Singkat cerita, harinya pun tiba. Eits, tapi gak bisa langsung gas aje. Ada beberapa aturan ketat yang ternyata wajib kami patuhi, Bro. Pokoknya, ketat kayak persaingan masuk SBMPTN, wkwkw..

Pertama, kami harus mematuhi seluruh aturan yang ada (ini sih wajar banget). Tapi, sekarang ketambahan aturan Protokol Kesehatan yang juga diatur ketat oleh tim panitia. Seperti harus sering melakukan 3M, tidak berinteraksi dengan orang banyak saat touring, dan juga melakukan Swab Antigen sebelum touring dimulai.

Maem dulu sebelum touring wkwkwk

Antigen, Check! Hamdalah, saya dinyatakan Negative COVID. Siap gasss!! Oh ya, rute perjalanan kali ini juga cukup menantang dan seru. Sebagian jalur kami adalah jalur Pantai Selatan, dimana jalur ini menjadi jalur favorit para bikers saat berwisata ke Timur. Saya pun excited banget. Singkat cerita, packing semua barang, bawa helm, balaclava, sarung tangan, jaket dan sepatu, dan kita GASS di sabtu pagi! Polll!

Touring kali ini diikuti oleh teman-teman komunitas, dengan judul “Touring LAKI CB150R”. Blogger sendiri hanya 5 orang. Ada saya, Lek Iwan Banaran, Mang Kobayogas, Lek Aripitstop, dan Om Vandra. Sayang, gak bisa banyak-banyak bloggernya hehe.. Karena ternyata ini agenda untuk komunitas, jadi Blogger untuk meramaikan dan bikin tambah seru deh pokkoknya..Oke, gass!

Hari 1 TOURING LAKI ALL NEW CB150R

Sebelum OTW, prepare dulu dan berdoa ya

Touring LAKI kami hari pertama ini dengan rute Jakarta (Gunung Sahari)-BukitPelangi-Puncak Bogor-Cianjur-Bandung Barat-Cimahi-SRC DAM Cibereum. Bisa dibilang, rute pertama ini rute yang nggak asing buat saya. Udah sering banget lah ya saya ke Bandung kalau dari Jakarta atau dari Depok. Jadi udah “Gape” lah kalau ke arah sana.. Wkwkwkw, candaaa, jangan sombong daah Bang! Wkwk.. Tapi yang beda, kali ini kita lewat Puncak Bogor, nggak lewat Jonggol Cariu Cikalong. Jadi, secara jarak tempuh memang lebih jauh, namun jalannya memang jauh lebih baik dan lebih menarik. Siapa sih yang gak suka Puncak *Kecuali macetnya? Hahaha..

oteweeee santai pkoknya!

Start dari Gunung Sahari jam 7:15 AM, maju sekitar 15 Menit dari jadwal. Keren nih disiplinnya para peserta touring kali ini!! Mungkin karena udah kangen banget touring kali yaa? Wkwkwk.. Saya pun kebagian unit Honda CB150R warna hitam Special Edition. Bedanya, versi SE sudah diberikan berbagai aksesoris dan pastinya warna velgnya beda ya, Titanium Bronze gitu. Keren lah. Yang lebih asik dari touring ini, RC dan Sweepernya pakai CB500. Jadi, kayaknya pacenya jadi jauh lebih cepet nih. Asiikkk! Wkwkkw..

Gagah juga ye wkwkwk

Perjalanan santai kami lalui dari Jakarta menuju Jalan Raya Bogor. Traffic sabtu pagi (12/5) nggak begitu macet, jadi kami bisa santai tanpa perlu capek duluan karena macet.

Enak juga euy! Rileks, ringan!

First Impression CB150R New, wuih, ternyata asik juga nih motor riding positionnya! Asli deh, saya yang biasa bawa motor naked sport dengan stang lebar, ngerasain nyaman yang cukup pas nunggang motor ini pertama kali. Feelnya jadi gagah banget gitu, ergonominya juga saya rasa sih pas buat temen-temen dengan tinggi 170-180cm. Masih sangat oke! Mesin kami pacu di angka 70-80 km/jam dalam kota. Jalan raya bogor cukup bersahabat, walau nggak bisa geber banget karena lumayan padat. Traffic cenderung lancar, hanya saja ada sedikit hambatan di pasar Cibinong setelah fly over. Setelah itu, traffic sangat lancar sampai di Sentul.

Masuk sentul city, akhirnya kita dikasih kesempatan buat tes sedikit kemampuan mesin DOHC 150cc Near Square motor ini. Seperti yang bisa diduga, karakter mesin yang Torqy ini nampol banget di putaran bawah. Sekali puter gas, mesin meraung cepat dan menggerakkan roda untuk cepat berakselerasi. Karakter mesin DOHC Near Square banget nih! Beberapa kali saya tes sampai limit, yah memang limit di angka 10-11 ribu sih, Cuma rasanya ya udah cukup deh yaa untuk dalam kota atau touring jarak dekat..

Agilitynya bagus, fast in-fast out tikungan juga berasa gampang bener!

Belum puas Cuma bisa ngetes mesin, saya juga tes fitur yang digadang-gadang jadi keunggulan New CB ini. Suspensi Upside Down nya! Yep, sepanjang perjalanan, otak saya fokus menganalisa perbedaan karakter suspensi terbaru ini dengan yang lama. Hipotesa awal, “Emang berasa bedanya euy!”. Tapi, kalo ga bener bener ngerasain, kayaknya ga bakal terlalu berasa, karena emang karakter New CB ini dari dulu sudah lincah dan ringan ditekuk tekuk. Tapi, dengan suspensi terbaru ini, rebound jadi lebih asik dan motor jadi lebih enak lagi buat ditekuk-tekuk di tikungan Bukit Pelangi sampai gadog! Ringan, tanpa perlu banyak effort.

Masuk Jl. Raya Puncak, kami disambut dengan kemacetan. Panik juga ada sih dikit, karena khawatir udah “gobyos” alias keringetan duluan sebelum sampe wkkwkw.. Alhamdulillah, ternyata macetnya Cuma dikit. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan gas tipis-tipis, dan mampir terlebih dahulu di Dealer MPM Motor jalan raya Puncak. Sekedar ngelurusin kaki dan minum serta makan cemilan.

Selesai rehat sejenak, kami melanjutkan perjalanan. Ternyata, Puncak lumayan macet lagi nih Bro! Biasa, titik macet ada di Pasar Cisarua. Disini saya kembali memperdalam rasa saya untuk ngetes handling dari CB150R Facelift ke 4 ini. Sempat agak ragu dengan kelincahannya, secara kini posisi handle bar sudah lebih tinggi dan lebih lebar. Pastinya cukup pengaruh lah ya untuk kemampuan manuvernya. Nyatanya, saya gak merasakan kaku atau kesulitan ketika manuver bareng CB150R ini di kemacetan. Rasanya tetap ringan, motor dengan siap dan sigap untuk ditekak-tekuk diantara mobil pribadi dan angkot. Handlebar yang lebar juga membantu kita untuk lebih “aware” namun tetap nggak mengurangi kenyamanan melintasi traffic padat. Josss! Jempol juga nih handlingnya di kemacetan…

Lepas juga dari kemacetan, akhirnya kami mulai gas tipis lagi si CB150R ini naik ke puncak gunung. One Way atau satu jalur naik bikin riding kali ini jadi lebih mudah, karena jalur lebih lebar dan jadi gak macet. Beberapa kali rombongan agak memacu CB150R untuk test akselerasi di tanjakan dan tikungan. Wuenaaak!

Kami terus memacu sang kudabesi menuju Cianjur. Jalanan pun mulai didominasi kontur menurun, beberapa kali saya melakukan hard braking untuk ngetes kemampuan remnya. Karena masih baru dan sudah “bedding in”, ngerem gak ada masalah sama sekali, pakem jos lah. Cover tangki alias kondom model baru ini juga menopang paha dengan baik, walau memang rasanya jok masih kekecilan buat saya.. (positif salah badan kalo ini sih) wkwkw..

Rest bentar lah, makan dulu, lapaaar! wkwkkw

Rest dulu di RM Ikan Bakar Cianjur. Makan ikan dan minum es campur supaya energi terisi kembali. Makan siang kali ini ringan-ringan aja biar ga ngantuk. Cukup 1 porsi Gurame bakar, 1 potong Ayam goreng, 3 centong nasi, 1 porsi cah kangkung, dan es campur.. Ringan? wkwkkwkw!

Kami pun melanjutkan perjalanan, menyusuri jalur Jalan Raya Cianjur yang didominasi jalan lurus dan cukup padat. Sesekali CB150R saya paksa untuk berakselerasi hingga redline, dan sebagai pecinta motor naked, torsi dari motor ini memang benar-benar menyenangkan untuk menyalip kendaraan lain.

Kami pun terus memacu motor dengan kecepatan konstan 70-80 km/jam. Sesekali nemu jalur yang super lebar dan panjang di Cianjur, nah baru kami bisa agak geber, bahkan sempat menyentuh 120km/jam hahaha gokill! Asik juga nih ternyata vibe touring kali ini, udah lama banget ga touring bareng sahabat blogger..

Ngejar cak iwan, sulit jugaa ini bro! wkwkkw

Rombongan pun mulai memasuki wilayah Bandung Barat, daerah yang terkenal dengan jalur tikungan aduhai namun cukup mengerikan karena didominasi kendaraan besar. Yap, daerah ini emang jadi tambang pasir gitu deh, dan banyak proyek. Alhasil, kami memacu motor dengan kecepatan standar sambil tetap menjaga jarak khawatir ada kendaraan besar yang nggak bisa nanjak.

Alhamdulillah, setelah melewati hampir 150km dari Jakarta, sampai juga di kota Cimahi. Siang hari di kota Cimahi ternyata lumayan panas ya wkwkw.. Beberapa kali saya buka resleting jaket karena panas dan super macet, maklum sabtu siang ya..

Motor kami pacu santai menuju SRC DAM di Cibereum. Jalanan di Satelit Kota Bandung ternyata gak jauh beda dengan terakhir saya kesini 1,5 tahun lalu, masih tetap padaaat ahaha.. Tapi alhamdulillah masih dalam batas wajar sih.

Gak lama, akhirnya kami sampai di SRC DAM yang super megah dan mewah itu, ademmm… Kami pun bersantai sejenak, Sholat, istirahat, dan mendengarkan sedikit materi mengenai CB150R terbaru..

Yap, istirahat dulu dah!

Selesai itu semua, saya curiga bakal hujan nih di perjalanan menuju Hotel kami di daerah Ciwidey. Karena, biasanya Bandung sore hari tuh emang Hujan, apalagi di musim kayak gini. Bener aja, begitu berangkat, kami digoda oleh gerimis yang kadang kecil, kadang gede, kadang juga berenti. Wah, ini ngeledek ujannya pikir saya dalam hati..

Mulai dihajar hujan nih

Mungkin bosan ngeledek ya, akhirnya kami benar-benar digeber hujan yang sangat deras sore itu. Beruntung, kami semua bawa jas hujan, apalagi saya yang udah siap sedia jas ujan di belakang tuh. Jas ujan versi Big Size, wkkwkw! Tas Taichi saya balut dengan Dry Box supaya kamera, dompet, dan HP aman. Sayang, sepatu New Balance yang nggak waterproof itu harus jadi korban basah kuyup wkwkwk, lupa bawa cover sepatu euy.

Hujan besar hampir mendominasi perjalanan menuju Hotel kami di Ciwidey. Satu kata, dingin! 1 jam lebih kami lewati, baru hujan berhenti dan agak bersahabat. Menyisakan dingin yang menusuk kulit dan masuk angin! Gimana engga? Abis ujan, kena angin dingin di ciwidey? Euyy dingiin hahaha! tolak angin jadi sahabat pokoknya wkwkwkw

Akhirnya sampai hotel.. Pindah file dulu sambil nonton tipii
Maemm!

Perjalanan hari pertama, Alhamdulillah kami lewati tanpa ada kendala sama sekali… Semua berjalan dengan lancar tanpa ada satu insiden apapun. Motor pun dalam keadaan yang masih Fit, dan Cuma berkurang 3 Bar dari Jakarta ke Ciwidey. Gokil dah iritnya! Kwkwkwkw..  Singkat cerita, saya masuk kamar hotel, beberes, makan, dan tidur… End of first day.

Lanjut di postingan selanjutnya ya bro.. Ciwidey to Batu Karas, Terbuai Indahnya Jalur Pantai Selatan >>