Modifikasi : Pasang Jalu Stang PCX 150 di Yamaha Byson, Modal Puluhan Ribu, Jadi Makin Stabil!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sejatinya ada banyak pertimbangan dari setiap individu untuk pilih kendaraan sebagai transportasi harian. Ada yang orientasinya adalah efisiensi, ada yang orientasinya kenyamanan, atau ada yang orientasinya ingin tampil beda dari yang lain. Saya, walau masih tergolong muda, tapi punya orientasi kenyamanan untuk kendaraan harian. Makanya, saya masih pakai Yamaha Byson 2012 sebagai kendaraan harian!

Selain karena belum mampu beli motor baru (alasan utama), tapi Yamaha Byson boleh dikatakan masih jadi motor yang menurut saya punya kenyamanan lebih dari motor lain di kelas yang sama. Yap, posisi duduk rileks, ban besar, suspensi yang empuk dan pas, hingga konsumsi BBM yang masih masuk akal, bikin saya belum tertarik untuk beli motor lagi (terlebih secara kredit). Lantas, apa yang bisa dilakukan? Ya, maksimalkan kenyamanannya!

Edward

Heran! Makin Tua, Yamaha Byson Ini Makin Enak Dikendarai!

Akhirnya, satu persatu part untuk menambah kenyamanan, saya aplikasikan di Edward (nama Byson saya ini). Mulai dari penambahan Box untuk membawa barang, penggantian part-part vital seperti suspensi belakang, karburator, dan kabel2, hingga modifikasi ringan untuk menambah kenyamanan.

Si Edward, Byson 2012, kondisi sebelum “berubah”

Nambah part PCX 150 di Byson

PCX 150, termasuk motor idaman saya di awal perilisannya dulu. Tampilan yang keren dan nyaman dikendarai, bikin saya naksir ampun-ampunan sama motor ini. Sayangnya, belum waktunya saya bisa rasakan kenyamanan motor itu (sampe keluar versi 160cc nya juga, belum bisa beli wkwkwk..). Akhirnya, kita pasang sparepart PCX 150 di motor yang ada sekarang!

Sesuai judul, saya pasang Jalu Stang PCX 150 di Yamaha Byson saya! Emang bisa? Jawabannya bisa aja.. apa yang gak bisa? Asal ada duitnya.. ya gak? wkwkwk..

Sebelumnya malah pake proguard, lebih ringan lagi rasanya

Alasan pasang Jalu Stang PCX adalah, jalu stang byson cuma terbuat dari plastik. Sehingga, walau motor ini sudah minim getaran, tetap aja berasa cukup getar kalau lagi akselerasi. Apalagi, motor saya udah pakai Box, jadi stang akan sedikit getar dan berat, karena perubahan dari titik grativy motor. Jalu PCX 150, jadi solusinya!

Murah, mudah, dan awet!

Begini bentukannye

Jalu PCX 150 dibanderol dengan harga 60ribu-an aja sepasang, sudah sama baut untuk mengaitkan si jalu dengan stang. Murah banget! Beratnya juga bisa dibilang pas buat motor yang sering digunakan jarak jauh. Berat jalu pcx sekitar 250gr satunya, artinya kalau 2 jadi 500gr, setengah kilo! Pas deh buat mengurangi getar atau goyang karena pake box.

Namun, masalah muncul nih bro. Ternyata, jalu ini ga bisa dipasang langsung di byson! Walah dalaaah.. Karena ternyata stang Byson ini bolong! wkwkw.. Jadi, kita kudu beli lagi bosh untuk dimasukkan ke dalam stang byson yang kopong itu.

Setelah sampai, coba dipasang, masalah muncul lagi! Ternyata, bosh-boshan yang saya beli gak cocok dengan lubang di stang Byson! Lebih besar, dan harus dibubut ulang supaya bisa masuk. Mana udah dipaksa masuk.. Hmm, bingung lagi saya! Wkwkwk..

Akhirnya, dibawa ke bengkel Zona Speed punya mas Aripitstop untuk diakalin. Usut punya usut, ternyata bosh nya punya diameter yang terlalu besar. Jadi, kalau dipaksa masuk lagi, yang ada bakal rusak tuh stangnya.

Terpaksa, kita gerinda supaya bisa masuk ke stang si Edward dengan lancar. Setelah melalui ritual PnP (paksa n paksa), akhirnya bosh nya bisa masuk, dan jalu stang bisa dipasang! Hamdalaahh…

Makin nyaman, dan makin antep!

Setelah dipasang, yang saya rasakan ternyata sesuai ekspektasi! Getaran ke stang makin halus, digeber tipis-tipis juga masih berasa halus! Makin nyaman buat dibawa akselerasi atau sekedar cruising…

Goyangan stang akibat penggunaan box yang berat juga bisa sedikit berkurang. Sebelumnya, goyangan terasa cukup liar karena jalu stang byson yang super ringan. Setelahnya, goyangan cukup bisa diredam, dan motor jadi terasa lebih anteb di kecepatan tinggi. Setidaknya berkurang dibanding sebelumnya. Josss!

Tampilan juga otomatis jadi makin gagah, ganteng! Motornya besar, jalu stangnya ikut besar, bikin motor jadi kelihatan lebih bulky!

Apa yang harus diperhatikan sebelum pasang?

Untuk pasang jalu PCX 150, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah kecocokan. Kalau stang motor kalian gak ada dudukan bautnya, beli boshnya dulu, dan ini gak sepenuhnya PNP! Tapi, kalau ada dudukannya, lansgung digas aja.. Tinggal sesuaikan bautnya!

Awalnya modal hanya 80 ribuan, akhirnya bengkak jadi 100 ribuan lebih, karena sekalian ganti grip yang udah mulai botak. Hasilnya? Worth it sangat! maklum, perjalanan 56km per hari PP, motor yang dikendarai ya wajib banget nyaman.. Betul gak brosist?

Akhir kata, semoga bisa jadi referensi buat temen-temen yang pengen motornya makin nyaman. Terutama buat motor yang getar stangnya, jalu stang PCX 150 bisa jadi solusi untuk mengurangi getaran… Semoga berguna..

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage :Indoride.com
Facebook :Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*