Punya Motor Matic? Jangan Lupakan 3 Benda Ini Jika Mau Berkendara Dengan Nyaman!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Mbit,new member of family!!

Mbit,new member of family!!

Haah! Passion menulis mulai terkikis,saya sedang merasakan gimana sulitnya mengumpulkan passion buat nulis nih brosist. Tapi InsyaAllah akan saya sempat-sempatin buat nulis satu artikel perhari lah,demi brosist sekalian pembaca IndoRide.com yang setia nunggu update blog ini! Huhahaa,kayak ada aja yang baca ya!

Eweuh ide kalo bahasa Sundanya mah,lagi kurang ide buat nulis nih akhir-akhir ini. So,pengalaman aja deh ya yang bisa saya share sedikit ke brosist sekalian. Semoga saja bisa berguna buat brosist yang baca nih.. :D. Hnaahh,brosist udah pada tau belum sih,kalau sebulan terakhir ini,saya kedatangan keluarga baru,new member of family,yap! This is the new group of family,Honda Beat FI 2014 White!!

Saat si mbit pertama kali sampai rumah..

Saat si mbit pertama kali sampai rumah..

Sebelumnya si kebo juga mampir jadi penghuni rumah baru..

Sampai sekarang belum nemu nama yang pas buat si Mbit Bodas nih. Cerita tentang si mbit,kenapa si mbit bisa ada di rumah,dan apa cerita dibalik si mbit ini,nanti akan saya bahas di lain artikel ya brosist.. Sekarang fokus dulu deh ke satu bahasan yang kayaknya mayan penting.. Lumayan..

Baca dulu dah artikel tentang matic lainnya..

Ya pokoknya,si mbit dipinang oleh orang rumah,karena kebutuhan juga sih. Bukan untuk hal lain,karena kebutuhan kedua orang tua juga yang butuh motor dengan bagasi+dek yang luas buat naro-naro barang belanjaan. Jadilah dia nangkring dirumah..

Lagi nemenin si Kebo mandi.. Hehe

Lagi nemenin si Kebo mandi.. Hehe

Ketika datang ke rumah,kondisinya sih overall masih bagus. Kilometer baru 13ribu,dan yang paling penting,ditebus dengan harga khilaf.. Hahayy.. Yang jadi masalah,ada yang bikin kami jadi kurang nyaman nih naikin si mbit,karena satu hal..

Brosist punya motor matic? Pasti tahu dong,kalau ada part yang bernama CVT. Intinya,CVT ini adalah alat untuk mentransformasi tenaga dari mesin ke roda,dengan menggunakan semacam belt/sabuk yang bergerak konstan (ngomong apa sih ini?). Ya pokoknya begitulah,seperti rantai.. Ketika si mbit sampai rumah,baru sadar,kok kayanya CVTnya bunyi “gredeg-gredeg” dan seperti bunyi decitan tikus,serta geter banget! Waduhh.. alamat ini sih.

Langsung aja saya searching dan tanya-tanya kawan pemakai motor matic,ternyata masalahnya gak lain dan gak bukan memang berada di CVT. Ada yang bilang hanya kotor,ada yang bilang Belt kudu ganti,dan lain-lain. Gak mau menduga-duga,si mbit saya bawa langsung ke bengkel spesialis Matic di bilangan Cinere,Yap! GTSpeed,yang demen ngoprek matic di daerah Depok mesti tau nih bengkel..

Sayangnya,sayang sekali,waktu itu hp saya dalam keadaan lowbattery.. Jadi selama pembongkaran gak sempat ambil gambar sama sekali. Buat brosist yang kepengen tau dimana bengkel GTSpeed,bisa search di Google.. Nih bengkel recommended deh,cakep kerjaannya.

Singkat cerita langsung si Mbit dibongkar. Bener aja,kondisi CVTnya agak memprihatinkan,dengan debu yang sudah setebal daki badak.. Langsung disemprot oleh sang mekanik,dan debu tersebut pun menghilang. Masalah gak hilang sampai situ. Ternyata eh ternyata,si mbit ini ternyata jarang dibersihkan CVTnya dari awal beli! Waduuh,cek kondisi Roller dan Belt,dan juga kampas gandanya,ternyata udah pada kalah!

wp-1462194924840.jpeg belt putus

^ngeri kalau 2 benda ini hancur!

Rollernya udah peyang,dan kondisi belt juga sudah getas dan retak. Pantas saja,akselerasi jadi getar banget nih motor,kurang nyaman! Langsung deh ganti dengan Belt merk Mitsuboshi (katanya sih anak perusahaan Mitsubishi,iya gak sih?) sama ganti Roller CLD ukuran 10gr buat Honda Click. Kampas gandanya mau ganti tapi duitnya kurang,yasudah menurut sang mekanik,urgensi ada di bagian roller dan belt,ngikut aja deh.. Karena kalau belt putus,bisa repot nanti saya dan bapak di jalan semisal lagi pakai si mbit..

Roller CLD..

Roller CLD..

Akhirnya keluarin dana sekitar 140 ribu untuk semua part tersebut+pasang.. Alhasil getar pun hilang! Namun motor terasa ngeden di tarikan bawahnya.. Tanya tanya temen lagi,ternyata memang kalau CVT habis dibuka tuh salah satu gejalanya jadi ngeden. Iyakah?

Sebenarnya kampas ganda juga penting nih buat menyalurkan tenaga yang baik ke roda. Namun katanya masih aman sih,yasudah pakai dulu hehe..

Nahh,brosist sekalian punya motor matic? Dan sudah terasa gejala getar dombret saat ber akselerasi? Jangan lupa tuh,dicek kondisi CVTnya! Paling tidak,sebulan atau 2 bulan sekali dibuka dan dilapisi oleh gemuk/grease agar tidak kering CVTnya.. Dan supaya Roller dan beltnya awet.. Hehe..

Salam kenal dari mereka semua!

Salam kenal dari mereka semua!

Oke sip deh,salam kenal dari keluarga baru IndoRide.com,si Mbit Bodas! :D. Soo.. Jangan lupakan 3 benda ini ya jika berkendara dengan motor maticmu mau aman dan nyaman.. Yakni Roller,V-Belt dan Kampas Ganda.. Pastikan ketiga benda tersebut dalam kondisi yang baik,supaya motor gak getar dan nyaman pastinyaa!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Servis Berkala, Solusi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Punya Motor Matic? Jangan Lupakan 3 Benda Ini Jika Mau Berkendara Dengan Nyaman!

  1. RichardGN says:

    Jangan lupakan bensin kala berkendara, lebih kerasa

    Like

  2. mbah_anom says:

    punya motor matic jangan lupakan 2 motor lain 😆

    Like

  3. the Donker says:

    Masalah utama matic secondhand adalah trouble di bagian CVT yang entah itu berdecit maupun getar… hal inilah yang menyebabkan saya “nggak jadi” beli matic secondhand dikarenakan hal diatas…

    Oh ya merk “MITSHUBOSHI” itu bukanlah anak perusahaan “MITSUBISHI” ya karena hanya kebetulan nama dan emblem yang nyaris sama, namun berada di bidang yang berbeda…

    Oh ya, saya eks karyawan “MITSHUBOSHI” selama setahun lho… ya walaupun akhirnya saya “dikick” secara tragis…

    Like

  4. tlekem panglima baru FBY says:

    sebagai penglima FBY yang baru ane kecewa ada FBY membeli metik kompetitor

    Like

  5. ndesoedisi says:

    ga kekecilan tuh ? 😆

    Like

  6. Pingback: FIrst Impression With Yamaha Xmax 250 ; Besar,Bengis,Bagasinya Bisa Muat Anak 5 Tahun! (Plus Gallery) | Indoride.com

  7. Pingback: Ini Dia Honda CBR250RR Second Pertama DI DUNIA! Punya Siapa Nih Ya?? | Indoride.com

  8. Pingback: Test Ride Singkat Honda All New Scoopy Velg 12 ; Handling Lebih Anteb, Jarang Mentok! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s