Suzuki Indonesia Motor Jadi Basis Produksi GSX-R125 dan GSX-R150, Diekspor Ke Luar Negeri Juga!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Suzuki GSX-R150

Suzuki GSX-R150

Brosist, Suzuki GSX-R150 adalah salah satu motor terbaru dari Suzuki nih, yang mana memang motor yang satu ini menjadi salah satu kebanggaan Suzuki yang diriset langsung bekerjasama dengan Suzuki Jepang. Klaimnya, baik Suzuki Indonesia maupun Suzuki Jepang sama-sama totalitas kepada motor fairing 150cc terbaru dari Suzuki ini, dan juga versi nakednya yakni Suzuki GSX-S150!

Kepercayaan prinsipal Suzuki memilih Indonesia sebagai basis produksi motor sport terbarunya ini bukan tanpa alasan brosist, melainkan ada alasan yang kuat mengapa Indonesia dijadikan basis produksi sang GSX-series ini untuk di ekspor ke berbagai negara. Salah satu alasannya adalah PT. Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) memiliki fasilitas manufaktur dan sumber daya yang lengkap dan modern guna menghasilkan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang berkualitas tinggi.

Ngeliat langsung proses perakitan dan pembuatan Suzuki GSX-R150 nih!

Ngeliat langsung proses perakitan dan pembuatan Suzuki GSX-R150 nih!

Nah, kebetulan saya hari Rabu tanggal 1 Februari ini diundang oleh Suzuki nih brosist, guna mengikuti Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1, yang mana menjadi basis pembuatan dan perakitan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 serta beberapa motor lain yang juga diekspor ke luar negeri! Tadi kan udah keliling-liling pabrik tuh, setidaknya ada beberapa ilmu yang bisa saya dapat saat main-main ke Plant, mengunjungi pembuatan dan perakitan motor-motor Suzuki nih brosist.

Proses perakitan

Proses perakitan

Tahapan produksinya awalnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastik. Hasil akhirnya akan disatukan dalam proses perakitan untuk menghasilkan bentuk sepeda motor secara utuh.

Yang pertama adalah material berbahan dasar logam. Material berbahan dasar logam ini akan menjalani tahap pressing, welding, dan plating. Pressing sendiri artinya mencetak logam menjadi berbagai bentuk, seperti fueltank dan lain-lain. Mesin cetaknya pun sudah canggih brosist, hasil jadinya langsung rapih tanpa ada bagian yang kasar lagi..

Lalu masuk ke bagian Welding, alias pengelasan. Pengelasan ini dilakukan untuk menyatukan part-part yang sudah dicetak dan masih terpisah. Lasnya menggunakan mesin dan tipe lasnya adalah las Argon, jadi lebih rapi dan presisi.

wp-1485955968990.jpeg

Lalu ada lagi tahap Plating alias pelapisan. Lanjut dilapisi oleh cat biar lebih rapi brosist. Sedangkan bagian dengan bahan dasar plastik akan masuk tahap Injection dan painting. Keseluruhan hasil proses tersebut akan dialihkan langsung ke tempat Assembling atau perakitan guna merakit seluruh komponen hingga menjadi produk sepeda motor. Just for Info, satu unit GSX-R150 sanggup diproduksi dalam waktu 90 detik, sedangkan untuk Satria FU150 Injeksi dapat diproduksi dalam durasi 60 detik saja!

Komponen berbahan dasar logam yang dihasilkan antara lain frame, fuel tank, swing arm, muffler dan rim wheel. Sedangkan komponen dari plastik akan jadi body parts untuk tampilan luarnya. Video perakitannya nanti saya share brosist!

wp-1485956045929.jpeg wp-1485956143052.jpeg wp-1485956101497.jpeg

Fasilitas produksi PT. SIM Plant Tambun 1 yang diresmikan pada Januari 1991 ini memiliki lahan seluas 141.746 m2. Sebanyak hanpir 1.000 orang memberikan karya terbaik sebagai anggota keluarga besar Suzuki di Indonesia di Pabrik ini. Kapasitas produksi maksimumnya dapat mencapai 1,2 Juta unit per tahun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas moda transportasi dan gaya hidup dengan sepeda motor. Saat ini di Plant 1 Tambun memproduksi Satria FU150 Injeksi, lalu Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta nantinya akan jadi basis produksi GSX-R125 dan GSX-R150 untuk pasar ekspor!

Siap ekspor!

Siap ekspor!

Siap ekspor!

Siap ekspor!

Pak Ivan Yoliga, selaku Assist to Department Head Production 2Wheels PT. SIM sendiri saat diwawancarai mengatakan : “Kami bangga menjadi pabrik yang memproduksi produk global dengan kualitas yang diakui dunia Internasional”.

Pokoknya mantab deh keliling-liling pabrik Suzuki, jadi tau tuh gimana caranya motor dirakit dari awal produksi sampai jadi motor! Mantab abiss.. Saat kumpulan part yang bukan apa apa, menjadi sebuah motor yang enak dipandang! :D.

Semoga Berguna!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Tak Berkategori and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Suzuki Indonesia Motor Jadi Basis Produksi GSX-R125 dan GSX-R150, Diekspor Ke Luar Negeri Juga!

  1. Bagus banget Indo makin maju aja..
    Semoga suzi menjual motornya kaga overprice, secara kan dibikinnya disini.

    Like

  2. Pingback: Ketika GSX-R150 Ditrondolin, Begini Bentuk Rangkanya Bro! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s