Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan Dari PT. DAM, Tetep #Cari_Aman!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist! Salam geber sampai redline!

Eits, jangan maen geber-geber aja dong… Safetynya udah belum? Hehehe.. Nah, kali ini saya bakal ngangkat tema tentang safety riding di saat musim hujan nih brosist. Kali ini dapet tips dari main dealer Honda Jawa Barat, yakni PT. Daya Adicipta Motora… Berbicara mengenai faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, salah satu faktornya adalah faktor lingkungan. Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, hujan dan faktor cuaca lainnya. Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, perlu beberapa penyesuaian dalam berkendara sepeda motor.

General Manager Sales, Marketing, dan Logistik PT Daya Adicipta Motora (DAM), Lerri Gunawan mengatakan “Melalui kampanye safety riding #Cari_Aman, kami terus mengingatkan konsumen pentingnya keselamatan berkendara dan kenyamanan saat di perjalanan agar tetap memperhatikan kelengkapan berkendara sebelum memulai perjalanan. Serta dengan kampanye #Cari_Aman ini pula kami mengingatkan untuk ber-etika dengan baik dan benar. Karena tanpa keselamatan, hal-hal berharga dalam hidup tak dapat kita temukan.”

Saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, pengendara disarankan untuk mempersiapkan jas hujan. Adapun jenis jas hujan untuk pengendara sepeda motor yang baik adalah jenis baju celana yang pas sama badan bro. Tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco karena bisa sangat berbahaya jika tersangkut dengan rider lain atau benda lain saat naik motor! Hiii… Selain itu, hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi. Ya brosist paham lah sebagian jalanan di Indonesia masih banyak lubangnya…

“Selalu waspadai genangan air, karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan membuat sepeda motor kita terpeleset dan jatuh saat melintasi genangan air tersebut,” ujar Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding DAM.

Jika menemukan jalan yang dilalui tergenang air disarankan untuk tidak langsung melewatinya. Tindakan yang harus dilakukan yakni berhenti terlebih dahulu untuk melihat dan mengukur perkiraan kedalaman air yang tergenang tersebut. Bila ketinggian air tidak melebihi ujung lubang knalpot sepeda motor dan arusnya lambat berarti aman untuk dilalui.

Kemudian pertahankan pada kecepatan rendah secara konstan saat melewati genangan air, khusus untuk motor type sport dan cub gunakan gigi rendah. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar sepeda motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewati genangan air. Selanjutnya, seimbangkan sepeda motor, kemungkinan laju sepeda motor akan terhambat bahkan akan sedikit terseret/goyah saat melewati genangan air.

“Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan,” pungkas Asep.

Nah brosist, kira-kira gimana nih cara brosist buat safety terus di musim penghujan kayak gini? Share yuk biar bisa paham semua! Mantapp..

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s