Akhirnya, Yamaha All New R15 ABS 2019 Resmi Dirilis! Harga 27 Jutaan Aja!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, beberapa waktu lalu, tepatnya di akhir tahun 2018 yang baru saja kita lewati, saya sempat menulis mengenai rumor hadirnya Yamaha All New R15 ABS 2019 yang kabarnya hadir di awal tahun yakni bulan Januari 2019. Isu ini muncul akibat spyshot dan informasi yang terus didapatkan menjelang kemunculannya. Jelas, fitur Antilock Braking System alias ABS ini sangat berguna untuk mengurangi slip dan ban ngunci terlebih di motor sport fairing yang punya power cukup besar. Apalagi ditunjang dengan ABS dual channel (depan dan belakang) yang bikin pengereman semakin stabil. Nah, yang bikin kaget adalah soal pricing alias harga. Kok bisa murah bener ya bro??

Yamaha All New R15 ABS 2019 rilis, harga 27 jutaan??

Seperti yang udah saya tulis sebelumnya, All New R15 ABS ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan buat para Fansboy Yamaha diluar sana, yang mendambakan sebuah sport fairing dengan rem ABS yang safety dan pastinya mantap untuk menunjang performa pengereman motor. Praktis, R15 ABS ini menjadi varian baru yang melengkapi line up R15 standart. Hadirnya R15 dengan rem ABS ini menjadikan R15 sebagai sport fairing 150cc terakhir yang menghadirkan varian rem ABS di kelasnya, setelah didahului oleh CBR150R ABS dan Suzuki GSX-R150/R125 ABS!

Harga cuma Rp 27 jutaan? Kok bisa?

Yang mengejutkan lagi adalah dari sisi pricing atau harga yang tadi udah saya sebutin. Yamaha pede menjual R15 ABS dengan harga hanya Rp 27 jutaan saja! Kok… Kok aneh bang? Bisa lebih murah daripada yang standart? Seketika netijen ricuh.. wkwk.. Bukan bro! Murah, karena Yamaha All New R15 ABS 2019 ini lahir di negara Bollywood India, bukan di Indonesia! Yap, India, negara yang lebih dulu memberikan varian rem ABS sebagai piranti standar keselamatan untuk sport fairing 150ccnya ini. Indonesia? belum ada hilal kesana bro…

Sebelumnya sudah saya tulis mengenai Yamaha R15 India yang hadir layaknya versi downgrade dari R15 Indonesia. Gimana enggak? Ada beberapa part yang bikin R15 Indonesia terasa lebih mewah dan eksklusif, malah dihilangkan di versi India. Contohnya aja yang paling kelihatan adalah suspensi depan Upside Down yang di India dilengserkan dan diganti versi Teleskopik. Begitu juga dengan footstep Boncenger, dimana di India hanya berbentuk pipa hitam biasa, bukan terpisah layaknya R15 Indonesia. Maka dari itu, harganya disana jauh lebih murah bro… Motor di India emang terkenal harus murah-murah!

Begitu pula nasib R15 ABS 2019 India yang dibanderol seharga 1.39 Lakh atau kalau dikonversi menjadi hanya Rp 27 jutaan saja. Untuk warna spesial edition Dark Night, dibanderol dengan harga 1,41 Lakh atau sekkitar 28,1 jutaan aja. Bandingkan dengan R15 Indonesia yang tembus Rp 36 jutaan OTR jakarta? Hmm.. Banyak yang dikorbankan juga sih ya..

Hadir dalam 3 warna menarik, dual tone color!

Yamaha All New R15 ABS 2019 india hadir dengan warna baru yakni Dark Night. Warna serba gelap ini melengkapi warna yang telah ada sebelumnya yakni Thunder Grey (abu-abu) dan Racing Blue (biru racing Yamaha) yang telah ada sebelumnya. Total, ada tiga warna Yamaha R15 di India yang siap dipilih oleh para bikers disana…

Secara spesifikasi umum, tidak ada yang berbeda antara R15 standar dengan R15 versi ABS 2019. Hanya saja, soal bobot tentunya bertambah seiring dengan penambahan fitur tersebut. Untuk R15 versi standar sendiri punya bobot 139kg, sedangkan versi ABS berada di angka 142 kg.

Oh iya, hadirnya R15 dengan rem ABS ini bukan tanpa alasan. di India, mulai awal tahun 2019 ini, sudah diwajibkan bagi motor di atas 125cc untuk memberikan piranti rem ABS sebagai fitur standar keselamatan disana. Padatnya lalulintas dan meningkatnya kesadaran akan keamanan membuat pemerintah India memaksa pabrikan untuk memberikan fitur yang berguna ini. Dengan rem ABS yang telah menjadi kewajiban/regulasi standar motor ini, maka bikers di India tentunya akan semakin puas dengan performa pengereman yang ada di motornya. Wah keren ya..

Indonesia kapan? Belum ada tanda-tandanya nih bro. Saat ini malah motor matic yang sedang jor-joran diberikan fitur ABS oleh Yamaha Indonesia, sportnya kapan? tunggu waktu saja, mungkin akan segera dibikin ya…

Gimana menurut brosist? R15 ABS masuk gak nih buat riders Indonesia? :D.

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*