Terkuak! Seperti Ini Yamaha Byson Facelift 2019, Pakai Lampu LED dan Rem ABS!

Terkuak juga tampilan depan secara utuh! Siap dirilis

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sebagai rider Byson yang setia *karena gak ganti2, wkwk*, asli menarik banget memperhatikan gerak gerik Yamaha dalam mengembangkan Yamaha Byson Facelift 2019 terbaru. Setelah sebelumnya sering kepergok di tes di Jalan, saat ini terkuak gamblang lewat sebuah jepretan yang diambil secara amatir, bahwa Byson Facelift 2019 ini memakai headlamp LED seperti motor-motor kekinian. Gak cuma itu, fitur dari Byson Facelift 2019 ini juga semakin josss dengan adanya Rem Antilock Braking System alias ABS! Canggiihh, keren, mantuuull! Rider Byson kudu merapat, karena kali ini nampaknya perubahan yang dilakukan cukup signifikan dibanding Byson FI tahun 2015 lalu.

Yamaha Byson Facelift 2019, Pakai Lampu LED dan Rem ABS!

Terkuak di tes di India beberapa waktu lalu

Setelah beberapa kali kepergok di test sejak pertengahan 2018 lalu, akhirnya satu persatu berita mulai mencuat ke permukaan. Yamaha nampak semakin serius menggarap generasi terbaru dari Byson ini, yang sayangnya… lagi-lagi, perubahan ini terjadi di negara Bollywood India, bukan Indonesia. Yap, pernjualan Byson di Indonesia memang cukup mengenaskan, makanya kemungkinan besar Yamaha Indonesia udah gak tertarik jualan Byson! Bukan berarti, di negara asalnya, motor ini sudah gak diminati lho. Buktinya, Yamaha India memberikan fitur-fitur kekinian pada motor yang dinamakan Yamaha FZ-S atau FZ-16 FI ini di India sana.

Baca juga :

Terkuak juga tampilan depan secara utuh! Siap dirilis

Terkuak lewat berita yang dishare media India, kabarnya pihak Yamaha India akan merilis FZ-S terbaru dengan fitur ABS ini pada tanggal 21 Januari 2019 mendatang, seminggu lagi lah ya. Siapa yang udah gak sabar lihat sosok aslinya? Sayangnya, sepertinya euforia ini hanya akan terjadi di India, semenjak euforia terhadap Byson di Indonesia mulai hilang sejak facelift terakhirnya di tahun 2015 silam.

Baca juga :

Tampilan depannya bisa kita lihat, ada lampu yang sudah fix LED dengan desain tumpuk ya bro. Sekilas sih mirip dengan headlamp FZ-25 namun lebih lebar di bagian atasnya. Ini sepertinya lampu kecil yang sebelumnya ada di FZ-25 lalu dibuat lebih lebar, dan jadinya cukup keren sih seperti headlamp tumpuk. Tapi jadinya kelihatan weirdo gak sih? Karena gak simetris bentuknya.. Padahal kalau simetris pasti akan jauh lebih keren ya bro. Untuk suspensi, masih tetap memakai suspensi 41mm khas FZ/Byson yang besar dan gagah. Lampu sen mah tetep yang versi jadul tuh hehe..

Tangkinya keren! Shroud ala MT series

Tangki kerennn!

Ini yang paling keren menurut saya, tangki dari FZ-S 2019 di India ini jadi keren banget, karena memakai perpaduan antara desain tangki FZ generasi sebelumnya dengan shroud bolong ala MT series. Bisa kita lihat nampaknya Yamaha ingin memberikan kesan tough dan sangar pada FZ-S terbarunya ini. Efek sangar pada bagian tangki juga disambut dengan pemakaian shroud dibagian bawah yang posisinya mirip dengan shroud ala Byson karbu. Masih kurang? Buat ngisi bagian depan, Yamaha India juga memberikan engine guard di bagian bawah secara cuma-cuma, supaya tampilan makin terasa padat! Superrr…

untuk bagian buritan, jika melihat dari spyshot sebelumnya sepertinya gak jauh beda dengan FZ-S facelift sebelumnya. Hanya berubah sedikit di bagian seat yang kini nampak menyatu kembali. Knalpotnya sedikit berubah dengan sedikit mengambil desain knalpot Byson Karbu yang mengotak, justru ini yang keren sih kalo menurut saya! Dibanding bulat dan penyok-penyok kayak di Byson/FZ FI sebelumnya! :D. Velgnya… Kita udah tahu lah ya, di facelift terakhir, Yamaha India memberikan velg yang serupa dengan velg Vixion R/R15 V3 di Indonesia, sepaket dengan cakram belakang, yang baru jadi impian semata bagi pecinta Byson di Indonesia.

Fitur ABS single channel, menarik!

Soal fitur, Yamaha India gak mau main-main dengan regulasi. Sebelumnya, di India, ada kebijakan bahwa setiap motor yang berkapasitas diatas 125cc di India semuanya wajib memakai piranti keselamatan Antilock Braking System, alias rem ABS. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan kendaraan roda dua di India yang setiap tahunnya meningkat. Gak heran, di R15 V3 India sebelumnya yang baru dirilis kemarenan juaga sudah dilengkapi rem ABS dual channel.

Sayangnya, di Byson alias FZ-S FI 2019 ini, menurut bocoran dari media India, Yamaha hanya memberikan opsi rem ABS di bagian depan. Menurut saya sih ini ada hubungannya dengan sesuatu yang bernama dapur pacu. Yap… sepertinya mesin FZ-S masih cukup dengan satu saja piranti rem ABS di bagian depan. mungkin powernya masih bsia diatasi oleh single channel rem ABS? atau memang, untuk cost reduction? Alasan pastinya belum ada yang tahu, kita pantengin lagi entar!

Mesin tetap sama?

Bagaimana dengan mesin? Sampai saat ini belum ada bocoran khusus mengenai jantung pacu sang next FZ-S ini. Dugaan saya sih gak ada perubahan signifikan dari segi mesin nih ya, tetap 149cc 2 valve SOHC air cooled seperti mesin yang dipakai FZ-S FI di faceliftnya tahun 2018 lalu. Namun, untuk pastinya lagi lagi saya belum tahu, masih sebatas dugaan yang tak berdasar nih.

Last, kita tunggu saja ya bro untuk kelanjutannya, apakah Byson Facelift 2019 ini akan masuk Indonesia? Belum ada yang tahu pasti.. Kalau kita lihat dari desainnya, gimana menurut brosist? Take or pass? Saya sih pengen tangkinya aja tuh ya, kereeen pasti dipasang di si Edward! Wkwkwk..

Gimana rider Byson? Masih setia? wkwkkw

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*