Bertemu Langsung Honda CB650R Neo Sport Cafe 2019, Sulit Untuk Bilang Tidak!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, hari minggu tanggal 17 Februari 2019 ini, saya diundang untuk menghadiri acara Jakmoto Milenial Meet Up, sebuah acara yang digagas sebagai ajang kumpul bikers terutama blogger/vlogger/youtuber serta para followersnya. Selain dimeriahkan oleh para Blogger dan Youtuber terkenal seperti om Fitra Eri, om Ridwan Hanif, om Mobi, mbah Satar, mang Kobay dan om Stephen Langitan, acara ini juga ternyata dimeriahkan oleh beberapa sponsor terutama dari AHM dan Wahana Honda. Disana, akhirnya untuk pertama kali saya bertemu dengan Honda CB650R Neo Sprot Cafe 2019! Yap, setelah sebelumnya gak sempet ketemu! Lihat di internet sih cakep, aslinya begimana??

Sulit untuk bilang tidak!

Aslinya… Jujur saya bilang, ini GANTENG KETERLALUAN bro! Sulit untuk bilang TIDAK SUKA! Bener-bener dah, sebagai pecinta naked bike dan motor-motor bernuansa oldschool, saya seneng banget lihat desain dari CB650R Terbaru ini. Ganteng banget! sebuah lompatan desain yang luar biasa yang dilakukan oleh Honda kepada generasi Naked Bike 650ccnya ini. Setelah sebelumnya, Honda CB650F juga telah memikat hati dengan desain serba kalemnya. Di CB650R? Muncul semua yang disuka oleh lelaki pecinta motor!

Mulai dari desain body serta lekukan-lekukannya, part-part yang nempel, hingga mesin yang digendong oleh rangka kokohnya membuatnya menjadi pusat perhatian di acara tadi. Lanjut, kita bahas detailnya yuk bro mengenai motor yang baru saja dijual oleh Honda seharga Rp 260 jutaan ini! Cekidot..

Bagian Muka/Fascia

Headlamp CB650R, mirip2 dengan Neo Sport Cafe lain!

Dari bagian muka/fascia, tentu bro bisa lihat ada kemiripan yang signifikan dengan seri Neo Sport Cafe Honda lainnya. Mulai dari kelas 150cc di CB150R Exmotion, CB300R, hingga CB1000R semuanya memakai headlamp bulat dengan LED DRL. Lampu bulat memang jadi cirikhas dari Neo Sport Cafe Honda ini, mencirikan motor dengan desain retro dengan sentuhan modern, cakep lah! Ga ketinggalan, emblem HONDA juga hadir di tengah headlampnya, sign yang menguatkan!

Pindah ke suspensi, suspensi teleskopik besar yang ada di CB650F dilengserkan, diganti dengan suspensi Upside Down dengan ukuran yang besar! Pewarnaannya pun cantik banget, disesuaikan dengan warna velg dan mesin dengan warna bronze/titanium brown gitu. Bukan gold seperti di motor Honda lainnya! Di bagian depan juga kita bisa lihat velg yang sudah berganti model menjadi palang Y seperti di CBR1000RR Fireblade. Lebih pas dan cocok pake desain velg model gini memang sih! Kelihatan lebih gagah, apalagi dibalur dengan cat warna titanium juga! Ahsedaap!

Bagian Body/Samping

Ini sih udah gak diragukan lagi deh. Brosist harus lihat sendiri bagaimana gantengnya body minimalis ala Neo Sport Cafe Honda d CB650R ini. Dengan shroud kecil dan tangki besar penuh lekukan seksi tersebut, makin pas dengan paduan rangka Twin Spar yang menggendong mesin 650cc inline fournya! Makin terlihat seksi dengan permainan warna Titanium Brown di bagian mesin dan head atas. Belum sampai situ, bodynya yang minim tentunya juga menunjukkan pipa knalpot 4 buah yang berbaris dengan rapi sejajar. Cantik!

Knalpot model pendek membuat sang CB650R terlihat gagah berisi. Seperti underbelly nyatanya bukan underbelly hehe.. Sulit untuk bilang kalo desain ini gak keren! Suliit!

Fitur

Speedometer pakai negatif

Soal fitur juga jadi hal paling seksi buat dibahas dari motor terbaru, termasuk dari CB650R yang berubah cukup signifikan dari CB650F sebelumnya. Beberapa fitur yang berubah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Suspensi depan Upside Down
  • Traction Control (Kontrol Traksi) HSTC
  • Master dan kaliper rem Radial (baru ni)
  • Speedometer full digital negative display
  • Assist Slipper Clutch

Fitur-fitur tersebut yang bisa saya lihat langsung baru di CB650R 2019 bro. Yang paling kelihatan sih adanya suspensi USD, lalu adanya fitur traction control yang baru di klan Honda 650cc ini. Fitur HSTC ini ada di sebelah kiri stang yang bisa diatur sesuai kondisi jalan. Ada juga speedometer yang kali ini full digital dan displaynya negatif, kekinian banget deh pokoknya dengan instrumen yang lengkap dan lebih minimalis! Suka benerr! Ga lupa, untuk menambah stabil dipakaikan master dan kaliper rem radial serta Assist dan Sliupper Clutch.

Dari bagian tengah ke belakang, saya suka banget sama desain dari buritannya. Yap, persis dengan Neo Sport Cafe Honda lain, CB650R juga memiliki buritan pendek yang terlihat macho banget! Dipadu padankan dengan banana aluminium swingarm serta velg berukuran 5,5inci plus ban 180/55 membuat tampilannya semakin padat dan menggoda. Joknya keliatan rapi, dengan jahitan asli dan dibentuk sedemikian rupa menjadi split seat tanpa mengorbankan ketinggian posisi pembonceng. Tetep pendek yah tapi, sesuai dengan desain motor kayak gini yang biasanya sih dibuat untuk satu seat saja… Cakeep!

Soal mesin, belum test lah ya, maklum gak bisa tes ride tadi. Tapi, saya sudah denger suara mesinnya karena kebetulan tadi dinyalakan. As i expect, suara mesinnya khasss banget mesin 650cc 4 silinder inline Honda! Halus, minim getaran, dan zwiiinggg! Menggelegar saat ditarik.. Memang masih tergolong adem sih, cuma dengan bentuk knalpot yang lebih pendek, sependangaran saya suaranya agak sedikit lebih garang daripada CB650F Yang dulu pernah saya tes! Pasti penasaran sama suaranya? Tenang, vlog ketemu CB650R 2019 lagi diedit! Sabar yak!

Okeh, untuk spesifikasi, harga, dan sebagaimacamnya bisa brosist cek di link dibawah ini biar ga diulang-ulang ya.

Soal harga memang mahal, jika masih membandingkan dengan harga mobil maka anda harus paham, motor ini target pasarnya bukan anda… wkwkwk.. Sama kayak saya :(.

Gimana bro? Tungguin reviewnya di YouTube ya, ada first impression ketemu motor ini! Impressive banget deh pokoke..

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

3 Comments

  1. Master rem nya masih axial Om. Sama link spec nya itu buat Euro spec, buat Indonesia motor ini agak agak kena downgrade karena regulasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*