Tips Mengkilapkan Plastik “Kulit Jeruk” di Motor Yang Sudah Mulai Pudar, Seperti Baru Lagi!

Kiri sesudah, kanan sebelum

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brooo, apa kabarnya nih? Selamat malam dan selamat hari senin untuk brosist yang membaca artikel ini… Semoga brosist tetap bahagia dan diberikan kesehatan selalu di musim cuaca ekstrim ini. Sudah 2 hari gak nulis, karena mood nulis lagi ancur dan gak ada ide buat nulis, cuaca yang ekstrim juga bikin hawa mau nulis jadi males aja tuh XD. Akhirnya dapet ide buat nulis, setelah lagi nganggur gak ada kerjaan, terus kok kayak ada yang kurang dari motor kesayangan saya, si Edward. Padahal, biasanya kalo udah abis dicuci udah ganteng dan keliatan bersih banget. Ini kok keliatan suram dan kusam.. Hmm.. Padahal udah pake magic com… Eh maksudnya pake BOX biar tambah gagah wkwkwk. Setelah dicek lagi, ternyata yang bikin keliatan suram tuh, body hitam kulit jeruk yang sudah mulai pudar!

Kok kok kurang segerrr gitu ya?

Hmm, pantes kok keliatan kurang seger nih si Edward, padahal bodynya udah bersih. Ternyata, bagian body kulit jeruk nya yang sudah mulai pudar inilah yang bikin si edward jadi keliatan kurang seger dan kurang berwibawa. Body kulit jeruk atau body kasar yang gak dicat di Yamaha Byson memang cukup banyak nih bro. Mulai dari cover samping, cover headlamp, speedometer, cover knalpot, spakbor kolong, hingga spakbor belakang yang menyatu dengan stoplamp. Body kulit jeruk pada motor ini tidak di cat ya bro, jadi seiring dengan waktu dan umur motor semakin tua, maka body kulit jeruk ini akan memudar…

Contohnya di si Edward, yang tahun ini genap berumur 7 tahun. Plastik-plastik kasar yang ada di body besarnya ini sudah mulai pudar dan warna hitamnya gak pekat lagi, inilah yang membuat warna dari motor jadi terasa pucat dan kurang hidup. Saya pun mencari cara , bagaimana caranya agar motor tampil cakep lagi tanpa harus ganti body? Tanpa harus beli body baru? Karena bagian ini dapat dipastikan gak bisa dicat seperti body yang ditutup cat, dan cenderung lebih kuat menghadapi cuaca seiring waktu. Terus, gimana caranya?

TIPS membuat body kulit jeruk jadi hitam maksimal! 

Body kulit jeruk motor matic.. ilustrasi dari Google

Cari-cari informasi dari Mbah Google, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini bro. Dari hal termudah sampai yang paling sulit dan hasilnya maksimal. Saya pun mencoba satu-satu, mencoba baca dan memahami gimana cara kerja plastik kulit jeruk supaya bisa keluar lagi warnanya. Di Google, ada beberapa cara yang sepertinya cukup ampuh mengembalikan warna hitam pekat pada body kulit jeruk. Antara lain sebagai berikut bro :

1. Pakai minyak goreng! 

What?? Seriously?? *insert sound effect*. Mungkin kata-kata itu yang akan terucap ketika brosist mendengar “minyak goreng” untuk di motor. Gak lazim aja, masa pake minyak goreng buat bikin body motor mengkilap lagi?? Ternyata bukan sulap bukan sihir, minyak goreng bisa menjadi cara ampuh untuk membuat body motor terutama plastik kulit jeruk jadi mengkilap lagi lho bro!

Menurut artikel di Mbah Google dan referensi lain, minyak goreng dapat melapisi plastik kulit jeruk dan menimbulkan warna hitam pekat. Sifat minyak yang menempel dan mengilapkan ini tentu hanya sementara ya bro, gak bersifat permanen. Apalagi kalo di musim hujan, wah bakal repot tuh kalo kena air dan airnya mengenai minyak, jadi licin-licin gitu dah! Menurut ulasan di Google, cara ini efektif untuk mengkilapkan, tapi gak efektif untuk yang nyari efek jangka panjang, dan pastinya saya gak pilih cara ini. Takut dimarahin mamah juga, ntar minyak buat goreng ayam abis pula.

2. Pake semir sepatu

Ada juga yang berpendapat untuk mengeluarkan warna hitam di body kulit jeruk, bisa pakai semir sepatu. Karena sejatinya semir sepatu juga dapat mengkilapkan sesuatu yang sudah mulai pudar. Saya pernah coba pakai dan ternyata hasilnya kurang memuaskan bro, pernah coba pakai di Revo 100 dulu dan gak sampai seminggu pemakaian, sudah kembali kusam. Mending, semir sepatunya simpen buat sepatu kesayangan aja deh ya… :D.

3. DiBakar!!! 

Lho, apaan lagi si? Masa iya di bakar?? Plastik kalo dibakar ya meleleh dong dong?? Eits, bukan dibakar dalam artian dicelupkan ke api membara ya bro, melainkan dipanaskan. Tujuan dipanaskan ini supaya efek kilap pada body plastik kulit jeruk muncul lagi setelah sebelumnya pudar dan mengering. Selain dibakar, bisa juga memakai heatgun atau hair dryer yang panasnya mencukupi. Teman saya ada yang pernah sukses pake cara ini, cuma saya yang cemen ini gak berani untuk ngebakar plasik body motor kesayangan. Jadi, saya gak pilih cara ini karena terlalu ekstrim. Walau, kabarnya hasilnya memuaskan lho. Hmmm..

4. Pake cairan pengkilap Khusus “Dress It Black”

Akhirnya pake cairan ini aja deh

Nah, cara ini yang saya pilih. Kebetulan, beberapa waktu lalu saya pernah beli satu paket cairan ajaib untuk merawat body motor dari Sealant Branded. Saking seringya pake yang untuk pengkilap body halus, saya lupa pernah beli cairan Dress It Black ini untuk melakukan dressing pada bagian-bagian hitam kasar. Kata yang jual sih, cairan ini bisa mengembalikan warna hitam yang telah memudar pada bagian plastik seperti dashboard mobil, body kulit jeruk, karet-karet, dll.

Klaim dari Sealant Branded juga produk ini bersifat Hydropobic alias tahan air. Dan yang paling bikin penasaran adalah klaim irit pemakaian nih bro! Karena dengan sekali pakai, bisa tahan seumur hidup alias Permanent!! Wow, klaim yang cukup berani nih ya. Mari kita buktikan.. hehe..

Saya pun mencoba untuk mengoleskan cairan berwarna hitam pekat ini ke body kulit jeruk motor. Baunya sekilas mirip dengan bau spidol yang baru dibuka, pekat banget. Dan saat dioleskan, langsung terlihat bedanya sebelum dan sesudah. Brosist bisa lihat dari gambar berikut ini :

Kiri sesudah, kanan sebelum
Atas sesudah, bawah sebelum
Kiri sesudah, kanan sebelum

Tanpa pikir panjang, saya langsung olesi ke beberapa bagian yang terdapat plastik kulit jeruknya. Seperti di headlamp, speedometer, cover body samping, cover knalpot, hingga spakbor belakang. Hasilnya ternyata cukup memuaskan! Plastik yang sebelumnya terlihat kering dan pucat, sekilas langsung ngedoff dan pekat banget warnanya. Mungkin cairan ini bersifat melapisi dan menempel kuat di permukaan plastik kasar kulit jeruk ini.

Saya pun mencoba mengaplikasikannya di BOX GIVI E30RN yang dipinjamkan oleh saudara saya, (iya, sekarang edward pake Box) :D. Dan ternyata, box tersebut pun ikut mengkilap lagi setelah sebelumnya pucat redup karena terlalu lama disimpan di dalam gudang, terkena panas lembab dan berbagai macam ujian yang telah dilewati.

Wah, ternyata untuk hasil awal mantul juga ya bro. Klaim produsen Sealant Branded mengenai efek hitam pekat dari produknya ini memang gak diragukan lagi. Walau saya belum tahu pasti, bener gak sih klaim efek hitam permanennya?? Kalo masalah itu, coba kita buktikan selama sebulan kedepan melewati musim hujan nih. Kalo masih bagus, berarti klaimnya terbukti benarrr..! :D.

Last, Soal harga bisa dicek sendiri di marketplace dengan kata kunci Dress It Black Sealant Branded. Yah memang lumayan bila dibandingkan dengan minyak goreng atau semir sepatu yang murah, tapi hasilnya cukup memuaskan lah untuk harga dan kemasannya yang cukup besar. Tinggal kita uji gimana nasibnya saat kena hujan besar, benarkah anti air? benarkah permanen? Biar waktu yang menjawab…

Begini kira-kira hasilnya setelah diaplikasikan di motor kesayangan, si Edward, Byson MISKIN kata netijen fake account 😀

Jadi seger dikit daah

Silahkan dipilih cara yang paling murah dan rasional ya bro! Kalo ada cara lain, boleh di share lho ya supaya saling tahu! :D.

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*