Tips Motor Menerjang Banjir, Boleh Gak Sih?! Begini Cara Amannya!

Gimana tips lewati banjir dengan baik dan benar??!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, sudah bulan Maret, namun musim kemarau masih belum mau menampakkan dirinya. Yap, hujan dengan intensitas tinggi masih kita alami terutama di wilayah Jabodetabek. Biasanya, masuk musim hujan ini jadi rawan banget banjir. Buktinya, BMKG melalui situs resminya telah melansir daerah-daerah yang menjadi daerah rawan banjir yang akan terjadi dibulan Januari, Februari dan Maret 2019. Prakiraan tersebut meliputi potensi banjir tinggi, menengah, rendah dan aman dari kejadian banjir.  Untuk itu, masyarakat diminta waspada dan diharapkan dapat membantu untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan akan terjadinya banjir yang lebih besar.

Tips Motor Menerjang Banjir, kok bisa? 

Terjang banjir, berani?

Bagi brosist pengendara roda dua, termasuk saya, tentunya harus lebih hati-hati karena biasanya banjir ini akan menyebabkan jalanan yang rusak dan membuat lubang dimana-mana sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Sepengalaman saya, malah pernah nyebur ke selokan karena selokan tersebut gak ditutup dan rata dengan aspal dong… Saat ambil kiri, genangan air membuat selokan menjadi nyaru dan gak kelihatan. Jadi deh nyebur selokan. Sakitnya gak seberapa, malunyaaa.. WKwkkw!

Momok menakutkan bagi kita, para bikers maupun para mobilers biasanya adalah banjir. Kalo tajir sih kawan kita bersama wkwkkw #skip. Nah, banjir biasanya sering terjadi di musim hujan, dimana intensitas hujan semakin tinggi dan kesadaran masyarakat untuk buang sampah plastik secara teratur belum bangkit. Jadi deh mampet dimana-mana dan bikin banjir. Hadeeeh, padahal yang rugi kita-kita juga ya.. Biasanya banjir juga menjadi musuh utama kendaraan, karena efek menakutkannya adalah bisa membuat mesin rusak lho brosist! Apalagi, mayoritas dari kita masih memakai mesin bakar yang rentan jika masuk air…

Awas mogoook!

Motor yang mogok akibat busi atau saringan udara yang kemasukan air pastinya udah sering dialami di musim hujan.. Ngerinya, Jika keseringan mogok, tidak menutup kemungkinan mesin motor akan cepat rusak. Gimana enggak? Kalo motor udah mogok karena kita lewat banjiran, udah jelas ada efeknya ke dalam mesin! Bisa jadi air masuk pelan-pelan ke mesin dan kita gak tahu efeknya. Tiba-tiba oli berubah jadi warna putih susu, dan air tadi masuk ke ruang mesin… Hii, auto meleduk dan pecah blok mesinnya! Inilah yang disebut efek water hammer yang rame diomongin di grup itu…

Kadang, serba salah juga, gak diterobos muternya jauh, diterobos takut mesin mati karena kemasukan air. simalakama dah..

Tips Lewati Banjir

Gimana tips lewati banjir dengan baik dan benar??!

Nahh! Saya ada sedikit tips gimana caranya melewati genangan banjir cukup tinggi nih! Tentunya Supaya tidak rusak akibat terjangan banjir, hal-hal berikut bisa dicontoh :

  1. Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor, karena air yang masuk dapat menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan baik.
  2. Apabila terpaksa harus menerobos banjir, lebih baik matikan mesin sepeda motor Anda, karena apabila air tersebut masuk saat suhu ruang bakar tinggi akan menyebabkan piston motor Anda pecah.
  3. Masukkanlah selang tebal ke knalpot dengan menghadap ke atas apabila masih tetap ingin memaksakan mesin motor tetap hidup, setidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin. Tapi cara ini sih kurang direkomendasikan, karena kalau tinggi air sampai ke filter udara, ya sami mawon air akan masuk lebih banyak ke ruang mesin. Cara 1 dan 2 lebih direkomendasikan…

Ada lagi nih, cara meminimalisir masuknya air ke ruang bakar! Apa aja sih?

  1. Saat musim hujan, berikan perhatian untuk busi. Lapisilah komponen busi dengan gemuk. Setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian.
  2. Apabila busi sudah terlanjur kemasukan air semprotlah dengan pelumas ke kepala businya agar airnya bisa cepat kering. Salah satu pelumas yang bisa “mengobati” masalah busi yang kemasukan air tersebut salah satunya adalah Rexco 50 pelumas serbaguna. Rexco 50 bersifat melindungi serta membersihkan part yang akan disemprotkan. Mantap nih! Andalan gue pokoknya…
Rexco 50, andalan gue buat musim hujan!

Tips paling ampuh lewati banjir

Buat brosist yang tinggal di Ibukota dan sekitarnya, ketemu banjir pake motor tentunya ga pengen motornya kemasukan air ya. Solusinya… Bisa dicoba cara diatas ya. Apalagi kalo brosist mayoritas pakai motor matic, dengan posisi filter udara yang rendah akan berpotensi besar masuk air ke dalam ruang mesin. Cara paling ampuh untuk mengatasi tingginya banjir dan bisa diterobos adalah… Ganti dengan motor dual purpose. He.. he… heee… #admin ditimpuk XD . Dijamin, lewat banjir tinggi juga trabasss bae! Udah paling bener daah! :D.

Nah broisst, segitu dulu sedikit tips mengenai cara atau tips melewati banjir bagi sepeda motor! Mudah tho, yang penting kudu paham cara dan penanganan motor setelah melewati banjir! Pahami juga motor kita bisa atau gak lewati banjir… Hehee!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*