Mencoba Bayar Pajak Motor Online di 2019 ; Simple dan Cepat, Anti Ribet!

Aplikasi SAMBARA

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, akhir bulan Maret kemarin tepatnya tanggal 27 Maret 2019 STNK si Mbit (Beat 2014) habis masa berlaku tahunannya. Artinya, harus bayar pajak tahunan dan harus pengesahan STNK lagi supaya bisa legal dipakai di jalanan. Haduh, pusing, BLOG aja jarang kepegang karena aktivitas yang lagi sangat padat, apalagi bayar PAJAK yanng biasanya tuh lama dan ribet? Mana harus menyediakan waktu di hari kerja yang bikin maleess.. Bayar pake biro jasa? Pasti butuh tambahan uang yang cukup untuk beli nasi padang beberapa hari, lumayan buat ditabung. Akhirnya, saya coba Bayar Pajak Motor Online 2019, Simple dan Cepat! 

Yup, saya baru ingat, di akhir tahun 2018 lalu Gubernur Jawa Barat bapak Ridwan Kamil telah menginstruksikan untuk membayar pajak yang simple dan sangat mudah bisa lewat aplikasi. Bahkan, saat ini pembayaran pajak bisa dilakukan di gerai Alfamart/Indomaret juga lho! Wuih, bener-bener memudahkan nih untuk warga Jawa Barat keseluruhan! Dan yang paling enak, bisa bayar pajak online bahkan lewat marketplace semacam Bukalapak/Tokopedia untuk mendapatkan kemudahan yang lebih nih..

Bayar pakai E-Samsat!

Masa sih bisa? Soalnya setau saya sih bakal ribet kalo urusannya sama aplikasi, orang yang langsung bayar aja ribettt dan nunggunya lama! Ternyata, menurut beberapa review dari temen-temen yang udah bayar lewat online, jauh lebih mudah dan cepat tuh pelayanannya dan pastinya ga makan waktu dan biaya banyak. Tanpa basa basi dan pikir panjang, langsung saya praktekin deh!

Pertama bingung, terus mekanismenya gimana? Sulit gak sih? Gimana kalo kita belum terlalu paham? Tenang, di artikel ini akan saya ulas mengenai bayar pajak motor lewat online! Kalo diikutin gampang kok, saya jamin! Yuk, ikutin langkah-langkah pembayaran pajak yang simple banget inihhh..!

Aplikasi SAMBARA

Pertama, brosist bisa langsung Download aplikasi SAMBARA,  atau Samsat Mobile Jawa Barat. Di aplikasi tersebut terdapat informasi lengkap mengenai segala kebutuhan brosist tentang kepemilikan kendaraan di Jawa Barat, bisa di download di Play Store atau AppStore nih.. Setelah Download, langsung cek menu Pembayaran-Bukti Bayar, lalu klik tanda (+), didalamnya tinggal masukkan sesuai instruksi. Ada Nomor Polisi, Warna TNKB, serta NIK sesuai KTP kepemilikan kendaraan tersebut. Setelah memasukkan semuanya, tinggal tunggu sampai informasi mengenai KODE BAYAR tersedia di aplikasi Sambara tersebut.

Masukkan Nomor kendaraan dan NIK

Kedua, setelah dapat kode bayar, brosist bisa langsung OTW ke Alfamart/Indomaret untuk bayar disana, tentu dikenakan biaya admin yaa.. Disini, saya memilih opsi yang lebih mudah. Saya memakai opsi bayar via Marketplace. Sebenarnya, disediakan bayar lewat bank BJB atau Bank Mandiri, tapi saya ga ada kedua bank itu. Jadi saya manfaatkan bayar lewat Tokopedia… Disana, brosist masuk ke menu Top Up, lalu klik eSamsat dan langsung paste kode bayar yang telah di copy sebelumnya dari aplikasi Sambara. Setelah Check Out, brosist akan diinstruksikan untuk membayar, bisa lewat bank, atm, atau m-banking. Saya pilih m-Banking, disuruh bayar Rp 215.000 totalnya, dan kebetulan ada promo cashback dari Tokped sebesar 6ribu, lumayan buat nambahin beli pulsa. Wkwkwk..

Masuk ke App Tokopedia

Nahhh, setelah bayar lewat m-banking atau atm, nanti brosist dapat lagi yang namanya Invoice. Invoice ini harus disimpan dan diprint untuk jadi bukti pengesahan STNK di Samsat terdekat. Note : untuk pengesahan memang harus di Samsat lagi, gak bisa langsung di Alfa/Indomaret, bisa di bank BJB juga. Lanjut, brosist tinggal print invoice yang berisi data pembayaran tersebut sebagai bukti sah pembayaran STNK motor. Jangan lupa, langsung tukarkan invoice untuk pengesahan STNK ya, karena paling lambat waktu pengesahan adalah 30 hari setelah pembayaran.

Ketiga, Pengesahan. Brosist bisa langsung berangkat ke Samsat terdekat atau Bank BJB terdekat di kota brosist. Kebetulan, rumah saya dekat dengan Samsat Depok, jadi langsung saja ke samsat deh. Disini brosist sediakan KTP Asli+Fotokopi, STNK Asli+Fotokopi, BPKB Fotokopi (aslinya bawa aja), dan print Invoice pembayaran lewat aplikasi (bukalapak/tokopedia/bank bjb dan Mandiri). Ingat, semuanya harus dibawa kalo mau segera diproses!

Setelah persyaratan semua telah ada, langsung pergi ke bagian pengesahan pembayaran via E-Samsat. di Samsat depok sendiri, pembayaran lewat E-Samsat langsung pergi ke lantai 2, berbeda dari pmbayaran konvensional. Ternyata, di atas ini ruang tunggunya JAUH LEBIH NYAMAN dibanding pembayaran konvensional.. Sofa empuk, ac dingin dan ga pake berjubel dengan orang lain XD. Alhamdulillah, dikasih gampang bayar pajak di Jabar saat ini..

Ruang tunggunya nyamannn

Map berisi persyaratan tersebut akhirnya saya taruh beserta data orang lain, ada sekitar 3 orang saja yang request pengesahan di hari Selasa Pagi (26 Maret 2019) yang cerah itu. Sayapun dilayani oleh mbak-mbak operator yang ramah banget mempersilahkan saya menunggu lebih dulu. Setelah diproses, nunggu… Gak sampai 3 menit, STNK baru saya sudah jadi! Asli nih?? Cepet banget asli, ga nyangka bisa secepet ini, padahal kalau bayar konvensional paling gak memakan waktu hingga 50menit sampai 1 jam.

Map dengan isi invoice, fotokopi BPKB, fotokopi STNK dan aslinya serta KTP asli dan fotokopian

Simple dan ga pake lama!

Nah, saya sih sejauh ini seneng banget bisa memanfaatkan teknologi yang ada di tangan untuk pembayaran pajak seperti ini, menurut saya jadi jauh lebih simple dan gak memakan waktu yang berharga ini. Pembayaran pun lebih fleksibel karena bisa dilakukan di berbagai marketplace bahkan gerai Alfa/Indomaret yang ada di dekat rumah. Kekurangannya.. mungkin banyak yang beranggapan ngapain bayar online kalo harus ke samsat juga! Ya sebenarnya ini wajib, karena untuk pengesahan tentu butuh cap dari kepolisian/yang berwenang. Menurut saya sih, tetap lebih mudah dan bisa jadi andalan buat yang waktunya kurang nih, karena ngantrinya ga begitu lama, prosesnya cepat pula. Yang paling enak sih, kalo bayar via marketplace kadang ada Cashbacknya, hihihi…

Oke deh bro, segitu aja, seneng nih jadi warga Jawa Barat karena bisa dimudahkan seperti ini. Pajak terbayar, ga pake lama, pastinya motor jadi legal dibawa kemana-mana! Mantap betul alias mantulll…  Gimana bro? Ada yang mau coba?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*