Pojok Opini : Honda CBR250R batal V-Twin? Kenapa tidak dialihkan ke Naked Bike-nya aja?

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat sore,semoga selalu sehat dan semangat ya..

Honda CBR250R yang digadang-gadang akan menggunakan mesin berbasis V-Twin,ternyata hanyalah harapan belaka..

cbr 250 repsol

Honda CBR250R,motor yang beredar di Indonesia sejak hampir 5 tahun lalu ini menyimpan banyak cerita baik suka maupun duka. Eksistensinya di dunia permotoran Indonesia seakan kalah bersuara dengan seteru abadinya yang berkapasitas mesin sama,siapa lagi kalau bukan Ninja 250. Menawarkan segala kelebihan daripada Ninja yang saat itu sudah mengaspal lebih dulu,seperti teknologi PGM-FI hingga mesin 1 silindernya yang cukup irit dengan torsi badak ternyata tidak cukup tangguh untuk menggoyahkan image Ninja 250 kala itu..

Konsumen Indonesia lebih memilih sang Parallel-Twin engine,ketimbang si Single cylinder. Walaupun tak menampik bahwa penggemar dan pengguna CBR250R di Indonesia sudah cukup banyak. Termasuk pak Dosen Farouk #034 yang terkenal punya CBR Bumblebee XD.

Kabar bahwa CBR250 yang akan dibuat “dampingan” alias twin engine mulai santer terdengar gaungnya sejak hampir 2 tahun lalu. Saat itu,ramai dibicarakan bahwa CBR akan mempunyai jantung pacu baru,dengan konfigurasi V-Twin! Ganas dong ya powernya? Jelas brosist. Ditambah dengan segala teknologi yang akan disematkan Honda kepadanya,yang pasti gak main-main powernya nih..

Gagal v-twin..

Gagal v-twin..

Sudah berapa lama kabar CBR V-twin itu berembus di jagad blogsphere,Om Leopold Sudaryono yang sedang melanjutkan studinya di Australia gak sengaja membaca sebuah majalah otomotif disana yang memuat berita tentang CBR250 yang sedang disiapkan versi 2 Silindernya.. Ternyata 2 Silinder Inline brosist!! Media tersebut berpendapat,bahwa informan mereka yang berasal dari jepang membeberkan kalau nantinya CBR250R akan bermesin baru,yaitu parallel-twin. Tentu Honda mempunyai alasan kenapa tidak memakai mesin V-Twin yang notabene pernah dipakai di beberapa motor buatannya ini.. Menurut analisa saya :

1. Ongkos produksi. Ongkos produksi mesin V-Twin tentu lebih mahal daripada memproduksi mesin Inline twin. Kenapa begitu? Karena mesin V-twin sendiri mempunyai desain yang tentu lebih rumit daripada mesin Inline.

2. Biaya Maintenance lebih mudah dan murah. Ya,biaya maintenance mesin inline nampaknya lebih mudah dan murah dibanding mesin V-twin. Walaupun,kita gak menampik bahwa mesin V-twin akan lebih bertaring daripada mesin inline..

3. Mengubah sejarah! Ini yang mungkin jadi pertimbangan Honda pusat terkait dengan CBR V-twin tersebut. Mesin yang biasanya dipasang pada klan CBR adalah mesin Inline. Sampai saat ini,belum ada klan CBR yang menggunakan mesin V-Twin sebagai jantung pacunya. Kalau mau tetap 250cc V-twin,Kenapa gak dialihkan ke naked bikenya aja?!

VTR250.. Ganass!

VTR250.. Ganass!

Nah,itu yang mau saya bahas kali ini. Kenapa mesin V-twin tersebut gak dialihkan ke Naked bikenya aja ya? Padahal,Honda sudah pernah membuat mesin V-twin untuk motor 250cc Naked-bike. Tiada lain tiada bukan ialah si VTR250. VTR250 mengusung mesin 249cc,V-twin 90°,4 Valve per cylinder,six speed transmission dan liquid cooled. Dengan power sebesar 30 hp,tentu jadi spesifikasi yang garang banget untuk sebuah naked bike dengan sebutan Monster from Japan ini. Kenapa saya sebut,alihkan saja mesin V-Twin powerful tersebut ke klan Naked Bike Honda 250cc di Indonesia?

vtr250

Karena penggemar motor naked bike ini berbeda brosist! Mereka pasti mencari yang berbeda daripada sekedar mesin sejajar! Mesin berkonfigurasi V-Twin ini sangat cocok bila diaplikasikan ke gen Naked bike layaknya VTR250 ini. Apalagi,jika sedikit di rombak di desain keseluruhannya.. Bakal moncer penjualannya!!

Ditambah dengan kesan Naked-Bike yang tentunya garang,dan juga suara dari mesin V-Twin yang aduhai itu.. Siapa yang bisa menampik pesonanya tuh brosist? Apalagi,yang mengincar segmen motor kelas 250cc keatas ini adalah orang yang hobby motor.. Dengan price positioning sekitar 60 jutaan? Gimana kira-kira brosist??

Last,artikel ini hanya lamunan saya di sore hari yang hujan ini. Lumayan kan,dari pada ngelamun gak jelas mending ditumpahin kesini unek-uneknya :D. Kurang lebihnya mohon maaf yaa brosist.. Gimana nih,bagus gak ya ide untuk mengalihkan mesin V-Twin yang sebelumnya dikabarkan akan menjadi mesin baru CBR ini ke klan Naked bike? Any comments? Please comment below,on the comentar column for your opinion..

Wassalamualaikum.

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

See some post belong to this Article :

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Honda, Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Pojok Opini : Honda CBR250R batal V-Twin? Kenapa tidak dialihkan ke Naked Bike-nya aja?

  1. Pingback: Indonesia Jadi Prioritas Peluncuran Produk Otomotif Terbaru?? Gak heran! | Alki Rahmatullah's Blog

  2. Pingback: Prediksi Motor-Motor Honda Yang Akan Launching Di Tahun 2016! | Indoride.com

  3. Pingback: Honda CBR250RR Dikabarkan Launching Bulan Agustus Mendatang,Ayo Nabung! | Indoride.com

  4. Pingback: Siluet Motor Yang Diduga All New CBR250RR.. Asli Garang Banget! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s