Yamaha Jupiter MX King dan MX 150 Tidak Seimbang Ukuran Bannya? Ini Dia Penyebabnya!

ARblog – Assalamualaikum brosist,apa kabar? Semoga selalu sehat dan semangat ya..

P1010963

Yamaha MX King,motor yangbaru saja dilaunching kemarin ini ternyata masih menyimpan beberapa misteri tersendiri. Seperti yang kita ketahui bersama,kalau MX King ini mengadopsi mesin dari kakaknya,New Vixion Lightning. Apa cuma mesin? Tidak. Tercatat ada beberapa part khusus yang juga dicomot dari kakak besarnya tersebut. Salah satunya dan yang paling fenomenal adalah Ban.

P1010970 P1010954

Bisa brosist lihat dari foto diatas,yang kebetulan saya ambil beberapa hari lalu di dealer Yamaha Wira Motor Depok,bahwa perbedaan ukuran ban depan dan belakang dari MX King maupun MX 150 ini berbeda jauh. Untuk ban belakang sendiri plek mengadopsi dari New Vixion Lightning aka NVL,kakak besarnya,yang berukuran 120/70 velg 3.50 inch. Lengkap dengan part pengereman dan lainnya yang juga mirip dengan milik kakaknya. Untuk ban depan? Ukurannya terlihat berbeda sangat signifikan dengan ban belakangnya,yaitu hanya berukuran 70/90 velg 1.85 inch. Yang sama dengan bebek-bebek lainnya! Loh kok? Kan MX King ini bebek super? Kurang gagah dong kalo cuma pake ukuran segitu? Masa sama aja ukurannya dengan bebek lain?? 

P1010966

Ternyata,Yamaha punya jawabannya tersendiri brosist. Dilansir oleh salah satu media otomotif online yang langsung mewawancarai petinggi YIMM,bahwa ternyata ukuran ban depan yang terbilang kecil ini sudah dihitung matang-matang oleh engineer Yamaha!

Ya brosist,ukuran ban 70/90 17 velg 1.85 ini sengaja disematkan di MX King,karena Yamaha tidak ingin kehilangan image kencang dan lincah yang memang sejak dulu disematkan kepada Jupiter MX Series. Hal ini dilakukan agar MX King yang kental akan aura motor sport nya tetap bisa lincah jika dibawa di kemacetan perkotaan. Terus,kenapa ban belakangnya besar? Katanya mau tetap lincah? Tentu hal ini juga sudah difikirkan matang-matang oleh Engineer Yamaha disana brosist :D. Mesin dengan volume silinder 150 cc dengan berbagai teknologi yang harusnya disematkan ke motor batangan layaknya New Vixion,tentu harus disesuaikan dengan body motor bebek. Dengan power yang besar dan kenaikan hampir 3 ps dari generasi sebelumnya,maka ban belakang yang besar berukuran 120/70 memang pantas disematkan di generasi MX yang kabarnya akan menjadi Raja Bebek ini..

Ban besar untuk power besar? Sepadan lagh..

Ban besar untuk power besar? Sepadan lagh..

Selain itu,menurut penuturan dari petinggi Yamaha,pak M.Abidin,Chassis dari Yamaha Jupiter MX King ini juga mengalami perubahan,lebih panjang 35 mm dari generasi sebelumnya. Hal ini kembali lagi kepada point pertama tadi,bahwa Yamaha tidak ingin kehilangan image lincah yang memang sudah tersemat rapi di jiwa Jupiter MX Series,termasuk si MX King. Chassis yang lebih panjang ini tentunya menambah kelincahan bermanuver untuk MX King,ditambah dengan dijejalkannya ban yang lumayan besar di bagian belakang,hal ini dirasa perlu untuk tetap menunjang kelincahan dari motor ini sendiri..

Chassis lebih panjang? Ga sempat ngitung :D

Chassis lebih panjang? Ga sempat ngitung 😀

Nah,udah jelas kan brosist,kenapa sih kok ukuran ban dari Jupiter MX King dan MX 150 itu terasa sangat signifikan bedanya,ternyata memang sudah diperhitungkan oleh engineer-engineer Yamaha disana :D. Tinggal brosist yang memilih,jika ingin stabil di putaran atas baik didalam kota maupun perjalanan jauh keluar kota,silahkan upgrade ukuran ban depan dengan naik beberapa ukuran. Kalau mau tetap lincah,ya pertahankan ukuran standart,toh udah dihitung secara presisi oleh orang pinternya Yamaha :D. Oke,any comments brosist? Give your humble opinion on the comentar column below here,please! 😀

Pantes ngga? Dipantes-pantesin aja lah ya :D

Pantes ngga? Dipantes-pantesin aja lah ya 😀

Thanks for reading and sharing,see you on the next article

Wassalamualaikum.

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Related Posts :


Advertisements

27 thoughts on “Yamaha Jupiter MX King dan MX 150 Tidak Seimbang Ukuran Bannya? Ini Dia Penyebabnya!

  1. Kalau saya malah curiga ini faltor menekan cost belaka. Roda belakang sudah makan cost besar maka harus diiimbangi dengan roda depan yg lebih murah.

    Like

    • Gitu ya bro?? Bener juga nih analisisnya.. Menurut saya juga harga yang ditawarkan ini memang mengincar matic 150 cc dari pabrikan sebelah.. Biar pabrikan sebelah serasa kemahalan hehe

      Like

  2. kalau menerut saya,, survey pihak yimm bahwa bikers suka dengan ban belakang besar dan tapak lebar.. terlihat juga memang lebih keren.. Terutama juga pada pinstripe itu hasil survey masyarakat banyak yang menempel stiker di velg biar lebih keren

    Like

    • Mantap bro,memang sebagian besar bikers suka ban yang besar,apalagi laki2. Mungkin terlihat lebih gagah bro.. Ga menutup kemungkinan bahwa bakal jadi generasi ban cacing lagi xixi 😀

      Like

  3. Karakter kita tuh ada tiga : bandel, kreatif, dan lucu.

    -Bandel : dijajah lama juga gak musnah, dipemerintahi dg filosofi apa aja kelar (jaman hindu kita hindu, zaman islam kita islam, zaman pancasila kita pancasila), dinaik-turunin BBM tiap bulan juga kita siap, kalau belum punya uang motor dah tua sekalipun terus dipakai.

    -Kreatif : wah dari mulai batik, wayang, OVJ, patung asmat, lukisan Affandi, vespa antik sampai vespa gembel, motor modif kontes apa gak cukup? Di benak kita, tak dimodif = tak kreatif. Tak kreatif = tak eksis. We don’t like something perfect without our touch. Minimal tempeli stiker !

    -Lucu : ya ini nih kita ngomen setiap entri judul blog otomotif. dari disain motor, mesin motor, printilan motor, harga motor, dll. Ada yang metaforain motor seperti belalang, ada intuisinya slempak atau kepala Sinchan thd bentuk lampu, ada yang ngenamain cebong, meong, suprprihatin thd varian motor, dll. Lucu dan panas ini ujung-ujungnya modif ! Lucu kan, kita ngomen itu ini padaha kita ga kan beli deh. He he he.

    Nah Yamaha tuh tahu 3 karakter kita. Tdk takut ngasih bentuk alternatif bebek ala MX King. Tidak laku soal lain. Toh CS1 yang dituduh berhenti karena kurang laku, justru beberapa part-nya banyak yg diburu pemodif, dan sosoknya makin cantik saat diberi sentuhan modif yang pas. Ban jomplang dan bentuk lampu urusan enteng dimodif oleh konsumen Indonesia ! Jangankan ban atau lampu. Ubah mesin sampai ngibulin sistem injeksi dg piggy back, atau diubah lagi jadi karbu bisa. Bebek jadi trail malah mewabah, Jadi kalo suka, kalo punya doku, beli yang kau suka. Tidak suka tinggalkan, cari yang lain. Kalo suka, yang kurang sregnya tinggal modif ! Jangan denger justifikasi blogger atau komentar pengunjung blog !

    Like

    • Wahh komennya panjang banget masbro :D. Sebelumnya,thanks udah mau sempetin comment di blog sederhana ini. Kalau soal itu,namanya manusia mah gak bakal seluruhnya baik,ga bakal seluruhnya jahat bro. Jadi kita aja yang menyesuaikan mau jadi gimananya.. Saya setuju,kalau sebenarnya pabrikan sudah mau memfasilitasi masyarakat dengan line up motornya,dan mereka juga kan nggak sempurna.. Betul bro,Indonesia memang sarangnya modifikasi otomotif,turut bangga jadi orang Indonesia :). Thanks udah mammpir sekali lagi bro 🙂

      Like

  4. Pingback: Another ‘S Gen’ Story,Supra X 150 Pakai Mesin Sonic? | Indoride.com

  5. Pingback: Beda 200 Ribuan,Pilih Yamaha Aerox 125LC Atau Yamaha Jupiter MX 150? | Indoride.com

  6. Pingback: Indoride.com

  7. Pingback: Ini Dia Tampang Honda Winner 150 Alias Supra X 150,Siap Tantang Langsung MX King!! | Indoride.com

  8. ban depan memang kecil untuk kelincahan, beda dengan motor batangan ban depan besar beda shock. moto gp juga begitu untuk keseimbangan dan kecepatan. mx king ban besar untuk menepak dijalan biar nepak dijalan. karena tenaga mesin/aklarasi yang kencang agar tidak slip

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s