Kuliner : Pecel Lele Sambal Terasi Enak Buatan Sendiri,Bikin Makan Siang Jadi Makin Mantap!

Ini dia tersangkanya...

ARblog – Assalamualaikum brosist,apa kabar nih? Semoga selalu sehat dan semangat ya..

Lele? wkwkwk bukan nyang inih gan XD
Lele? wkwkwk bukan nyang inih gan XD
Ini dia tersangkanya...
Ini dia tersangkanya…

Libur panjang yang tak berkesudahan ini membuat saya jadi menelurkan banyak kreasi XD. Daripada dirumah tidak ada kerjaan dan ngelamun serta browsing aja,mending berkreasi sesuai dengan keinginan masing-masing. Nah,kebetulan saya mencari kesibukan dengan cara memasak! Ya,saya lumayan senang untuk berkreasi pada masakan,walaupun terkadang ada gagalnya juga sih :D.

Sebenarnya sudah cukup lama saya ingin menulis tentang artikel kuliner. Hal ini juga didukung dengan kegemaran saya yaitu makan dan mencari makanan enak di seantero Depok-Jkt XD. Akhirnya kesampaian juga menulis artikel tentang makanan. Sekarang,kita DIY-an dulu deh,alias Do It Yourself! Okeh,langsung mulai aja yak,kebanyakan cing-cong nih ane :lol:.

Pecel Lele! Siapa sih yang nggak tau makanan yang super duper enak ini?? Pasti pada tau dong,karena selain rasa ikan lele yang gurih,sambal terasinya yang pedas dan juga hot (berbeda rasanya masing-masing penjual),dipadu dengan nasi hangat dan lalapan,bah! Bikin lidah goyang-goyang sendiri rasanya XD. Tapi,agak sulit menemukan pecel lele di siang hari,karena memang pecel lele ini termasuk kuliner yang rata-rata disajikan pada malam hari alias makanan nokturnal wkwkwk xD.

Atas dasar kecintaan saya kepada pecel lele ini (hayah XD),membuat saya akhirnya berinisiatif membuatnya sendiri. Karena selain membuatnya mudah,membuat makanan kita sendiri juga pastinya terbebas dari bahan-bahan makanan berbahaya yang sekarang sedang menghantui Indonesia tercinta ini,pastinya serem kan kalau ada bahan-bahan kimia berbahaya didalam tubuh kita,bikin tubuh jadi gak sehat tuh! Nah,sayapun berbelanja sendiri bahan-bahannya dipasar,kurang lebih inilah bahan-bahan yang akan diperlukan saat memasak pecel lele DIY ini. . .

Bahan & Bumbu Lele Goreng :

1. Ikan Lele segar (sesuai kebutuhan maunya berapa,saya 2 saja ukuran kecil cukup XD)

Buat makan sekeluarga gan :D
Buat makan sekeluarga gan 😀

2. Air matang,sedikit (untuk mencampur bumbu)
3. Garam (1/2 sendok makan)

Jpeg
4. Cuka (1/2 sendok makan)

Cuka
Cuka

5. Jeruk Nipis (secukupnya)

Cuka
Cuka

6. Bawang putih (optional,karena dengan garam+cuka dan jeruk nipis saja sudah enak kok)

Sambal Terasi :

Bahan-bahan sambalnya..
Bahan-bahan sambalnya..

1. Cabai Merah Keriting (6 potong,disesuaikan bagi yang suka pedas)
2. Cabai Rawit Merah (4 buah,disesuaikan juga bagi yang suka pedas)
3. Cabai-cabaian (ini gak perlu,malah bikin dosa nanti XD)
4. Tomat (1/2 buah)
5. Terasi (disesuaikan,takaran normal 1/2 ukuran telunjuk manusia)
6. Bawang Merah (3 siung ukuran kecil)
7. Bawang Putih (1 siung ukuran kecil)
8. Garam (1/4 sendok makan)
9. Gula (1/2 sendok makan)

Cara Pembuatan :

Menggoreng lele…

1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang,minyak jangan terlalu penuh agar tidak lama matangnya
2. Masukkan lele saat minyak sedang panas
3. Goreng lele hingga kerenyahan yang diinginkan.. (misal tidak suka kering,jangan terlalu lama menggorengnya)
4. Tiriskan..

Membuat Sambal Terasi Enak…

1. Panaskan minyak di penggorengan
2. Masukkan Cabai merah keriting,cabai rawit merah,bawang merah,bawang putih dan tomat ke dalam penggorengan yang panas
3. Tunggu sekitar 2 menit,tiriskan semua bahan tadi dan masukkan ke dalam cobek
4. Campur bahan yang telah digoreng tadi dengan garam,gula dan terasi yang telah disiapkan
5. Giling semua bahan tersebut hingga halus
6. Sambal siap untuk disantap dengan ikan lele goreng selagi hangat..

Nah,bagi yang kurang suka dengan ikan lele,resep sambalnya bisa ditiru untuk dimakan dengan ikan lainnya seperti ikan mas,ikan nila,ikan bawal,bahkan dengan ayam goreng sekalipun. Dijamin resep dari mama saya ini enak untuk disajikan di siang hari untuk makan siang bareng keluarga.. (jika anggota keluarga banyak,silahkan ditambahkan penggunaan bahan-bahannya tersebut) Jangan lupa juga dengan lalapan plus teh hangat yang semakin membuat santap siang menjadi lebih asik dan enak! (saking enaknya,sampe kelupaan foto sambelnya XD)

Jpeg

Gimana brosist?? Kira-kira mudah kan tuh membuatnya? Silahkan dicoba,lumayan kan kalau lagi malas membeli makanan diluar dan ingin mencoba tips mudah dari saya ini. Semoga berguna ya brosist :D. Salam pecinta kuliner!! Hehe..

Thanks for reading and sharing,leave your comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Artikel dibawah ini gak kalah menariknya Brosist..

Advertisements

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*