Serangga Tomcat Kembali Mewabah,Berhati-hatilah Brosist!!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat siang.

image

Serangga Tomcat kembali menggemparkan warga dengan invasi massalnya ke pemukiman-pemukiman padat di beberapa kota di Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu,serangga ini menjadi musuh para warga yang terkena efek racun mereka,yaitu gatal-gatal yang lama-kelamaan menjadi warna hitam dan keluar nanah! Tentu warga sangat menghindari serangga yang satu ini.

Serangga Tomcat sebenarnya hampir sama layaknya serangga-serangga pada umumnya,yaitu memiliki tubuh beruas-ruas dan juga berkaki banyak. Yang membedakannya adalah racun yang menempel di sekujur tubuhnya,yang akan membuat rasa panas dan gatal pada bagian tubuh yang terkena bagian tubuh tomcat tersebut.

image

Serangga Tomcat atau Semut Semai bernama ilmiah Paederus littoralos,sering juga disebut Kumbang Rove,yang termasuk dalam kelompok utama hewan Arthropoda yang termasuk dalam golongan serangga kumbang. Yang menjadi masalah adalah,tomcat memiliki sayap transparan yang membuatnya mampu terbang hingga berkilo-kilometer untuk menjangkau daerah yang akan mereka singgahi.

Tomcat memiliki racun yang bernama Hemolimf. Artinya di dalam darah tomcat sendiri memang telah terkandung racun tersebut dengan tujuan untuk menjaga diri dari para predator.

image

Nah,daripada ketakutan nih,ARblog akan coba sharing cara menanggulangi serangan Tomcat yang terkena kulit nih brosist. Walau ARblog sendiri belum pernah mengalami (jangan sampai deh :D),tapi di media social dan media elektronik lainnya sudah banyak yang sharing caranya,yang pasti langsung dari pakarnya nih.. Cekidotss!

Cara menanggulangi racun Tomcat :
1. Jika melihat serangga Tomcat,segera singkirkan dengan bantuan benda lain,jangan langsung terkena oleh bagian tubuh kita.
2. Masukkan serangga Tomcat ke kantong plastik atau wadah lainnya yang sekiranya aman bagi brosist sekeluarga.
3. Jika terkena langsung oleh anggota tubuh,langsung basuh dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu,kompress menggunakan air garam hangat.
4. Jangan mengoleskan balsem,odol,atau apapun selain resep dokter agar tidak memperparah luka tersebut!

Oke,sekian sekilas info dari ARblog nih,semoga berguna bagi brosist sekalian ya.. Oiya,jangan lupa untuk selalu menjaga alam kita ini agar tetap seimbang. Karena invasi sejumlah binatang ke daerah pemukiman adalah akibat dari manusianya sendiri yang serakah mengambil lahan mereka hidup. So,jaga alammu maka alam akan menjagamu lebih baik :).

Thanks for reading and sharing,leave your comments here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Postingan menarik lainnya nih brosist :

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*