Kuliner : Membuat Martabak Tahu Untuk Berbuka Puasa,Ternyata Semudah Ini Bro!

ARblog – Assalamualaikum brosist..

image

Ilustrasi Martabak Tahu

Bulan Ramadhan memang sangat spesial bagi Umat Muslim diseluruh dunia. Selain bulan untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya,Ramadhan juga selalu membuat kangen para umat muslim yang sudah menunggunya selama setahun.

image

Satu hal yang membuat kangen adalah atmosfir Ramadhan,yakni suasana di bulan Ramadhan yang sangat berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Selain senandung-senandung ayat Al-Qur’an yang terdengar merdu dari speaker masjid sehari-harinya,brosist juga pasti merindukan makanan dan minuman saat bulan puasa nih. Memang,makanan dan minuman untuk berbuka puasa tidak harus makanan yang mewah dan banyak. Rasulullah pun menganjurkan agar tidak berlebihan dalam berbuka puasa,hanya dengan Kurma dan air putih,mungkin sudah bisa mengembalikan energi kita seperti semula.

image

Makanan khas bulan Puasa,kurma!

Nah,tapi saya yakin,brosist suka lapar mata,dengan membeli apa saja yang brosist inginkan saat siang hari. Benar ga? Ngaku deh :D. Tentu hal ini membuat kantong menjadi tifis,bahkan bisa sampai bolong kalau tidak dikontrol dengan benar. Nah agar irit,kenapa tidak membuat takjil sendiri? Hitung-hitung ngabuburit yang bermanfaat dan bisa menyenangkan keluarga tuh..

Sajian kali ini ARblog coba mengkombinasikan tahu dengan telur,dan dibentuk sedemikian rupa agar menjadi seperti martabak. Mudah,murah,dan tentunya enak dan ga perlu was-was dengan ancaman racun yang selama ini menghantui makanan goreng-gorengan.. Hehe.

Langsung aja nih,siapkan Alat beserta bahan-bahannya dulu brosist. Agar tidak riweh atau kacau,lebih baik kelompokkan bahan-bahannya dulu. Nah,berikut ini nih alat dan bahannya :

Alat :
1. Mangkuk
2. Batu penggiling
3. Sendok
4. Talenan
5. Wajan,sodet

Bahan :
image
1. Tahu cina/sutra (1 buah uk.besar)
2. Telur (1 buah)
image
3. Kulit Lumpia
image
4. Bawang Putih (1,5 siung untuk 10 buah)
image
5. Garam (1/2 sdt)
image
6. Penyedap rasa (1/4 sdt)
image
7. Daun bawang (3 batang)
8. Minyak goreng
9. Campuran (bakso,atau sosis,nugget,dll)

Cara Pembuatan :

1. Campurkan tahu sutra/tahu cina dengan telur,garam,penyedap rasa,bawang putih yang telah diiris,dan campurannya ke dalam mangkok besar yang telah disediakan.
2. Giling bawang dengan menggunakan batu penggiling agar menjadi halus. Pindahkan bawang tersebut kedalam mangkuk,aduk rata beserta semua bahan tadi.
3. Taruh adonan didalam kulit lumpia,lalu lipat kulit lumpia agar berbentuk persegi.

image

Adonan martabak tahu

4. Pastikan kulit lumpia tidak bocor,agar adonan di dalamnya tidak keluar.
5. Panaskan minyak di wajan hingga terlihat gelembung,dengan api sedang
6. Masukkan adonan martabak tahu tersebut

image

Goreng sampai matang...

7. Tiriskan saat kulit lumpia sudah berubah warna menjadi kekuningan,jangan terlalu lama agar tidak gosong.
8. Sajikan dengan bumbu kacang/saus sambal…

Ajib gak tuh resep murah mudah dan sehat ini?? Pastinya selain brosist ga lagi khawatir akan kebersihannya,makanan ini juga aman bagi kantong brosist di bulan Ramadhan ini. Karena seperti yang kita tahu,di bulan ini kebutuhan pokok kadang harganya naik tidak wajar. Nah,mending buat sendiri kan,lumayan buat menghemat guna beli baju lebaran nanti :D.

Jangan karena enak,terus makan banyak-banyak brosist. Ingat,jangan berlebihan saat berbuka puasa kalo tidak mau pingsan saat tarawih :D. Semoga berguna ya brosist.

Thanks for reading this article,please comment and share below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Advertisements

3 thoughts on “Kuliner : Membuat Martabak Tahu Untuk Berbuka Puasa,Ternyata Semudah Ini Bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s