Power Maksimal Honda All New PCX 150 Lokal Tembus 14,7 PS, Lebih Besar Dari Vario 150! Apa Rahasianya?

Honda All New PCX 150, janjinya AHM tepat nih! mulai didistribusikan bulan februari

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, setelah menunggu lebih dari sebulan untuk bisa ngerasain langsung bagaimana maxxi skuter 150cc buatan AHM ini, alhamdulillah akhirnya di hari Rabu tanggal 7 Februari kemarin, saya beserta teman-teman Blogger dan Vlogger diundang ke acara Grand Launching Honda All New PCX 150 Lokal nih bro! Yap, akhirnya bisa ngerasain langsung impresi bawa motor ini di arena test ride JIExpo yang cukup luas! Pastinya bisa dieksplor lebih banyak tentang motor ini saat dibawa riding ya masbro..

Di awal peluncurannya dulu, banyak yang berspekulasi tentang mesin Honda All New PCX 150 Lokal ini. Karena memang di waktu peluncurannya, AHM menutup sangat rapat mengenai spesifikasi mesin dan detail dari mesinnya ini. Bahkan, pria ramah yang biasa saya teror soal pertanyaan-pertanyaan motor baru yakni pak Sarwono Edhie pun menutup rapat informasi yang ada. Wah, bener-bener classified ini sih… Wajar banyak yang penasaran dan akhirnya berspekulasi, benarkah, All New PCX pakai mesin Vario?? 

Baca dulu lengkapnya :

Kabar tersirat memang kabarnya memakai basis mesin dari Vario 150, yang sebenarnya Vario 150 pun mesinnya turunan dari PCX yang ada di luar negeri sana wkwkkw.. Mungkin saja mesin Vario 150 ini dianggap inferior oleh netizen pengamat otomotif di Indonesia, karena memang spesifikasinya yang sangat sederhana ya bro. Sebut saja, mesin masih 2 Valve, SOHC, dan gak ada part penambah kecepatan di putaran atas layaknya VVA yang tersemat di NMax, Aerox, dan juga Lexi 125 itu…

Power Mesin Honda All New PCX 150 Lokal 2018, apanya yang beda?

Mesinnya apakah sama dengan Vario 150?

Jujur saja, selama sebulan lebih ini saya sangat penasaran dengan spesifikasi mesin Honda New PCX 150 Indonesia ini. Apalagi ada seorang teman saya yang mengatakan mesin PCX 150 2018 ini benar-benar baru dan gak sama kayak Vario! Walah, makin penasaran… Gak lantas percaya, setelah pembagian brosur dan saya langsung buka brosurnya… JEDER!

Mesin PCX 150 Lokal, tembus 14,7 ps tenaganya! Torsi maks 13,2 nm!

Mesin SOHC 2 Valve liquid cooled 149cc milik PCX 150 2018 ini punya output power 10,8 Kw, yang jika dikonversikan tembus 14,7 ps tuh brosist! WOW! Tentu angka ini lebih besar dari Honda PCX 150 import yang hanya punya tenaga 10 Kw alias 14 ps jika dikonversikan. Bahkan, terpaut cukup jauh bila dibandingkan dengan tenaga mesin Vario 150 yang hanya tembus 9,3 Kw alias 12,7 ps! Jiann josss!

Honda All New PCX 150 Lokal warna emas

Sedangkan untuk masalah Torsi maksimum, Honda All New PCX 150 Lokal 2018 nampaknya harus mengakui bahwa PCX import lebih digdaya dengan Torsi maks sebesar 14 Nm, berbeda dengan PCX 150 lokal yang menyentuh 13,2 Nm. Namun jika dibandingkan dengan torsi Vario 150 yang katanya mesinnya sama itu, bedanya hanya 0,4 nm. Waawww… Penasaran, apa sih yang bikin mesin PCX 150 2018 ini lebih bertenaga dari Vario 150? Simak jawaban pak Sarwono Edhie berikut ini bro!

“Jadi gini mas, banyak yang bilang memang kalau PCX 150 kita ini pakai mesin Vario 150 yang sudah ada. Sejak awal kita meluncurkan motor ini, banyak yang bilang “jangan-jangan ini Vario”, nyatanya tidak. Kalau kita lihat komponen per komponen itu banyak sekali yang berbeda. mulai dari Pistonnya beda, kemudian crankshaftnya beda, crankcasenya beda, radiatornya beda, air cleanernya beda, jadi sebetulnya ini mesin generasi baru.

Saya kembali meluncurkan pertanyaan. Apakah basis mesinnya sama? Pak Edhie pun menyanggah dengan menjelaskan hal berikut :

“Tidak mas, bisa dibilang motor ini memakai mesin 150cc generasi terbaru. jadi, bore x stroke memang sama, tapi isinya mayoritas berbeda. Soal naiknya tenaga, kami belajar dari motor-motor yang ada sebelumnya. Motor ini kami buat (air cleanernya) jadi lebih besar, kemudian setting ECM juga tentunya berbeda. Rasio gigi juga berbeda…”

Nah, bro, jadi itulah penjelasan pak Edhie saat sesi tanya jawab kemarin. Sudah jelas tho ya, bahwa mesin PCX terbaru ini adalah mesin 150cc generasi terbaru yang didevelop oleh AHM untuk memuaskan konsumen mereka. Perbedaan ada banyak tuh bro dari segi mesin… Saya percaya sih sumbangsih ECM dan CVT dan rasio gear menjadi yang terbesar di kenaikan power mencapai 14,7 PS ini. Namun, sepertinya Torsi yang dikorbankan ya bro… Tapi selama pengetesan saya gak merasa kesusahan dengan torsinya. Ngisi aja tuh, dengan beban saya yang diatas sekuintal pastinya…

Langsung penasaran pengen geber!

Buat yang penasaran nonton video test ride IndoRide.com PCX150 2018 di Youtube yuk!

Oke deh bro, enaknya sih ada sesi bedah mesin nih ya biar bisa compared langsung. Ditunggu deh buat sesi bedah mesin PCX nya nih AHM! :D. Jadi kepo sama dalemannya.. hehee.. liat dulu yuk!

 

Spesifikasi Honda All New PCX 150 Lokal 2018

Sip deh yak, buat yang kepo semoga tercerahkan, buat yang mau beli semoga bisa dapet referensi baru… Buat yang gak mau beli, yasudah dijadikan info saja.. Buat yang udah ngebet beli, udah demen motornya tapi duitnya gak ada? Rasain… Kita sama!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*