Kuliah Khusus Belah Mesin dan Teknologi Honda CBR250RR Bareng Blogger! Seru dan Edukatif

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Honda CBR250RR, apa yang brosist pikirkan?

Brosist, apa yang langsung brosist pikirin saat saya nyebut kata Honda CBR250RR? Mungkin ada beberapa anggapan bagi brosist tentang motor 250cc 2 silinder yang sudah dilaunching AHM sejak setahun lalu ini. Kalau saya sih mikirnya, motor ini saat ini menjadi motor 250cc modern yang terkencang dan paling kaya fitur di kelasnya, serta desain yang menurut saya paling modern di kelasnya! Maklum dah, namanya juga motor yang paling baru dilaunchingnya, pasti harus lebih advanced dong. Hehehe..

Saat ini motor 250cc tercanggih ada di foto ini hehee

Nahh, kebetulan banget bro, saya yang udah pernah bawa Honda CBR250RR ini selama beberapa hari memang cukup dibuat penasaran sama “daleman” mesinnya. Dengan cc yang relatif sama dengan kompetitor, apa sih yang bikin motor ini punya power paling besar? Apa ada perbedaan di sektor mesin atau lainnya? Kebetulan bener nih! Kemarin sabtu, tanggal 7 Oktober 2017, saya diajak oleh PT. AHM buat “Kuliah umum bedah mesin” Honda CBR250RR! Ayeeehhh!!!

Foto dulu sama temen-temen sebelum mumet! wkwkwk

Seneng banget! Walaupun saya sehari-harinya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, tapi tetep aja yang namanya hobi motor itu ada hubungannya dengan mesin, jadi saya suka mesin! Hahahh.. Walaupun memang gak paham sih kalau dijelasinn juga. Hahahha..

Ternyata, jebule, rupanya, ada sekitar 20 blogger dari berbagai daerah dan kota nongol di AHTC Sunter buat sama sama bedah motor ini masbro! Seperti ada lek Joe Motoblast dari bali, terus ada om Budi santoso cahbrogo, ada om Imam Maskurmambang dan ada mang asep dari Tasik serta beberapa blogger lain yang berasal dari luar kota. Wuih rame!

Nyampe sana, pagi langsung merapat ke ruang sarapan AHTC dan nyobain makan mie kangkung si jangkung. Jian wenak e pol masbro! Sayang gak ada fotonya.

Pak Nyoman memberikan sambutan

Nah, dimulai deh tuh yang namanya kuliah umum hari sabtu ini bro. Langsung masuk ke ruangan Argopuro AHTC Sunter, kami disambut oleh pak Sarwono Edi dan pak Hendro selaku orang Teknik dari AHM yang udah ngelotok banget masalah ginian bro. Wah sip deh! Bisa tanya jawab maksimal ini sih.. Lanjut aja yak bro..

Pura pura ngerti wkwkkw

Honda CBR250RR memang jadi sangat spesial di mata para penggemar motor sport 250cc zaman now. Banyak yang akhirnya menjatuhkan hati kepada si Chibie RR ini. Alasannya antara lain, fitur-fiturnya yang memang sudah mewakili keinginan mereka untuk disematkan di motor 250cc. Fiturnya antara lain Throttle by Wire yang ternyata fitur yang sama dipakai di Honda CBR1000RR dan CRF1000L Africa Twin, lalu suspensi upside down yang lebih stabil buat kecepatan tinggi, desain yang cantik dan 3 riding mode yang canggih bikin motor ini disenengin sama para penggemar sport pemulai. Mesin short stroke big bore yang sanggup meraung hingga 14.000 rpm tentu jadi sensasi tersendiri buat para pecintanya nih bro! Nah, saya ceritakan dikit yah ilmu yang saya dapetin saat kuliah umum kemarin…

Throttle by Wire dan suspensi Upside Downnya, jadi fitur spesial!

Upside down dan TBW memang spesial!

Throttle by Wire ini seperti yang udah saya bilang diatas, adalah fitur yang ternyata dipakai di Honda CBR1000RR, CRF1000L Africa Twin, dan motor MotoGP Honda RCV213 bro! Tentu saja TBW ini jadi fitur unggulan, karena memang banyak pula moge Honda yang belum pakai TBW. Jawabannya sederhana, AHM pengen CBR250RR ini jadi trendsetter dan paling canggih dikelasnya! Selain itu, penggunaan TBW juga bikin tarikan gas jadi lebih nyaman, dan pastinya lebih presisi nih broo..

Upside Down juga menjadi fitur yang spesial pada Honda CBR250RR, karena dengan penggunaan suspensi upside down bikin handling jadi lebih stabil. Makin asik deh saat dipakai di tikungan… Tikungan sirkuit aja yah bro, jangan di monasco, buahayaa!

Mesinnya presisi, ringkas, canggih, gak bisa sembarang bongkar!

Mesin Honda CBR250RR, mungil ya? Ga bisa sembarangan bongkarnya niH!

Nah, ini info bagi para modifikator atau para pengoprek mesin nih bro! Mesin CBR250RR ini memang canggih dan sangat presisi. Dibuatnya pun khusus di plant 5 AHM dimana perakitan di tempat yang tertutup dan ber AC, so ruangan steril dan ga ada kontaminasi lain dari luar. Maka dari itu, hasilnya adalah mesin yang presisi dan pas!

Bagian daleman mesin dan bearing-bearing metal dari Honda CBR250RR

Mesin CBR250RR juga sudah pakai metal bearing pada crankcasenya. Metal bearing ini adalah teknologi baru yang ada di motor, yang membuat motor jadi lebih halus getarannya dan kerapatannya jadi lebih presisi. Mengukurnya juga ga bisa sembarangan bro, ada alat semacam plastik yang mirip dengan bihun, untuk mengukur gap dari metal bearing ini. Dan untuk part-part yang saling berkaitan pun ada kodenya tuh bro, harus berpasangan, ga bisa enggak! Jadi harus beli berpasang-pasangan sesuai dengan kode yang ada hehe..

Piston Honda CBR250RR, si imut ini yang bikin tenaga si Chibi meledak-ledak di putaran atas!

Oh iya, gak bisa sembarangan bongkar nih bro, seandainyapun mau dibongkar, pastikan brosist memakai torsi untuk memastikan rapatnya celah yang ada. Kalau enggak, bisa mengganggu kepresisian dari metal bearing tersebut, yang lama-lama bisa berakibat performa jadi gak maksimal lagi, atau bahkan kebocoran di berbagai sisi.. Hii.. Untuk lengkapnya tentang metal bearing nanti saya jelaskan di lain artikel yah bro hehe..

Itu posisi pompa olinya bro, maap ngeblur kkwkw

Nah, posisi pompa oli juga berpengaruh bikin mesin sang CBR250RR jadi terlihat lebih kompak dan ramping. Setengah bagian dari rumah pompa oli sudah berada paten di dalam mesin tepatnya dibawah crankcase. Jadi bikin mesin jadi lebih ringkas bro! Ukurannya jadi setara mesin 250cc 1 silindernya Honda tuh.. Wuihh!

Downdraft Air Intake, bikin pernafasan makin mantap dan efisien!

Proses masuknya angin dari moncong fairing ke dalam air intake juga diperhatikan betul nih bro sama Honda. Dengan menggunakan downdraft air intake layaknya di moge-moge Honda, pernafasan tentu jadi lebih plong dan lebih efisien, karena angin langsung masuk lewat depan dan menuju vertikal langsung masuk ke intake. Akan berbeda hasilnya dengan yang berbentuk horizontal nih brosist..

Knalpotnya gak kalah spesial, berikan tenaga dan suara maksimal!

Bagian dalam knalpot Honda CBR250RR saat dibelah…

Walau banyak yang gak suka sama bentuk knalpot original CBR250RR yang bertumpuk itu, tapi saya yakin sejak awal knalpot ini dibuat untuk orientasi performa bro. Ada dua lubang yang masing-masing berbeda efeknya bagi suara serta performa dari CBR250RR. Setelah ngobrol-ngobrol dengan pak Edi, knalpot CBR250RR ini ternyata memang dibuat untuk mengejar torsi yang padat di berbagai rentang putaran, serta suara raungan yang racy walaupun gak sekencang suara knalpot racing! Serak serak basah seksi gitu deh bro…

Adanya riding mode, paling canggih dikelasnya!

Riding mode pada CBR250RR ini memang menarik banget masbro! Fitur ini bikin Honda CBR250RR menjadi motor 250cc pertama di Indonesia yang pakai riding mode layaknya moge.. Wuih. Walau banyak yang bilang riding mode ini useless buat motor 250cc dan rasanya terlalu “mewah”, tapi yang saya rasakan justru sebaliknya lho bro! Riding mode ini bener-bener berguna buat rider, apalagi buat rider motor sport pemula kayak saya.. Nih udah pernah saya tulis di artikel ini…

Nah… Itu dulu aja deh ya bro! Nanti lengkapnya saya tulis di lain artikel. Soalnya bakal kepanjangan kalau nulisnya disini juga wkwkkw.. Pokoknya terimakasih banyak buat PT. AHM atas undangannya yang sangat seru dan edukatif ini! Alhamdulillah jadi lebih banyak tau tentang mesin CBR250RR.. Untuk video daleman mesinnya ditunggu aja ya bro! Lagi disiapkan..

Berikut ini foto fotonya saat acara broo, cekidotsssss…

Foto dulu sama temen-temen sebelum mumet! wkwkwk

Bagian dalam knalpot Honda CBR250RR saat dibelah…

Piston Honda CBR250RR, si imut ini yang bikin tenaga si Chibi meledak-ledak di putaran atas!

Bagian daleman mesin dan bearing-bearing metal dari Honda CBR250RR

Mesin Honda CBR250RR, mungil ya? Ga bisa sembarangan bongkarnya niH!

Buku panduannya!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

2 thoughts on “Kuliah Khusus Belah Mesin dan Teknologi Honda CBR250RR Bareng Blogger! Seru dan Edukatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s