First Impression Review ; Suzuki Intruder 150 India, Foto Memang Menipu!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, pengen cerita dikit nih mengenai jalan-jalan kerjo saya di hari Minggu tanggal 27 Mei kemarin. Kebetulan saya dan temen-temen Blogger diundang untuk menghadiri prosesi Perilisan Resmi Suzuki Nex II dan penyerahan Suzuki Nex II ke pemilik pertamanya! Nahh, di Booth Suzuki yang besar dan tepat berada di tengah setelah pintu masuk ini, banyak hal menarik yang bisa kita eksplor bro! Terutama ada 2 produk India yang diboyong Suzuki kemari untuk ngetes pasar… ini dia Suzuki Intruder 150 India !

Baca juga :

Akhirnya ketemu langsung sama sosoknya untuk menghilangkan penasaran, setelah tahun 2017 lalu sosoknya dirilis ke publik India. Banyak yang berspekulasi, ah ini motor aneh! Cruiser kok nanggung, kaki-kakinya kecil dan sebagainya.. Apalagi, banyak yang bilang kalo motor ini gak cocok diboyong ke Indonesia! Walah, benarkah seperti itu? Sayapun melakukan pembuktian. benarkah Intruder 150 ini seperti yang dijudge oleh netizen Indonesia?

First Impression Review Suzuki Intruder 150, ternyata foto bisa menipu!

Pertama lihat sosoknya, jujur saja cukup WOW. Buat saya yang gak biasa liat motor gede besar ala cruiser bike, lihat Intruder 150 ini berasa besar dan puanjang. Teman-teman lain juga mengamini apa yang saya lihat. Masuk dengan segment Cruiser bike entry level, tentunya cukup menarik dengan dimensinya yang besar dan berasa bawa moge. Begitu pula saat saya coba naiki, baik sendiri maupun berboncengan. Saat dinaiki sendiri, ternyata tongkrongannya nyaman banget dan keren banget buat badan tinggi besar kayak saya! Hadeehhh, dasar selera tua nih! Wkwkwk..

Lalu beralih ke detailnya, saya penasaran dengan bodynya yang besar dan kelihatan lebar. Ternyata, Suzuki Intruder 150 ini memakai bahan plastik yang luar biasa banyak dan gede-gede, pantes dimensinya juga keliatan gede. Wkwkw.. Tentunya, dengan kualitas plastik, cat, serta finishing khas Suzuki yang gak akan mengecewakan deh. Plastiknya tebal, catnya pun tebal dan kinclong, serta finishingnya oke lah. Cukup banget buat mesin 150cc non radiator dengan power hanya 14hp-an, mau ngarep pake plat? Bakal susah lari dah tuh!

Body besar, lebar, dan penuh plastik tebal!

Dari segi desain sendiri, pas dilihat langsung kok ternyata gak kayak yang diomongin netizen kok! Walau memang desain soal selera ya brosist.. Tapi Suzuki Intruder 150 seperti ingin membawa tren sendiri, karena desainnya gak bisa dibilang klasik banget, tapi juga gak modern banget! Bisa dilihat dari bentuk headlamp yang membulat dan “maju” kedepan, serta desain body yang ada sisi tajam-tajamnya gitu.. Apa nama genrenya ya? Cruiser Semi-Modern? wkwkw..

Balik lagi dari sisi depan, ada beberapa hal yang menurut saya menarik. Yakni penempatan posisi kunci kontak yang menurut saya gak lazim. di atas headlamp! Hmm, ini unik tapi agak aneh juga sih, kebayang dong kalo brosist pake gantungan kunci yang agak berat? Bakal ngegetok-getok headlamp dah tuh. Nah dari sisi depan, untuk speedometernya tetap pakai speedometer motor Suzuki jaman sekarang, yang common parts dengan speedonya GSX150 serta Satria FI. Yang bikin gagah lagi, tentu dengan adanya Suspensi depan 41mm yang sama dengan ukuran shock depan si Edward Byson. Jadi standar motor touring/cruiser di India kalo soal shock sih.. Nyaman kalo udah bicara shock diatas 40mm mahh!

Speedo pake punya GSX150 dan satria FI, yang unik posisi kunci kontak kok diatas headlamp? Wkwkw

Dari area tengah, kesan cruiser nyamannya gak dibuang. Posisi jok rendah dengan profil tebal membuat duduk jadi nyaman. Lanjut ke bagian belakang, buritan landai yang sekilas mirip sama buritannya Suzuki Hayabusa emang unik, tapi yaa debatable lah, gak semua orang suka. Yang keren lagi adalah bagian knalpotnya, yang bercabang dua dan besar seperti knalpot Moge. Udah oke dah ya. Gahar!

Mesinnya gimana? Soal mesin saya rasa karakternya hampir sama kayak mesin CB150 Verza, Byson FI, dan kawan-kawannya.. Mesin 154cc SOHC 2 Valve berpendingin udara dan Injeksi, bisa ditebak bakal mayan oke torsinya, namun cukup kecekek di putaran atas. Cocok lah untuk karakter motor kayak gini. Yang unik, kok olinya cuma 850cc yak?

Soal velg, justru ini yang jadi permasalahan utama kalo menurut saya! Seandainya pakai velg yang lebih lebar dan rim lebih besar, dengan ban profil tebal tentunya bakal lebih sangar tongkrongannya. Seperti gambar bikinan lek Ari CXrider dibawah ini..

Nah, keren kan tuh? Terus, layakkah Intruder 150 dijual di Indonesia? Menurut saya sih jangan dah. Model gini mungkin dibuat Suzuki untuk pasar India, serta timur tengah sana. Selera orang Indonesia saat ini lebih suka yang modis dan serba tajam. Mungkin ada yang beli, namun pasarnya sedikit. Kalo buat saya pribadi, mending sekalian bikin naked sport klasik tulen sekalian, dengan mesin GSX150. Bakal GURIH bener dah! Apalagi, pasar motor Klasik di Indonesia lagi besar banget! Hmm, halo Suzuki?

Soal selera lah yaa!

Gimana menurut brosist? Mending dimasukinatau nggak? Komen yukk!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*