Tips n Trick Mudik : Tertidur Tapi Tetap Melek? Awas Bahaya Micro Sleep! Berikut Cara Mengatasinya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, gak kerasa, 6 hari lagi kita menyambut hari kemenangan, hari yang ditunggu-tunggu kedatangannya setelah 30 hari penuh menjalani ibadah puasa. Tradisi yang gak pernah hilang di Indonesia adalah tradisi mudik, alias balik kampung! Dimana di momen lebaran ini, kita diberikan waktu libur untuk berkunjung ke sanak saudara dan orangtua di kampung halaman tercinta.. Mantap yaa! Tapi, jangan sampai acara mudik/silaturahmi bareng keluarga di kampung kacau karena masalah sepele, yang bahkan bisa menghilangkan nyawa kita! Hah.. ngeri!

Mudik naik kendaraan pribadi memang lebih asik!

Yap brosist, di jalan apa saja bisa terjadi, terutama buat brosist yang biasa bawa kendaraan untuk mudik. Memang mudik dengan kendaraan pribadi ini menyenangkan karena fleksibel dan tentu lebih irit. Namun ada bahaya mengancam nih brosist, bahaya ini yang kadang kurang diantisipasi dan bisa menjadi penyebab kecelakaan utama… Pernahkah brosist merasa sangat lelah namun tetap memaksakan perjalanan? Efeknya, bisa saja brosist sangat lelah dan tertidur sejenak di jalan! Yang parah lagi, brosist merasa masih melek tapi sebenernya tidur! Kok bisa yak?

Awas, bahaya laten Micro Sleep!
pict Google

Yap brosist, inilah namanya Micro Sleep, keadaan dimana tubuh merasa sangat lelah dan dipaksakan, dan brosist merasa masih segar namun ternyata tertidur beberapa saat dalam hitungan detik. Terjadi karena otak kita kelelahan, namun tubuh berusaha “melawan” dan terjadilah micro sleep ini… JElas berbahaya! Apalagi jika brosist sedang membawa kendaraan pribadi, dengan kecepatan konstan 60km/jam pun impactnya bisa sangat parah lho! Ngeri…

Apa Itu Micro Sleep? 

Awas!

“Microsleep tidak seperti tidur biasa, karena microsleep adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Kejadian microsleep pada umumnya hanya berlangsung sekitar satu detik hingga dua menit, namun durasi tersebut dapat bertambah lama jika seseorang benar-benar memasuki kondisi tidur. Microsleep sering terjadi saat seseorang melakukan pekerjaan yang monoton seperti berkendara atau menatap layar dalam waktu yang lama.

Kemarin kejadian pas bawa si Edward, Byson! Ngeri kalo diinget inget

Seseorang yang mengalami microsleep tidak menyadari jika dirinya tertidur atau akan memasuki kondisi tidur, kondisi ini juga dapat terjadi dengan mata terbuka dengan pandangan kosong. Microsleep juga ditandai dengan gerakan kepala seperti mengangguk dan mengedipkan mata yang terlalu sering serta tidak dapat mengingat hal yang terjadi satu pada beberapa menit sebelumnya. Setelah tertidur, seseorang yang mengalami microsleep sering terbangun dengan perasaan lebih segar dalam waktu yang singkat. ” (Hellosehat.com)

Bahaya Laten Micro Sleep, jangan sampe kena! Menidng istirahat!
Pict Zonabikers

Dari penjelasan diatas, jelas microsleep ini berbahaya ya brosist, dimana tubuh melawan otak yang sudah lellah dan butuh istirahat. Biasanya microsleep terjadi saat kita melakukan hal-hal monoton dalam waktu cukup lama seperti berkendara atau menatap sesuatu. Hal ini terjadi baru saja kepada saya 2 hari lewat, dimana badan terasa capek namun harus cepat sampai rumah. Alhasil kurang lebih semenit motor auto pilot di Jl, Raya Bogor! Alhamdulillahnya, segera sadar karena dengar klakson kencang, dan keadaan jalanan sedang gak begitu ramai… Sangat berbahaya dan resiko membunuh nih brosist.. Innalillahi! Gimana cara menanggulanginya?

Cara Mengatasi Micro Sleep!

Gak ada cara lain, ISTIRAHAT! Yap, ketika merasa sangat ngantuk dan lelah, usahakan cari tempat menepi untuk sekedar menenangkan otak, atau kalau bisa rebahan dan tidur selama beberapa waktu. Mengantuk adalah musuh utama penegndara, karena ketika kita lengah sedikit saja, mungkin lain cerita kedepannya! Makanya, gak ada cara lain, untuk menanggulangi gejala Micro Sleep ini selain istirahat sejenak.. Yang pasti, jangan sampai kurang tidur sebelum berkendara!

Apalagi, sekarang lagi musim mudik, buat brosist yang membawa kendaraan pribadi pastinya akan menemukan kondisi jalanan yang lurus dan panjang sehingga kemungkinan kehilangan konsentrasi karena kelelahan bisa terjadi. 2 Detik saja mungkin bisa berbeda hasilnya, jangan sampai dehh!

Hati-hati ya brosist, bahaya micro sleep. Mending istirahat daripada kejadiannya lain…

Tips mudik dari IndoRide.com, ketika lelah, minggirlah. Apalagi brosist yang bawa kendaraan Roda 4 bisa dengan mudah memarkirkan kendaraan semisal di pelataran rest area/masjid. Tidur sejenak, 30menit-2 jam bisa secara signifikan menghilangkan lelah lho brosist! Pastikan hidrasi cukup, jika berpuasa, saat sahur makan dan minumlah makanan secukupnya yang sekiranya dapat bertahan hingga buka puasa… Tips ini pernah IndoRide pakai saat driving nonstop menuju Sumatera Barat 2 tahun lalu, walau pakai mobil sih.. Hehe.. Setidaknya, jangan sampai kita mengalami Micro Sleep ya brosist! Mending Macro Sleep alias tidur beneran aja deh, biar aman!

Oke brosist, sekian dulu yah, sekali lagi jaga betul badan kita supaya tetap fit dan mantap dibawa riding/driving. Jangan sampai karena tertidur dalam waktu detik, cerita kedepannya akan lain. Amit-amit, semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah SWT. agar sampai kampung dengan selamat dan sehat ya brosist! InsyaAllah, niat baik akan baik pula hasilnya, amiinn!

info didapat dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/waspada-bahaya-microsleep-ketiduran-singkat-beberapa-detik/ dan dari pengalaman pribadi…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*