KTM Super Duke 1290 GT MY 2019, Sport Tourer Nyentrik Yang “Ready To Race”! Bengis!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, udah lama gak bahas moge, kayaknya asik nih bahas moge lagi setelah sekian lama hehe.. Kali ini spesial mau bahas moge dari pabrikan KTM ah! Siapa yang gak kenal merk KTM? Buat brosist para pengamat dunia otomotif terutama roda dua pasti tau deh pabrikan yang satu ini. Berasal dari Austria, KTM konsisten menghadirkan motor motor keren dengan desain yang out of the box! Gokillll… KTM juga mempunyai line up motor yang cukup banyak brosist, dari cc terkecil yakni KTM Duke 200 hingga cc terbesarnya yakni KTM Super Duke 1290 series yang meruntuhkan dominasi Hyperbike di kelasnya, lewat desain nyentrik dan mesin yang powerful!

Baca juga;

KTM Duke-Series,Unleash the Beast!

Bisa dilihat dari karakter motornya yang unik dan nyentrik yang memang menjadi ciri khas dari pabrikan yang satu ini. Yuk bahas sedikit mengenai sejarah pabrikan KTM ini bro!!

KTM didirikan pada tahun 1934 oleh Hans Trunkenpolz, awalnya dikenal sebagai Kraftfahrzeuge Trunkenpolz. Perusahaan tersebut sebenarnya adalah sebuah toko Metalworking (metalworking adalah proses bekerja dengan logam untuk membuat bagian-bagian individu, rakitan, atau struktur skala besar). Dengan metalworking saja, penjualan mereka rendah dan mengecewakan, Pemilik memutuskan untuk memulai pembuatan sepeda motor pertamanya pada tahun 1951 yang dikenal dengan seri R100 bermesin 98cc pertamanya.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1953, seorang pengusaha Austria bernama Ernst Kronreif membeli sebagian besar dari perusahaan tersebut dan berganti nama menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen yang disingkat menjadi KTM. Semenjak itu, KTM menjadi semakin gencar untuk membuat sepeda motor kencang nan efisien. Diantaranya KTM membuat sepeda motor enduro dan motorcross untuk off-road, serta sempat membuat motor balap 125 cc untuk ajang MotoGP 125 cc pada tahun 2000an silam. Hingga muaranya, di tahun 2018 ini KTM resmi memperkenalkan KTM Super Duke 1290 GT di ajang Intermot 2018, sebagai penerus KTM Super Duke 1290 sebelumnya!

Intermot 2018 merupakan sebuah pameran otomotif yang spesial bagi KTM. Bagaimana tidak, pada event tersebut KTM meluncurkan motor touring barunya yang identik dengan saudaranya, KTM 1290 Super Duke R yang menjadi line up di kelas naked bike. Lewat Intermot 2018, KTM membuktikan kepada publik bahwa motor touring pun bisa dibuat se-galak motor jenis lain terutama naked bike.

Ya, sosok tersebut adalah KTM 1290 Super Duke GT, si motor touring terbaru andalan KTM. Super Duke 1290 GT nantinya akan bersaing dengan beberapa motor touring dari BMW, Triumph, Honda, dan lain sebagainya ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen, terutama konsumen yang demen banget sama motor touring bro!

Nah, buat yang penasaran emang enaknya liat langsung di pameran Intermot 2018 karena di Indonesia belum ada unitnya. Untuk melihat langsung penampakan motor keren ini, brosist bisa memesan langsung tiket maskapai KLM dan hadir di perhelatan Intermot 2018, Cologne, Jerman.

Nah kalau duitnya gak ada kayak saya, jangan pusing, liat dulu aja nih ulasannya dimari dari indoride.com!
KTM 1290 Super Duke GT pada artikel ini. Simak ulasannya di bawah!

1. Desain

Jujur aja yang pertama kali diliat dari sebuah motor pasti adalah desainnya! Ya kan? Ngaku dehh… Begitu juga saat melihat desain motor touring ini. Secara keseluruhan, motor ini memiliki desain agresif dan sporty berkat garis tegas yang terdapat pada sekujur body motor, kesan gahar sangat terasa! Mari bahas satu per satu dari bagian fascia dan headlampnya!

Menggunakan headlamp khas KTM bigbike yang serba tajam dan nyentrik, Super Duke GT kini terlihat makin bengis. Walau mempunyai kesan touring dari dimensi dan ergonominya, nampak KTM gak ingin menghilangkan kesan bengis di motor besarnya. Terbukti, Super Duke 1290 GT gak kalah sangar dengan naked bike Super Duke 1290 R!

Windshield dengan lekukannya turut membuat fascia tourer ini terlihat agresif. Melihat siluet motor dari samping, di sini akan terlihat bahwa Super Duke GT ini memiliki desain yang hampir sama dengan Super Duke R, dalam versi “lain”. Terlihat dari shroud yang menajam dan tangki berotot khas motor naked tersebut. Melirik bagian kokpit, pada bagian tersebut terdapat layar full TFT beukuran 6,5-inchi yang memberikan brosist informasi lengkap mengenai setiap hal di KTM Super Duke 1290 GT. untuk speedometer berbentuk kotak dengan layar TFT ini memang sudah dipakai juga di KTM Duke 390 2018, keren!

Layar besar ini tentu sangat memudahkan brosist dan dapat memanjakan mata. Yang unik, untuk mengesankan motor touring yang butuh space untuk membawa barang, Super Duke 1290 GT juga dibekali ruang penyimpanan untuk barang bawaan brosist di area tangki. Tak ketinggalan, USB port juga hadir untuk memudahkan brosist dalam mengisi daya gadget saat touring! Lengkap yaa…

2. Chassis

Layaknya sebuah motor KTM, frame teralis rasanya menjadi sesuatu yang wajib. warna oranye pada bagian depan ini begitu terlihat dan memberi kesan padat pada motor besar KTM ini. Terlihat sangat gagah bro!

Tak seperti frame bagian depan, frame belakang pada motor ini dilabur warna hitam. Bagian buritan motor touring ini tetap terlihat kekar layakny bagian depan berkat penggunaan swing arm besar. Walaupun desainnya tak setajam headlamp, lampu belakang tetap terlihat keren karena dilabur warna hitam, jadi terkesan simple. Begitu juga dengan ‘buntut’ pendek dan lampu sein berukuran kecil, bagian buritan jadi terkesan simple dan manis.

3. Aksesoris

Sejatinya motor touring, KTM tidak melupakan aksesoris yang bisa dikatakan wajib hadir dalam motor bergenre touring ini. Aksesoris tersebut adalah hand guard pada masing-masing sisi kemudi dan box pada sisi kanan dan kiri motor. Hand guard ini tentunya sangat berguna bagi brosist yang suka touring, akan sangat bermanfaat untuk melindungi tangan brosist dari terpaan angin maupun saat jatuh.

4. Pilihan warna

Seperti biasa, pilihan warna juga menjadi ciri khas motor motor line up KTM. KTM memasukkan unsur warna oranye yang kental dengan nuansa filosofis. Motor besar ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni putih-oranye dan hitam-oranye. Tuh kan, Pilihan warna tetap tak meninggalkan ciri khas KTM yaitu oranye, cakeppp!

5. Performa Mesin

Untuk urusan peforma, khususnya dapur pacu KTM tidak pernah main-main terhadap seluruh line up-nya termasuk Super Duke GT ini brosist. Hal tersebut tercermin dari mesin yang digunakan sport-tourer ini. Untuk masuk ke kelas Hyper-Bike yang juga diisi oleh pabrikan lain, soal mesin menjadi hal yang wajib menarik!!

Untuk menambah kebengisannya, KTM membenamkan mesin berkapasitas 1.301 cc berkonfigurasi V-Twin, dengan ledakan tenaga sebesar 175 dk. Di zaman dulu, tenaga sebesar ini mungkin hanya akan brosist bisa dapatkan di motor superbike. Sekarang, KTM mewujudkannya di sebuah motor sport-touring untuk memanjakan pecinta touring yang juga suka mesin kencang! Kebayang dong, tenaga berlimpah seperti ini untuk melibas jalur jalur tanjakan dan jalur lurus lebar saat keliling dunia? Jadi idaman semua orang deh.

Tenaga sebesar ini mudah didapat berkat penggunaan material Titanium pada katup intake dan mapping ulang sensor gas termasuk revisi pada resonator chamber.

Hebatnya lagi, Super Duke GT ini sudah dibekali dengan fitur quick shifter baik untuk menaikkan atau pun menurunkan gigi. Fitur quick shifter ini menjadi fitur yang saat ini sedang nge-hits karena dianggap punya respon tinggi layaknya motor balap.

Big power comes with good responsibility. Kata itulah yang mungkin cocok dengan motor ini. Tenaga besar harus diimbangi dengan kontrol yang baik dong ya.
Maka dari itu KTM Super Duke 1290 GT ini juga dilengkapi fitur traction control, semi active suspension yang disuplai oleh WP dengan 3 setingan berbeda yakni comfort, street dan sport. Untuk menggunakannya, brosist cukup memainkan tombol karena semua sudah diatur secara elektronik, canggih!

3. Harga
Para pembaca indoride.com penggemar naked bike pasti udah penasaran deh sama harganya. Atau, hanya seperti saya cuma bisa memuji tanpa bisa memiliki? Wkwkwk.. tenang ajaa.. yang penting doa dan usaha dulu! Soal harga..

KTM 1290 Super Duke GT ini masih dalam tahap perkenalan, artinya belum secara resmi diluncurkan. Namun menurut kabar yang beredar, KTM baru akan mengumumkan harga resmi untuk motor touringnya ini pada April 2019 mendatang. Sama dengan harga, peluncuran motor ini di tanah air juga belum jelas. Yahh.. harus sabar bener dah ya kalo emang mau memiliki motor ini..

Mesin V-Twin 1300cc? TORSI GOKIL!

Brosist tertarik? Pantengin terus aja dah ya blog indoride.com supaya tau update terbaru dari motor ini. Atau cuma bisa liat liat kayak saya? Hiksss.. ya ga ada masalah, yang penting tau infonya hehe..

*Sumber foto : Google.com, motorcyclenews.com, ktm.com

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*