Motor Trail Listrik Honda CR Electric Resmi Diperkenalkan! Woh, Trabasan Buat Masa Depan!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, asli seru banget nih nyimak perkembangan berita mengenai Electric Vehicle (EV), menyambut tahun 2019 beberapa pabrikan besar berlomba untuk membuat motor dengan tenaga listrik, hal ini sebagai pembuktian dan juga sebagai sambutan terhadap masuknya era baru otomotif yakni era kendaraan listrik, yang dipercaya akan mendominasi beberapa tahun lagi menggantikan kendaraan gasoline! Kita tahu beberapa brand besar yang konsisten membuat electric vehicle seperti Zero Motors serta Tesla yang sukses memasarkan dan menjual unitnya ke seluruh dunia! Bahkan, Honda juga telah memulai era baru motor bertenaga listrik ini sejak meluncurkan Honda PCX Electric bulan januari lalu!! Tidak cukup sampai disitu, sebagai pabrikan yang penuh dengan inovasi, akhirnya Honda secara resmi memperkenalkan Honda CR Electric, motor trail bermesin listrik dari Honda!! Cakeepp!

Hari ini, Honda resmi memperkenalkan motor listrik bergenre trail atau dual purpose dengan mesin listrik. Honda CR Electric namanya. Motor yang diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2019 ini membawa bentuk serta desain yang sangat erat dengan CRF versi mesin bensin. Lihat saja, cek di sasis yang menganut sasis delta… eh maksudnya, twin spar aluminium! Namun, yang terasa asing bagi kita tentu yang mengisi dibawah rangka. Yap, mesin bensin dilengserkan, diganti dengan mesin listrik yang terlihat padat lengkap dengan cover engine serta pelindungnya!

Bisa dilihat juga dari swingarm yang sepertinya memakai bahan aluminium, khas motor trail untuk proffesional purpose! Gagah bener… Oh ya, Honda CR Electric ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak rantai dan gir seperti layaknya tipe bensin. Yang beda signifikan adalah bagian atas, dimana kita gak akan menemukan tangki bensin karena dibuat rata… Gak perlu ada tangki lah! :D. Wong tinggal ngecaaas…

Kita bisa lihat lagi dari bagian depan, dimana suspensi Upside Down dengan merk Showa menempel gagah di sasis twinspar aluminium tersebut. Jadi hal yang janggal juga, karena kita gak melihat lagi mesin besar dengan radiator ataupun silinder head… Yap, dengan penggerak mesin listrik tentunya sudah gak perlu mesin dengan silinder head besar beserta sepaket radiator disana.

Secara keseluruhan desain pun, CR Electric ini persis dengan Honda CRF untuk versi kompetisi. Penggunaan velg jari-jari lebar dengan ban tahu merk Dunlop yang profilnya lebar sepertinya sudah siap untuk dibawa trabas melewati jalur yang sulit untuk dilewati motor biasa. Bodynya pun lebih ramping berkat absennya tangki bensin di bagian atas. Terlihat bahwa motor ini track oriented banget! Warna Tricolore Honda RWB makin menguatkan karakter Honda di prototype yang satu ini..

Motor hobi kok mesin listrik??

Seperti yang kita tahu, jika ada kompetisi motor cross atau trail, salah satu yang kita rindukan adalah suaranya. Entah itu suara knalpot 4 tak brong atau 2 tak yang melengking, dijamin merdu dan memorable banget. Apalagi kalau kita masuk ke dalam atmosfir trabaser, yang namanya geber-geber motor ditengah track emang paling syahduuu… Lho kok, bisa kepikiran Honda bikin Honda CR Electric ini, alias motor trail dengan mesin listrik? Suaranya ilang dong? Motor hobi mesinnya listrik? 

Nah, memang menjadi kontroversi di kalangan pehobi. Tentu kita masih ingat mengenai gagasan Moto-E GP atau motogp menggunakan motor mesin listrik, yang akhirnya gagal digelar tahun ini karena pit nya terbakar hebat beberapa waktu lalu… Saat itu, banyak yang protes mengenai esensi dari dibuatya balap memakai motor listrik. Karena sejatinya, balap yang seru adalah balap dengan raungan knalpot, bukan dengan suara zwiiing! Kalo buat motor massal sih oke bang, kalo buat hobi???

Hmm, memang masih jadi perdebatan sih, yang jelas kemungkinan besar Honda tegah bersiap untuk perubahan besar-besaran industri otomotif nantinya. Perlu diingat… bahwa motor ini masih dalam bentuk prototype! Masih dalam perkenalan.. Kita belum tahu, apakah nantinya Honda benar-benar merilis motor ini untuk track oriented atau untuk para pehobi. Atau hanya prototype.. Yang jelas sih, sepertinya butuh bertahun-tahun lagi untuk riset! Seperti Honda PCX EV yang diperkenalkan akhir 2017 lalu dan baru dirilis pada tahun 2019 awal kemarin…

Last, gimana bro? Motor hobi kok mesin listrik? Sampaikan uneg-unegmu…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*