IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, maaf nih kalau blog agak slow dan agak kurang tulisannya, sebab dari hari Jumat-Minggu tanggal 4-7 April 2019 kemarin, saya dan lebih dari 30 Blogger dan Vlogger ikut Fun Touring lagi! Siapin kopi atau cemilan deh, karena artikl ini bakal panjang khas artikel touring indoRide.com pokoknyaa hehe.. Kali ini, saya bakal cerita soal perjalanan touring pertama di tahun 2019. Touring kali ini diselenggarakan oleh PT. Astra Honda Motor, yang seperti biasa punya agenda tahunan touring Blogger Vlogger untuk menjalin silaturahmi.. Kali ini, menurut saya bener-bener spesial, karena saya untuk pertama kalinya bisa ngerasain Touring di Jawa Tengah, setelah sebelumnya cuma main di Jawa Barat aja! Kebetulan, kali ini waktunya pas dan saya bisa berangkat. Gak akan saya sia-siakan, pokoknya gasss aja!!

Tahun ini, AHM menyelenggarakan touring fun blogger-vlogger di wilayah Yogyakarta-Tawang Mangu-Karanganyar dan berakhir di Solo. Sebuah gambaran rute yang menantang saya, menantang adrenalin saya. Jadi kesempatan berharga karena akhirnya bisa naik motor di jalur Jawa Tengah. Oke deh! Udah kangen banget touring terutama naik motor Honda, karena terakhir touring bareng sama AHM itu tahun lalu, di tanggal yang sama, dan diselenggarakan kembali di tahun ini! Wih pas banget deh, diingetin Facebook kalo udah waktunya buat refreshing, touring lagi! Gasss…

Oteweeee

Singkat cerita, saya harus naik pesawat dulu untuk ke Yogyakarta. Jumat siang setelah shalat Jumat saya udah nongkrong di Bandara Soetta, bareng sama pak Didik, om Vandra MMBlog, lek Iwanbanaran, dan Den Dimas Buburayamracer! Yap, saya bareng sama blogger-vlogger yang luar biasa ini untuk datang langsung ke Yogyakarta Istimewa. Ashiaaapp.. Kami naik pesawat Boeing 737 Max 8… Gak deh, maksudnya naik pesawat Boeing 737-800 hehe.. Alhamdulillah, flight aman dan nyaman sampai Yogyakarta. Disana, kami sudah disambut oleh temen-temen Blogger dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jabar, Jateng, Jatim sampai Bali! Lebih dari 30 Blogger dan Vlogger turut meramaikan touring kali ini..

Membangun Cinta bersama CBR150R, lagi…

Naik CBR150R lagiii!

Nah, setelah makan malam, kami diberikan kupon undian untuk motor yang akan saya pakai Touring sejauh kurang lebih 150KM dari Yogya ke Tawang Mangu dan berakhir di Karanganyar. Sempat beberapa kali deg-degan, karena kalo dapet motor yang kurang sesuai sama karakter, alamat ga karuan nih mood saya pas touring, bakal ga enak XD. Semalam berlalu, pagi hari di Sabtu tanggal 6 April 2019, kami berangkat menuju Astra Motor Yogyakarta dan melakukan persiapan disana.

Briefing dulu biar aman
Selfie sebelum touring

Disana tersedia motor-motor yang sudah dipajang. Didominasi oleh Honda CBR150R, Honda Supra GTR150, sedikit honda CBR150R, dan satu unit Honda PCX150 untuk Blogger. Haduh, saya dapet apa nih??? Akhirnya setelah liat angka yang saya dapet, angka “21”, akhirya tau kalo saya dapet Honda CBR150R 2017 untuk dibawa Touring! Waaawww.. seketika teringat memori 3 tahun lalu, saat pertama kali saya membangun cinta dengan CBR150R bermesin DOHC Near Square ini, sampai sulit lepas.. Hiks! Akhirnya, kali ini dikasih kesempatan lagi untuk melanjutkan kencan singkat bersama Honda CBR150R…

Motor ini spesial. Karena punya desain sport fairing yang sangat sporty, namun menurut saya ini mantap banget dikendarai. Handling oke, mesin responsif dan enak banget buat di dalam kota, torsi melimpah, dan surprisingly ergonomi yang gak terlalu menyiksa bagi rider! Saya pun sama sekali ga ngerasa bete dapet CBR150R buat touring, malah, seneng banget karena bisa ngerasain momen sekali lagi jalan jauh bersama sang sport fairing… Mengulang cinta 3 tahun lalu, saat Touring Depok-Puncak bolak balik dengan CBR150R warna merah. Good old times…

Siaaap! ada jaket yang muaat!

Tiba saatnya memilih jaket, saya udah takut banget ga ada jaket yang muat. Maklum, size bule gini emang kabarnya agak susah cari jaket ukuran Asian Fit. Wkwkwkw… Untungnya, AHM menyediakan jaket Respiro Nusantaride R3.1 ukuran XL yang surprisingly.. MUAT sama aku! Alhamdulillah, luar biasa, seneng bener karena akhirnya bisa senada jaketnya dengan temen-temen lain. Wkwkwkw, jaket pribadi ditinggal di bis deh. Okeee, lanjuuuut!

Berangkat!

Start dari Astra Motor Yogyakarta, kami dikawal oleh pak polisi, Patwal menggunakan Honda VFR800! Gokil ini, motor yang bener-bener keren dan bikin pengen sama desainnya, sayang ga boleh milih Moge bermesin V4 800cc ini buat touring kemarin, hahaha! Okeh, kami pun start riding dari Astra Yogya, barisan dipimpin oleh pak Polisi dan diikuti oleh kami yang dengan rapi berbaris mengikuti instruksi dari Road Captain..

Jalurnya menantangg!

Awalnya kami lewat perkotaan. Tembus di jalur Bypass Yogya yang bener-bener luas dan enak buat tarik gas. Saya sempet tarik si CBR150R Total Control ini di angka 110km/jam sebelum keburu ngerem karena memasuki persimpangan. Ngerii :D. 30 km pertama, masih di jalur kota, dan akhirnya kami mulai memasuki wilayah pedesaan. Gasss terus, kami disuguhi oleh pemandangan yang semakin dalam, smakin luar biasa dan semakin menantang saya dan si Chibi! Jalur pegunungan menuju Tebing Breksi Yogya memang bener-bener menantang dengan tanjakan-tanjakan yahuud dan pemandangan yang luar biasa…

Semakin dalam, semakin ekstrim dan menantang jalur kami. Namun, tanpa kesulitan sama sekali tanjakan ini dilibas oleh CBR150R di gigi 2-3! Tanpa kesulitan bahkan dengan beban berat yang dipikulnya, edian, luar biasa! Persis seperti apa yang saya rasakan 3 tahun lalu saat melibas jalur Jakarta-Puncak yang mayoritas nanjak. Kalo brosist orang sini, pasti tau gimana tanjakan di wilayah Tebing Breksi menuju Gunung Api Purba Nglanggeran! Akhirnya, setelah melewati perjalanan sejauh 50km-an, kami rehat di Griya Cokelat Nglanggeran. Seperti namanya, Griya Cokelat ini menjual produk-produk dari bahan baku Cokelat. Mulai coklat panas, es coklat, susu kambing coklat, kripik dan bakpia coklat, sampai ke belalang goreng warna coklat! Nyammm.. tapi saya ga berani makan belalang, ga biasa. wkwkw..

Perjalanan kami lanjutkan. Saya tetap dengan CBR150R pre-facelift warna hitam bercampur putih ini. Kami melanjutkan perjalanan dengan medan yang lagi-lagi cukup menantang jiwa… Jalur kecil dengan tanjakan ekstrim dan turunan curam membuat suspensi dan pengereman CBR150R yang saya naiki bekerja keras.

Namun, seperti biasa performa rem dan suspensi dari CBR150R untuk melewati jalur ekstrim begini gaksama sekali membuat saya kecewa. Justru, saya bersyukur, karena ternyata nikmat juga pake sport buat ngeladenin jalanan lika-liku dan sempit gini! In-Out tikungan bisa dilalui dengan sangat mudah berkat bantuan Prolink Suspension dipadukan mesin DOHC Near Square 150cc bertorsi besar ini… Ajiiib! Saya jadi kepikiran, gimana rasanya kalo pake CBR150R 2018 yang udah ada settingan suspensinya ya? pasti jauh lebih ajib lagi!

Tikungannyaaa manteep!

Lanjur, akhirnya kami ketemu jalan lebar lagi, jalan luas lagi. Mantap. Kami lewat jalur Ngawen, lalu daerah Semin, hingga berakhir di rest area di sebuah restoran di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri! Yap, Wonogiri, kampung sahabat kami lek Ipan Pertamax7.com. Akhirnya bisa nngeliat langsung waduk yang banyak jadi nama gerobak Mie Ayam di Depok hehe.. sayangnya disini kita cuma rest dan ga bisa mampir ke rumahnya.

Sampai Di wonogiri, saya tukeran motor sama lek Iwan. Beliau mau coba CBR150R katanya, pengen sesuatu yang agak menantang. Pake Naked bike berasa ngantuk katanya. Aseeemmm, wkwkkw.. oke, saya ambil alih CB150Rnya! Dengan ini, Cinta saya bersama CBR150R resmi berakhir.. hikss!

Dadah CBR150R… Welcome CB150R! Gass!

Dengan berakhirnya perjalanan saya bersama Honda CBR150R, maka bersambunglah cerita ini sampai di Waduk Gajah Mungkur. Penasaran gimana cerita saya bersama CB150R Streetfire? Tunggu aja ya artikel selanjutnya! Yang jelas, saya senang banget bisa kembali merasakan kepuasan riding jauh bersama CBR150R. Sang sport fairing dengan touring capability yang cukup baik! Ga salah, kalo saya pernah jatuh cinta sama motor ini… Apa lagi yang menghalangi, kalau bukan budget untuk memiliki. Wkwkwk.. Mantap deh pokoknya, emang PAS banget buat dibawa nanjak-nanjak ini motor!

Sekian dulu ya bro, tunggu artikel selanjutnya besok, baybayyy…

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

2 thoughts on “Fun Touring Blogger Yogya-Tawang Mangu 2019, Membangun “Cinta” Bersama Honda CBR150R, Lagi… (Part 1)”