Akankah Yamaha Byson Bernasib Sama Seperti RX-King?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

yamaha_rx_king

Brosist sekalian,ngomongin RX-King,siapa yang gak tahu sama motor 2 tak keluaran pabrikan Garpu Tala yang satu ini? Suaranya yang khas,tongkrongannya yang asik banget diliat,dan namanya yang sudah sangat familiar dan ‘ngeri’ ketika disebutkan,jadi beberapa cirikhas yang gak bisa hilang dari sang Raja. Bahkan,gak jarang kita sering mendengar julukan-julukan tertentu ke motor berkubikasi 135cc ini..

Clean and beautiful!

Clean and beautiful!

Seperti motor Jambret,motor Jambakan Setan,menggambarkan tarikannya yang lumayan berasa tuh brosist. Dan memang benar,kencangnya gak bohongan.. Sering lihat dijalan,sang ‘Raja’ masih banyak berseliweran dan masih sanggup ditarik hingga redline oleh empunya.. Sensasi motor 2 tak memang tak pernah mati,begitulah mungkin kata para usernya.

Nah,ngomongin RX King lagi nih,sempat jaya banget di masanya tuh brosist. Ingat banget saat saya SD dulu,motor ini sering banget saya lihat di jalan,dari mulai bapak-bapak,remaja,hingga dulu pernah jadi motor operasional pak Polisi.. (CMIIW,bener gak sih?). Tak heran,motor ini terkenal,bahkan sampai ke telinga anak SD seperti saya dulu..

Namun,seakan tenggelam,nama RX King lambat laun mulai meredup,seiring dengan di discontinuenya sang Raja di akhir tahun 2009 (cmiiw lagi,mohon dikoreksi jika salah). Berbagai peremajaan kepada sang Raja,dilakukan oleh Yamaha,selaku pemasar motor ini. Mulai dari penambahan part untuk lolos uji emisi Euro 2,yakni Catalytic Converter yang membuat suara sang King jadi halus.. Dan part-part lainnya yang menunjang…

RX King versi facelift

RX King versi facelift

Nampaknya kurang manjur tuh brosist. Sayang sekali,menghadapi dunia yang saat itu semakin maju dengan era motor 4 taknya,keberadaan motor 2 tak semakin terpinggirkan.. terpinggirkan…

Walaupun,para pecintanya gak pernah hilang tuh brosist,tapi zaman menuntut lebih.. Emisi kendaraan yang semakin sesak memenuhi udara di bumi ini,membuat sang Raja mau gak mau harus ngikut jaman tuh. (walaupun Ninja SS,R,RR masih bertahan sih sampai akhirnya didiscontinue juga.. 😦 ). RX King resmi didiscontinue sejak tahun 2009,di facelift terakhirnya.. Membuat sang Raja,menjadi legenda..

Kok jadi ke Byson>>

Kok jadi ke Byson??

Ngomongin Byson,lah kok abis ngomongin RX King,jadi ngomongin Byson? Jauh kaliik! 18,5 hp vs 13an hp,apa yang mau dibandingin? Hehe.. Sempat tergerak hati buat bikin artikel,saat lihat beberapa orang di grup Byson,memuat beberapa unek-uneknya yang kira-kira bunyinya kayak gini nih brosist..

Akankah ia menjadi legenda?

Akankah ia menjadi legenda?

“Byson nantinya akan jadi seperti RX King,ia akan jadi Legenda”.

Beuh,cukup bergetar hati membacanya,wkwkwk.. Benar,Byson memang gak identik baik secara spesifikasi maupun tongkrongannya,namun sepertinya,mereka berdua punya kesamaan.. Pernah jadi yang paling laris dimasanya!!

Hadir pada tahun 2010 lalu,dengan segala kelebihan dan kekurangannya..

Hadir pada tahun 2010 lalu,dengan segala kelebihan dan kekurangannya..

Byson,hadir tahun 2010 silam,seakan melepaskan dahaga para pecinta Sport naked 150cc di Indonesia,yang itu-itu saja modelnya. Byson hadir dengan segala kelebihan desainnya,ban gambot,speedometer full digital,dan lainnya yang sepertinya jarang hadir di motor 150cc tahun itu!

wp-1457874875743.jpeg

Baca di blognya mas IWB yang pernah punya Byson juga dulu,spesies yang satu ini pernah jadi idaman di masanya. 2010 awal,adalah masa dimana si Kebo,diserbu oleh serangan inden konsumen yang ingin memiliki motor dengan tongkrongan asik ini. Agaknya sama seperti RX King,yang pada jamannya juga jadi idaman…

Lantas,apa persamaannya? Sepertinya hampir sama… Teknologi yang semakin maju,meninggalkan teknologi lama yang sudah dianggap kurang efisien. Byson yang masih memakai karburator,dengan harga yang mepet dikit dengan Vixion Lightning,membuat orang mikir 2 kali buat ambil si Kebo.. Apalagi,saat itu,NVL sudah dibekali dengan ban gambot dan speedo digital pula,plus Sistem Injeksi yang membuatnya lebih unggul dari si Kebo..

yamaha_rx_king

Apakah soal teknologi? Atau ada perkara lainnya,yang membuat RX King dan Byson sempat tidak laku di masanya dan memaksa untuk didiscontinue? Entahlah.. Namun bisa dilihat,setelah kurang lebih 7 tahun didiscontinue,harga sang ‘Raja’ kembali meraja.. Walau harga secondnya juga sempat collapse beberapa saat setelah discontinue,namun kembali pulih dan mulai meroket! Apakah nasib si Kebo Byson akan sama dengan yang dialami oleh RX King? Akankah si Kebo (terutama yang versi Karburator) nantinya jadi Legenda juga? Entahlah…

Cuma artikel unek-unek saja nih brosist,silahkan bebas kritik dan saran,dan juga bagi yang mau menambahkan isi artikel,sangat saya persilahkan.. Terimakasih sudah membaca dan tetep geber sampai redline!! Semoga berguna..

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Yamaha and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Akankah Yamaha Byson Bernasib Sama Seperti RX-King?

  1. RichardGN says:

    siap dijual lagi bysonnya

    Like

  2. fari.fairis says:

    disayang2 aja tuh bysonnya..
    jual 20taon lagi.. kira2 harganya tembus brapa M yak..? 😀

    Like

  3. ardiologi says:

    yang karbu bakal potensi jadi legend ketimbang yang injeksi…

    kayaknya :v

    Like

  4. tanda-tanda ini mah…

    Like

  5. Jamas Wahyuaji says:

    Byson emang mantaf !!!

    Like

  6. aji says:

    wah.. saya malah jadi bingung, setahun yg lalu saya meminang byson second 2013, saya pikir ini memang motor idaman saya dari dulu, sampai sekarang masih saya rawat si kebo.
    dulu saya pilih kebo krn ni motor jarang yg punya, jarang unit nya di jalan. karena kalau dl sy pilih NVL pasti banyak kembaran nya, ga banget kl saya, IMHO.
    eh sekarang malah akhir2 ini saya lihat dijalan jd banyak yg pakai kebo karbu, waduh banyak kembaran nya dah. Jadi illfeel juga, mungkin gara2 sekmen sport sedang naik daun

    Like

  7. Pingback: Impresi Awal Pasang Karburator RX King Di Yamaha Byson ; Brebet Sirna Sudah! | Indoride.com

  8. Pingback: Wah,Yamaha Byson Karbu Masih Didistribusikan Dari Dealer!! Ternyata Dia Masih Dicintai… | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s