First Impression Review TVS Apache 310RR, Gak Percaya Yang Begini Cuma 50 Jutaan!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, seperti janji saya sebelumnya bahwa saya akan bertemu langsung dan review sang TVS Apache 310RR, curi-curi kesempatan sebelum peluncuran Suzuki Nex II dan buka puasa bersama Suzuki, akhirnya saya berhasil mendapatkan impresi pertama melihat dan nunggang langsung, merasakan ergonomi sang next concept dari TVS Akula 310 yang sempat bikin heboh 2016 lalu! Nah, gimana impresinya? Monggo dilanjut masbrooo..

Berikut sedikit opini saya mengenai TVS Apache 310RR. Jujur saja mendengar brand TVS di benak saya adalah motor naked yang berat, dengan desain yang itu-itu aja dan sebelumnya terasa cukup membosankan. Piye cak… desainya ngono-ngono ae!! Namun pemikiran itu semua sirna setelah melihat langsung sosok TVS Apache 310RR, yang menyandang nama Apache namun punya desain yang bisa dibilang jaauuuuh lebih sporty, jauhhh lebih sangar dan jauhh lebih macho dibanding Apache yang pernah ada!

TVS Apache 310RR, memag menggiurkan!

Gak percaya? Brosist bisa lihat langsung dari gambar diatas. Ketika saya menunggang TVS Apache 310RR, berasa banget mewahnya dan pridenya naik sport fairing gacoan TVS ini. berlabel Racing dimana-mana, TVS ingin menunjukkan bahwa mereka serius menggarap sport fairingnya ini! Lha gimana enggak, berasa banget kok dari build quality dan finishingnya yang solid abis! Ketika coba ketak-ketuk, cek sambungan, dan cek las-lasan, finishingnya bisa dibilang bagus dan bahannya tebal bro! Oke, lanjut dulu bahas ergonomi&dimensi! abis itu desain!

Ergonomi&Dimensi TVS Apache 310RR, lho, besar juga!

Gede juga ni motor!

Pertama yang paling menarik dan mungkin bisa jadi tolak ukur adalah ergonomi dan dimensi TVS Apache 310RR. Dengan TB saya yang 180cm, ternyata TVS Apache 310RR punya dimensi yang besar dan gak keliatan terlalu kekecilan ketika saya naiki. Memang secara visual TVS Apache 310RR ini lebih besar bodynya jika dibandingkan dengan rival 250cc 2 silindernya yang telah lahir duluan di Indonesia. Begitu pula ergonominya, terasa racy abis dengan posisi duduk nunduk ala sportbike. Sedangkan untuk berat motor ini adalah 169,5 kg, cukup berat juga yaa.. Beban maksimalnya 130kg. Wah, dinaikin gw+boncenger yg gede juga kuat gak ya? wkwk

Desain TVS Apache 310RR, setelah lihat langsung, GAK PERCAYA ini motor cuma 50jutaan!

Sekeren ini, seperti gak percaya cuma 50jutaan!

Yap, serius, setelah lihat langsung kok jadi gak percaya nih motor cuma 49jutaan OTR jakarta. Boong kali nih TVS Indonesia… seruku dalam hati. Namun ternyata enggak. Melihat langsung sosoknya, dari depan terlihat angker dengan dua buah mata melotot yang sudah pakai LED Projector. TVS menamakannya Bi-LED technology. Tentunya terang dong, gak lupa ada logo kuda lagi lari yang emang jadi cirikhasnya logo TVS selama ini.

Beralih ke atasnya sedikit, ada visor bening yang setelah dipegang ternyata cukup solid! Spionnya pun unik, karena posisinya bisa diatur sesuka hati tanpa ada posisi fix layaknya sport fairing pada umumnya. Sayangnya spion ini cukup keras untuk ditekuk-tekuk.. Lanjut ke bagian bawah dikit, ada lampu sign yang juga sudah LED.

Ke bagian fairing, yang bikin saya seneng adalah lekukan-lekukannya yang bisa dibilang sangat berani dan menambah kesan maskulin yang make! Tarikan garis tegas dan lekukan sexy dibuat TVS Racing agar sang Apache 310RR makin aerodinamis dan nyaman dinaiki saat kecepatan tinggi. Gak ketinggalan sticker 310RR disematkan sebagai identitas diri. Bentuk tangkinya juga asik dilihat dengan lekukan ke dalam di bagian paha, jadi enak saat kaki memeluk tangki. Tangkinya sendiri masih pakai cover alias yang biasa disebut kondom tangki. Wah, warisan si Edward dipake yak. WKkwkw..

Beralih lagi ke bagian tengah hingga belakang, saya suka sama desain buritannya yang gak nanggung dan memang terkesan super racy. Joknya ya standar lah, lagi-lagi finishingnya cukup baik dengan tambahan ornamen TVS Racing disana. Di bagian belakang juga yang bikin beda adalah Stoplamp LEDnya yang SUPER KEREN! Membentuk model taring/tanduk yangmalah sekilas terlihat seperti siluet ikan hiu.. Duh, bener-bener tambah gak yakin kalo harganya ternyata cuma 49 jutaan!

Stoplampnya luar biasa kereennn!

Ada lagi yang bikin unik, karena motor ini lahir langsung di India, terdapat mata kucing di spakbor belakang. Gak lupa ada rear hugger dan hugger kolong untuk menjaga boncenger dari cipratan. Yang unik lagi, ada semacam besi pegangan untuk memindah-mindahkan motor! Sampai ke detail dipikirkan nih.. ajib lah!

Mesinnya unik, cocok buat pencari Torsi BADAK!

TVS Apache 310RR mengusung mesin 312cc DOHC Liquid Cooled 4 Valve dengan output tenaga 33HP dan Torsi maksimum 27.3 Nm @ 7700 RPM! Sekilas memang sangat mirip dengan spesifikasi mesin BMW G310 series, karena katanya emg sama. Wkwkw.. Melihat spesifikasinya, nyata banget ya bahwa mesin Apache 310RR ini memang karakter torsinya kuat sekali. Terbukti ketika dinyalakan dan coba digas, cepet bener sampai redlinenya!

Didukung rangka teralis yang sepertinya rigid untuk belak belok, pasti bakal juozzz gandoz bener ini… Ini nih.. Lengkapnya entar di video!

Kaki-kaki juga ajib, bikin keliatan gagah!

Soal kaki-kaki, tentunya satu hal yang bikin tampilan motor terdongkrak jauh lebih keren. TVS Apache 310RR memakai velg depan berukuran 3 inchi dibalut ban 110/70 dan belakang 4 inchi dibalut ban 150/60 bermerk Michelin Pilot Street Radial! Yang bikin tambah mewah lagi, detailing kaki-kakinya yang bener-bener bikin tampilan sang Apache gak bisa dianggap remeh!

Suspensi depan Kayaba Upside Down berukuran (kayaknya) 43mm dengan warna emas, serta kaliper rem ABS dan velg yang iconic jadi daya tarik tersendiri bagi motor ini. Belum lagi ke bagian belakang dimana ada monoshock berukuran besar yang menopang langsung swingarm unik dengan desain yang gak lazim.. Bener-bener iconic dah! Kudu ditest nih apakah kenikmatan ridingnya sesuai kenikmatan tampilannya…

Oke brosist, sampai sini dulu soal short First Impression Review TVS Apache 310RR nya, nanti selengkapnya bisa brosist lihat langsung di video vlog yang udah saya bikin. Pantengin ajah channel IndoRide Channel di Youtube! Gimana menurut brosist? Kalo saya sih masih tetep gak percaya kalo motor ini harganya 50 jutaan! Apalagi, motor diatas 250cc kan seharusnya kena PPNBM yang tinggi.. Ah sudahlah! Untuk kekurangannya? Belum tahu euy, namanya baru ketemu hehe.. Kayaknya sih soal panas mesin yang cukup ganggu nih brosist. Bisa dibuktikan saat motor baru nyala sebentar, panasnya sudah naik ke paha.. Mungkin karena baru/didalam ruangan?

Spesifikasi TVS Apache 310RR

DIMENSION
Height 1135 mm
Length 2001 mm
Width 786 mm
Wheelbase 1365 mm
Ground Clearance 180 mm
Saddle Height 810 mm
ENGINE AND PERFORMANCE
Type SI, single cylinder, 4 stroke, liquid cooled, 4 valve
Engine capacity 312.2cc
Cylinder arrangement Single
Maximum power 25 kW @ 9700 engine rpm (33.99 HP @ 9700 engine rpm)
Maximum torque 27.3 Nm @ 7700 engine rpm
Bore 80 mm
Stroke 62.1 mm
Carburettor/Fuel injection Fuel Injection: Bosch – Closed loop
Bore to stroke ratio 1.29
Valve per cylinder 4 valves
Starting Electric start
Idle speed 1700 + 200rpm
Ignition Mapped ignition system
Power to weight ratio 0.147 kW/kg
Compression ratio 10.9 : 1
Air filter Dry paper filter
Cooling system Liquid cooled
Muffler Single pipe and single body design
Clutch Wet multi-plate – 9 plate design
Gear box 6 speed gear box
Rear suspension Two arm aluminium swingarm Monotube floating piston gas assisted shock absorber
Frame Trellis frame
Front suspension Inverted cartridge telescopic fork
PERFORMANCE
Max speed 160 km/h
Acceleration 0-2sec in km/h 46.77 km/h
0-60km/h (time in sec) 2.92s
0-100km/h (time in sec) 7.17s
WHEEL AND TYRE
Rim size (front) MT 3.0×17
Rim size (rear) MT 4.0×17
Tyre size (front) 110/70-R17 M/C 54H Tubeless
Tyre size (rear) 150/60-R17 M/C 66H Tubeless
BRAKE
Front Disc 300mm Petal type
Rear Disc 240mm Petal type
Brake Fluid DOT 4
ELECTRICAL
Battery 12V, 8Ah
Headlamp Twin projector LED, 30 W @ 13 V
Tail lamp LED 4 W
FUEL TANK CAPACITY
Full 11 litres
WEIGHTS
Kerb Weight 169.5 kg
Max payload 130 kg

Galeri Foto TVS Apache 310RR

 

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*