Pojok Sejarah : Honda A-Type,Mahakarya “Sepeda Motor” pertama buatan Honda!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat sore,semoga selalu sehat dan semangat ya..

Siapa yang nggak tau Honda? Ketenarannya dalam dunia otomotif sudah tak diragukan lagi. Tapi,adakah dari brosist yang tahu,seperti apa bentuk motor pertama buatan Honda?

Honda. Yup,pabrikan yang satu ini memang fenomenal brosist. Dikenal karena ambisinya menguasai dunia otomotif sangat besar,dengan segala tekad dan kerja keras,akhirnya Honda berhasil menjadi pabrikan terkemuka di dunia. Siapa sih yang gak kenal sama Honda? Kepopulerannya bahkan terdengar hingga pelosok kampung di Indonesia. Sampai di kampung saya sendiri,Padang,penyebutan motor disana adalah “Honda”,padahal yang mereka pakai belum tentu motor buatan Honda :D. Sebenarnya,apa sih yang membuat nama Honda begitu terkenal di seantero dunia? Apa yang membuatnya bisa menjadi salah satu pabrikan otomotif terbesar di Dunia?

Jawabannya ada padaa sang Founder,Soichiro Honda. Nama Soichiro Honda sangat melekat erat di kesuksesan pabrikan Honda hingga sekarang. Siapa yang gak tau Soichiro Honda? Ngacung.. :D. Nah,berikut ini saya sertakan sedikit deh sejarah dari opa Honda,yang saya sadur dari Wikipedia,cekdisautt..

Soichiro Honda (本田宗一郎 Honda Sō’ichirō, lahir 17 November1906 – meninggal 5 Agustus1991 pada umur 84 tahun) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah – tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya – dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).

Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia.

Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai “penasehat tertinggi” pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.

Kurang?? Artikel tentang opa Honda,insyaallah akan saya bahas lebih lanjut di artikel terpisah :D. Singkatnya sih,opa Honda ini adalah orang yang ambisius,nggak mudah menyerah dari tekanan baik dari internal maupun eksternal. Keteguhan hatinya untuk membuat pabrikan Honda menjadi pabrikan besar,akhirnya terwujud dengan pembuatan motor pertama dari Honda,Honda A-Type!!

Honda A-Type!

Honda A-Type!

Honda A-Type dibuat dengan semangat dan dedikasi tinggi dari opa Honda,sebagai founder dari perusahaan Honda Motor Co. Dibuat pada tahun 1947,bahkan setahun sebelum Honda didaftarkan sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1948. Honda A-Type ini tak jauh layaknya sepeda,dengan masih memakai pedal kayuh dan chassis ala sepeda onthel yang biasa kita lihat ada di sepeda lama.. Bedanya,Honda A-Type ini dicangkokkan mesin yang terbilang cukup revolusioner pada saat itu!! Loh kok?

Ya brosist,desainnya yang terbilang radikal dengan menggabungkan mesin dan chassis sepeda,terbilang aneh,sekaligus revolusioner pada saat itu. Menggunakan mesin 2 Tak dengan konstruksi yang berbeda,yaitu dengan menggunakan rotary disk valve yang dipasang di sebelah crankcase. Tak hanya itu,karburator yang juga dipasang di crankcase,alih-alih itu adalah sebuah silinder. Selain itu,Honda juga mengukuhkan teknologinya pada saat itu,yaitu transmisi menggunakan belt yang dioperasikan secara manual. Lagi-lagi,opa Honda membuat terobosan yang pada zaman itu sangat luar biasa!

Bukan opa Honda namanya kalau gak membuat terobosan-terobosan. Di zaman tersebut,ramai pabrikan otomotif lainnya membuat produknya dengan menggunakan cara sand casting. Berbeda,Honda bersikeras akan menggunakan diecast metal dalam pembuatan motor pertamanya ini. Dengan segala daya dan upaya keras,Honda berhasil membuat motor pertamanya yang fenomenal ini..

honda atype 2

Setahun kemudian,bertepatan dengan pengukuhan pabrikan Honda Motor Co.,Sepeda Motor ini resmi dijual ke publik,dan terjual lumayan banyak.. Wow,ternyata motor yang menyerupai sepeda ini menjadi tonggak penyemangat opa Honda dalam membuat motor-motor amazing selanjutnya,misalnya Honda RC166 yang nanti akan saya bahas juga di lain artikel :p.

Last,siapa sangka,motor Honda yang saat ini mungkin brosist pakai untuk mengantar diri brosist kemanapun,ternyata berawal hanya dari Sepeda Motor Sederhana yang diberikan mesin 2-tak sederhana pula.. Melihat perkembangan motor Honda yang makin kesini semakin canggih saja,kayaknya mesin dari Honda A-Type ini nggak ada apa-apanya ya.. Tapi,dizaman itu motor ini bisa dibilang cukup revolusioner dengan berbagai terobosan yang dibuat oleh Opa Honda..

Pesan moralnya,jangan pernah menyerah atas semua mimpimu brosist! Karena,sesungguhnya mimpi adalah awal dari segala kesuksesanmu nantinya. So,Banyakin tidur! (Haiyaahh,gemblung iki :D)

Ini juga salah satu mahakarya.. *edisi kepengen*

Ini juga salah satu mahakarya.. *edisi kepengen*

Oke,thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article

Wassalamualaikum

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

See some post belong to this Article :

About IndoRide.com

Hanya pemuda biasa yang mencintai dunia otomotif,terutama dunia Roda 2. Share everything,you will get everything. Welcome to IndoRide.com.
This entry was posted in Historical Bike, History, Motorcycle, Pojok Sejarah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Pojok Sejarah : Honda A-Type,Mahakarya “Sepeda Motor” pertama buatan Honda!

  1. paimin says:

    Honda emang top

    Like

    • Orang Bijak Tahu Sejarah says:

      Jauh lebih keren Kawasaki………………….

      Sepeda motor adalah sebagian kecil bisnis Kawasaki, Kawasaki punya teknologi dari Kapal Selam sampai Satelit Ruang Angkasa, beda sama Yamaha ( Sepeda Motor & Alat Musik ), Honda ( Sepeda Motor & Mobil ), Suzuki ( sepeda Motor & Mobil )… Kalo tidak percaya tonton video ini…… !!!

      Like

      • Hahaha iya bro saya tahu,kawasaki dulu sempet jd pemasok kapal laut dan pesawat perang yg kencang terbesar untuk satuan perang jepang selain mitsubishi. Jangan salah bro,honda ga cuma bikin motor&mobil aja,basicnya ada di pembuatan alat2 untuk pekerjaan seperti kompresor,dll,serta onderdil2 mobil dan motor yg juga disupply ke pabrikan lain.. Btw thanks dah nambahin bro 🙂

        Like

  2. libu says:

    lucu ya gambar yang pertama itu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s