Pojok Sejarah : Jawa Motor,Kisah sukses dari masa lalu yang terlupakan..!!

Logo JAWA Motor

ARblog – Assalamualaikum,selamat malam brosist,semoga selalu sehat dan semangat ya..

Artikel kali ini,mau bahas yang ringan-ringan aja yuk brosist. Yaitu membahas tentang pabrikan Jawa Motor. Sebelumnya,ada yang tau gak sih,pabrikan Jawa Motor ini asalnya dari mana?? Apa dari pulau Jawa sesuai namanya?? Daripada penasaran,yuk kita bahas secara lengkap tentang pabrikan motor yang unik ini brosist,check this one out yo!!

Logo JAWA Motor
Logo JAWA Motor

Jawa Motor,Pabrikan yang dirintis di Ceko pada tahun 1929 ini diawali dengan kisah pilu. Saat itu,pabrikan otomotif Jerman yang sudah mulai tumbuh sedang terpuruk karena satu dan lain hal. Alhasil,banyak pabrikan otomotif yang sedang merintis usahanya saat itu terancam bangkrut. Tak terkecuali dengan Wanderer. Pabrikan otomotif asal Jerman ini saat itu baru meluncurkan motor buatannya,new Wanderer 500 cc,akhirnya diakuisisi oleh Frantisek Janecek yang sebelumnya juga sudah lumayan sukses dengan merintis karirnya di industri bernama Kolben Company. Janecek yang saat itu memiliki cukup uang untuk mengambil alih,akhirnya memilih Wanderer dengan pertimbangan untuk menyaingi penjualan BMW saat itu. Jadilah,JAWA yang adalah singkatan dari nama JAnecek dan WAnderer..

Setelah mengakuisisi perusahaan tersebut pada tahun 1929,Janecek mengubah nama motor Wanderer yang sudah ada tersebut,dengan nama JAWA 500 cc. Dipersenjatai mesin OHV 500 cc dengan power 12 kW atau 18 hp,merupakan motor yang powerful pada saat itu. Konsumsi bbmnya menyentuh diatas 15 km/liter. Pada saat itu,harganya sangatlah tidak terjangkau. Mesin yang kala itu dianggap kurang efisien,akhirnya dilengserkan..

Motor Pertama,500 cc OHV dianggap kurang efisien..
Motor Pertama,500 cc OHV dianggap kurang efisien..

Karena keadaan ekonomi dunia yang sedang hancur pada saat itu,motor yang simple dan murah pun sangat dibutuhkan masyarakat. JAWA pun menjawabnya dengan mengeluarkan varian murmernya,JAWA 175,dengan tenaga puncak 3,6 kW atau 5 hp aja brosist.. meskipun begitu,top speed yang dapat diraih cukup besar,yaitu 80 km/h. Hal ini karena bobot motor 175 cc ini sangat ringan,hanya 70kg aja tuh!! Karena harganya yang terjangkau dan efisien,JAWA 175 menuai sukses. Tercatat selama penjualannya,JAWA 175 terjual sebanyak 27.535 unit brosist!! Luar biasa untuk tahun 1930an.

Tersukses di zamannya
Tersukses di zamannya

Sayangnya,kesuksesan JAWA Motor yang dipimpin oleh Janecek tidak bisa dirasakannya lama-lama,karena ia harus tutup usia di tahun 1940 :(. Tidak patah arang karena kehilangan pemimpin,penerus dari Janecek pun terus menggelontorkan berbagai macam varian motor lagi. Seperti JAWA 350 Ogar,JAWA 500 OHC,hingga motor 2-strokenya yang berkubikasi 250/350 cc.. Bahkan,JAWA semakin sukses dengan membuat motor hingga kubikasi 1000 cc lebih,dan melebarkan sayap dengan cara join dengan pabrikan lain. Joosss..

jawa 2
Jawa 350 Ogar
jawa 4
Keren ya yang satu ini *.*
jawa 125
Hasil kerjasama.. Jawa 125

jawa 3

Gak hanya motor,JAWA mencoba peruntungannya dengan membuat mobil juga loh brosist! Mobil buatan JAWA ini dikenal dengan nama JAWA Minor 700,beberapa tahun berikutnya,dikenalkan pula JAWA 600 sebagai penyempurnaan dari versi 700 ccnya. Sayangnya,karena perang dunia 2 yang sedang berkecamuk,produksi mobil ini harus terhenti karena kekacauan saat perang.

Mobil Jawa Minor 700
Mobil Jawa Minor 700

Mencoba peruntungan lain,JAWA mulai membentangkan sayapnya di ranah balap. Tercatat beberapa balap diikuti oleh JAWA,seperti balap di lintasan aspal Grand Prix,balap di lintasan tanah,hingga balap di lintasan es dijabanin semua sama JAWA Motor!! Speedway World Champions adalah ajang balap tersukses yang pernah diikutkan oleh JAWA. Sosok-sosok yang pernah sukses menaklukkan motor JAWA di ajang balap antara lain Ivan Mauger,Barry Briggs dan Ole Olsen.

Sayangnya,JAWA motor terbagi menjadi 2 perusahaan pada tahun 90an awal dikarenakan perbedaan ideologi brosist. Dengan nama Jawa Speedway dan Jawa Company. Jawa Speedway ternyata lebih sukses,sementara Jawa Company semakin terpuruk. Setelah perpisahan tersebut,Jawa masih membuat motor hingga sekarang. Model yang dijual hingga tahun 2014 kemarin seperti JAWA 50,JAWA 125,JAWA 250,JAWA 350 hingga JAWA 660 Sport Motard.

Line-up motor JAWA hingga saat ini..
Line-up motor JAWA hingga saat ini..

Last,berawal dari sebuah ambisi memiliki perusahaan sendiri akhirnya membawa kesuksesan bagi foundernya,Janecek. Nah,semoga dengan adanya artikel Pojok Sejarah ini bisa membuat kita semua jadi lebih tahu tentang dunia otomotif ya brosist. Semoga brosist sekalian bisa mengambil sisi positif dari artikel ini dan diserap dalam kehidupan sehari-hari.. Aamiin :D. Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article. Wassalamualaikum 🙂

Bonus :

jawa 6
Nyang warna biru jangan sampe lolos 😀

Follow me on..

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Whatsapp : 08892377086

Related Posts :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*