Review : Long Term Use Asus Zenfone 5,Cocok Buat Nemenin Hari-harimu!!

ARblog – Assalamualaikum brosist,How’s life? Semoga tetap sehat dan semangat di hari terakhir weekend ini ya..
image

Ya,sesuai judul,kali ini saya akan mereview salah satu HH alias HandHeld yang dibrojolkan oleh ASUS Inc. sejak pertengahan tahun 2014 lalu ini. Yes,this is the phenomenal ASUS Zenfone 5 T00F 2GB/16GB!! Sebelumnya saya ceritakan dulu sedikit nih,kenapa pilih ASUS Zenfone 5 sebagai pengganti HH Android saya yang sudah menemani kurang lebih 2 tahun,yaitu Hisense Smartfren Andromax-I AD683G yang juga sudah cukup usang brosist..

image

Andromax I sudah cukup usang nih..

Sejak awal peluncurannya pada pertengahan tahun 2014 lalu,saya sudah mengikuti gerak-gerik ASUS yang akan meluncurkan produk yang cukup fenomenalnya ini ke publik Indonesia. Sayangnya,marketing ASUS yang mengulur-ulur waktu peluncuran hingga peminatpun membludak,barangpun masih langka dipasaran,menjadikan ASUS Zenfone Series kacau penjualannya! Alias banyak ketidakwajaran yang membuat harganya pun membludak tinggi tidak karuan. Saya pun sempat mengikuti inden online dari ASUS Zenfone 5 yang saat itu saya idam-idamkan,karena ketidakjelasan kapan barang akan datang,saya mengurungkan niat untuk membeli handheld yang satu ini. Dan,disaat Zenfone series sudah mulai marak dipasaran,uang saya pun ludes karena terpakai untuk keperluan lain :D. Jadilah mengumpulkan dari awal lagi.. Oke,lanjut aja deh,kelamaan curhat nanti brosist pada kenyang duluan XD.

image

Bonus flipcover 😀

Nah,tepat 2 minggu yang lalu,sayapun resmi meminang ASUS Zenfone 5 versi T00F alias Zenfone 5 yang memiliki spesifikasi tertinggi yang diedarkan di Indonesia,yaitu RAM 2GB serta Internal 16GB. Zeny (sapaan Zenfone 5) inipun saya dapatkan dalam kondisi secondhand,dan masih sangat mulus lus lus,banyak bonusnya dan juga fullset beserta box dan lain-lain.. Spesialnya,harganya sedikit lebih miring dari harga pasaran. Thanks seller :D. Zenfone 5 berwarna Pearl White ini pun akhirnya sudah ditangan saya selama 2 minggu. Sengaja saya melakukan review penggunaan jangka panjang,agar kelihatan bagaimana performa sesungguhnya.. Apakah buas seperti yang diberitakan?? Ataukah loyo,tidak seperti yang digaung-gaungkan?? Yuk langsung cekidott yang berikut ini..

Performa Multitasking? Bagaimana?

image

Beberapa aplikasi "pemakan RAM" yang saya test

Jika kita melihat dari spesifikasinya.sepertinya performa dari Zenfone 5 versi tertinggi ini diatas kertas sudah sangat buas untuk range harga sekelasnya. Didukung oleh Processor Intel Atom Z2560 berkecepatan 1.6 Ghz Dual Core (4 Core terbaca,berkat teknologi Hyper-Threading yang diusung Intel),membuat multitasking menjadi sangat menyenangkan,karena saya hampir tidak menemukan lag saat mengoperasikan berbagai aplikasi yang terkenal “berat”. Mungkin karena dukungan RAM sebesar 2GBnya?
image

image

Begitu pula saat membuka aplikasi media social seperti Path,Instagram,Twitter serta WordPress dan lain-lain yang terkenal sebagai aplikasi “pemakan ram”,gejala lagging hampir tidak ditemukan saat mengoperasikannya.. Bahkan dengan free ram hanya sebesar 200an mb,berbagai aplikasi masih terasa lancar untuk dibuka. Untuk performa pada multitasking,saya memberikan nilai 8 (sebagai perbandingan,saya memberi nilai 6 untuk ASUS Fonepad 7 soal performa multitaskingnya). Setelah performa multitasking cukup membuat terkesan,bagaimana performa yang lainnya?
Baca Juga : https://alkirahmatullah.wordpress.com/2015/04/25/review-asus-fonepad-7-fe170cgtablet-murah-berlimpah-fitur/

Performa Kamera?
image

Kamera,menjadi sesuatu yang wajib ada pada semua jenis smartphone dewasa ini. Rasanya,bukan smartphone namanya jika tidak ada kamera yang menempel di sisi belakang maupun depan dari tubuh smartphone tersebut. Hal ini dikarenakan semakin maraknya fenomena Phonegrapher atau para fotografer yang menggunakan handphone sebagai senjatanya. Alasannya simple,karena Smartphone sangat mudah untuk dibawa-bawa bahkan dikantongi,beda dengan camera digital dan DSLR yang membutuhkan space khusus untuk membawanya. Terlebih,fenomena selfie yang mewabah di seluruh penjuru dunia ini,membuat kamera di smartphone terasa semakin wajib adanya. Lalu,bagaimana performa kamera pada ASUS Zenfone 5 ini? Lets check this out friends!

Dipersenjatai oleh kamera berresolusi 8MP pada bagian belakang,serta 2MP pada bagian depan,performa kamera ASUS Zenfone 5 sepertinya biasa-biasa saja. Karena,dewasa ini sudah banyak smartphone lain dengan rentang harga yang sama,mengusung kamera yang mempunyai resolusi lebih besar. Tetapi,apakah performa kamera si Zeny 5 ini seburuk itu?? Jawabannya,salah brosist! Kamera Zenfone 5 ini terasa tidak seperti kamera 8MP pada umumnya! Karena gambar yang dihasilkan pun sangat cerah dan tajam,bahkan hasilnya hampir menyamai kamera digital Panasonic Lumix saya yang beresolusi 12MP! Kira-kira,apa yang membuat kamera si Zeny ini begitu spesial ya?

Tak lain tak bukan,karena lensa kamera yang mendukung bukaan lensa f 2.0,yang menjadikannya sangat mudah mendapatkan cahaya bahkan di kondisi yang minim cahaya. Sebagai perbandingan,bukaan lensa dari Camdig Panasonic Lumix saya pun hanya sebatas f 2.8,lumayan bukan untuk sekedar smartphone murah? Lumayan bangets! Gak hanya itu,fitur kamera yang disediakan oleh kamera bawaan PixelMaster dari ASUS pun terasa lengkap. Mulai dari Auto,Night Mode,HDR,Time-Rewind Camera,Miniature,Panorama,Depth of Field,hingga yang paling terkenal adalah fitur Low Light mode,memungkinkan kita untuk mengambil gambar pada keadaan ruangan yang sangat gelap sekalipun!

image

Fitur-fitur bawaan pada kamera..

Nah,berikut ini beberapa gambar yang saya ambil menggunakan ASUS Zenfone 5,lumayan untuk penggunaan sehari-harinya..
image

image

image

image

Bokeh asik berkat fitur Depth of Field nih!

image

image

Fokus tidak menyebar..

Performa Gaming?

image

MC5 yang terkenal sebagai game "berat" pun dilibass!

Gaming? Hmm.. Saya memang seorang yang suka dengan game semenjak kecil. Mulai dari game sederhana yang dimainkan bersama teman-teman semasa kecil,hingga game-game ps serta game online pernah saya mainkan hingga lupa waktu (jangan pula ini dicontoh XD). Semenjak Android menginvasi dunia beberapa tahun lalu,sayapun mulai menjadi gamers di dunia android. Tercatat game yang pernah saya mainkan di Old Andromax-I adalah Modern Combat 2,Modern Combat 3 dan lain lain membuat saya ketagihan ngegame! Sayang,karena keterbatasan ram pada Andromax-I membuat saya harus stop menjadi gamers selama beberapa waktu.. Karena di Android juga tidak memungkinkan untuk melakukan swap memory dan ram seperti di PC.

Setelah menggunakan Zenfone 5 ini,saya pun penasaran untuk mendownload beberapa game yang dikatakan sebagai game dewa alias game berat di android. Game-game tersebut diantaranya Modern Combat 5,Modern Combat 4,The Amazing Spiderman 2,Asphalt 8,Dead Trigger 2,hingga GTA San Andreas. Sayapun pesimis akan mendapatkan grafis yang super dan performa gaming yang oke dengan spesifikasi Zenfone 5 ini. Ternyata dugaan saya salah,saya mendapati si Zeny secara mudah melibas seluruh game tersebut tanpa ada lagging yang menyiksa! Jujur,saya sangat puas dengan performa si Zeny,setidaknya dalam beberapa tahun ke depan. Semoga saja,RAM 2GB masih bisa eksis,setidaknya untuk bermain game selama beberapa tahun ke depannya. Saya memberi nilai 9 untuk performa Gamingnya.

image

Maim GTA sambil liat sunset juga bisa 😀

image

Amazing Spiderman 2 lancar..

image

MC4,lantjarr

image

COC lancar bingits.. Ga lancar kalau Gaada sinyal 😄

image

Performa Multimedia?

image

Ada mode nya..

Multimedia dalam hal ini seperti memutar film,musik,video dan lain-lainnya. Tak ada masalah dalam mengoperasikan segala hal yang berbau multimedia ini brosist. Mulai dari play video menggunakan third-party app,yang dalam pengetesan ini saya menggunakan VLC Player for Android,semua terasa lancar dan tak ada masalah berarti. Ditest stel film resolusi 720p bahkan 1080p pun terasa lancar tanpa ada tersendat-sendat yang menyiksa.
image

Menyetel musik juga sangat menyenangkan karena fitur SonicMaster Audio yang langsung disematkan pada hampir semua gadget yang diluncurkan oleh ASUS. Equalizerpun bisa disetting sesuai selera. Output suara bagus,lancar,ditambah dikombinasikan dengan Xiaomi Mi Piston 2 yang makin membuat denger lagu jadi tambah asik..

image

Ditambah ini,tambah enak 😀

Baca Juga : https://alkirahmatullah.wordpress.com/2015/04/23/review-iem-xiaomi-mi-piston-2berkualitas-tak-harus-selalu-mahal/

Fitur Lainnya…

Fitur-fitur yang diberikan oleh ASUS dengan Zen-UI nya ini sepertinya cukup berguna bagi usernya sendiri. Aplikasi seperti ASUS Weather,Do it Later,Quick Memo,dan lain-lainnya membuatnya semakin mudah dan asyik untuk dioperasikan sehari-harinya.
image

image

Kekurangan…

Gak afdol,ketika mereview barang buatan manusia tanpa ada kekurangannya. Karena yang namanya barang buatan manusia pasti ada kekurangannya. Processor Intel yang tersemat di Zenfone Series ini terasa panas ketika dipakai cukup lama. Tentu kurang nyaman untuk digenggam saat keadaan panas seperti itu. Panas yang dihasilkan pun bertambah jadi ketika sinyal yang didapatkan kurang bagus,sehingga processor harus bekerja lebih keras sehingga panas yang dihasilkan.. bisa dibayangkan sendiri ya brosist :D.

image

Baterai terasa kurang memadai..

Kekurangan lainnya… Baterai yang terasa sangat kurang memadai! Padahal,baterai dari Zenfone 5 ini sebesar 2110 mAh,harusnya cukup untuk bertahan hingga seharian pada pemakaian normal. Nyatanya,saya hanya mendapatkan ketahanan baterai 5-6 jam saja pada pemakaian normal. Selain itu,bentuknya yang memanjang dan seperti memiliki “dagu” pada bagian bawahnya,membuatnya terasa sangat panjang saat dimasukkan ke dalam saku. Hal ini cukup menjadi masalah ketika brosist memiliki celana yang ketat dan kantungnya pendek,karena pasti sangat mengganggu.

image

Ada semacam "dagu" pada Zenfone series,sehingga dianggap sedikit mengganggu..

Kesimpulan..

Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangannya,saya rasa ASUS Zenfone 5 versi 2/16 GB ini cukup worthed untuk dibeli dan dijadikan teman beraktifitas sehari-hari. Spesifikasinya yang oke untuk harga dibawah 2 jutaan,rasanya sangat pas bagi penggemar barang Kere Hore seperti saya ini XD. Mungkin kalau ada budget lebih pun,saya akan tetap memilih Zenfone 5 ini,sisanya bisa untuk beli siomay atau bakso buat beberapa bulan :P.

image

Bonus selfie wkwkwk 😄

Oke,semoga informasi tentang gadget ini berguna bagi brosist sekalian ya.. Jangan lupa untuk selalu Cekidot artikel ARblog di blog sederhana ini.. Beri semangat lebih kepada ARblog dengan like fanspagenya di Facebook : Alki Rahmatullah’s Blog ya brosist!

Thanks for reading and sharing,leave some comments here,see you on the next article.

Wassalamualaikum.

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in ASUS, Review, Review Gadget and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Review : Long Term Use Asus Zenfone 5,Cocok Buat Nemenin Hari-harimu!!

  1. bramantyo says:

    wah asus emg cocok buat main game, ane jg ngincer nih hp

    Like

  2. beatfi says:

    Hmm Zenfone5 ya?

    plus :
    desain hape
    kamera
    gaming
    internal memori
    multitask
    multimedia
    layar hade

    minus :
    puanase pol wkwk
    batere bochor bochor
    lolipop mana lolipop?!
    agak kegedean dibanding hp 5 inch lain

    maklum, ane owner hape ini dari pas pertama nongol, waktu itu 2,3 skrng malah 1,8 😂

    btw z5nya warna apa bro?

    Like

    • Wkwkwkw juoozzz.. Hape inceran dr lama ini. Lolipop udah muncul buat sku TW bro,yang WW msh banyak bug kayaknya,ane nunggu updatean via OTA wae biar jos. Warna putih bro,dapet murah 😀

      Like

  3. fiesta7 says:

    Setting eq flat, coba dengerin deh.. Jozzz ngalahin redmi 1s

    Like

  4. mbah_anom says:

    Eta si andromax kayanya belum di review tuh ?
    Minta kekurangan dan kelebihannya dong kang alki,
    aya rencana beli itu hp eung

    Like

    • Jiah kmrn ane jual cm 300 wkwk.. Andromax i : ram cuma 512,so kurang mantep buat multitask karena ngelag kalau dijejelin banyak apps. Sinyal smartfren kacau,solusi pake andromax tools set gsm jd internet. Kamera lumayan. Pokoknya lumayan dah,sekelas hape taun 2013 an

      Like

  5. Pingback: Review : Long Term Use MDS Pro Rider Helmet,Pilihan Yang Tepat Buat Bikers Berkacamata! | Alki Rahmatullah's Blog

  6. Pingback: Nasib Blogger Pinggiran,Dari Mulai Hampir Kecopetan Sampai Gagal Test Ride! But It’s Fun!! | Indoride.com

  7. Pingback: Wah,Yamaha Byson Karbu Masih Didistribusikan Dari Dealer!! Ternyata Dia Masih Dicintai… | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s