Review Helm Zeus ZS-806 ; Helm Impor Murah Plus Double Visor! Mengapa Layak Dibeli?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Cari aman saat naik motor…

Brosist, saat ini lagi rame yang namanya menggalakkan keamanan saat naik motor. Tentu, keamanan adalah hal yang paling penting dan harus difikirkan sejak awal ketika kita hendak mengendarai motor. Karena kita pasti udah tau lah ya, naik kendaraan roda dua itu banyak banget resikonya, gak mau dapet resiko berat ya harus cari aman! Nah, kali ini saya bakal ngenalin satu lagi piranti keamanan saya saat naik motor, saya akan Review Helm Zeus ZS-806 Double Visor! Tapi sebelumnya, kita buka dengan ngomongin helm dulu ya brosist…

Helm itu sebuah Icon… sekaligus pengaman 😀

Bicara soal helm, saya mulai mempercayakan kepala saya kepada helm fullface sejak tahun 2014 akhir nih brosist. Saya sadar saat itu, kepala ini bukan jadi sesuatu yang bisa diajak “main-main”. Gak mau merisikokan kepala saya terbentur atau habis nantinya bila ada sesuatu yang tidak diinginkan, akhirnya saya beli helm fullface modular saya yang pertama, MDS Pro Rider.. hehehe.. Reviewnya bisa diliat dibawah ini ya brosist :

Semenjak itu, saya pun tertarik untuk mengoleksi lebih dari satu helm nih untuk dipakai bergantian dengan helm MDS saya yang emang nyaman buat harian, tapi berat. Nah, petualangan saya berawal dari mengoleksi helm original Yamaha Vixion yang fullface, namun ternyata kurang memuaskan kualitasnya.

Akhirnya beli KBC, masih gak nyaman juga XD

Lalu saya beli lagi, helm-helm seperti KYT RRX Modular, NHK Terminator, hingga KBC V-Zero, namun gak ada yang bisa membuat saya nyaman untuk pemakaian harian… Sulit untuk menyatukan feel dengan kepala saya yang ukuran besar dan pakai kacamata ini.

akhirnya dapet yang lumayan nyaman 😀

Akhirnya setelah petualangan panjang, dapat juga helm dikasih dari acara Suzuki Touring GSX-S150 waktu itu. Merknya KYT R10. Helm ini nanti akan saya review lebih dalam di lain artikel ya brosist… Singkatnya sih, KYT R10 ini awal saya merasa nyaman pakai helm fullface untuk harian, walau masih ada kekurangan dikit sih.. (biasanya pake modular kan :D).

Singkat cerita, saya lihat sebuah review yang bikin saya keracunan, soal helm CBU yang ternyata harganya cukup murah dan kualitasnya bagus katanya. Usut punya usut, setelah berbagai pertimbangan dan nanya-nanya sama temen soal helm ini, dapat juga helm kondisi baru dan masih ciamik dengan harga yang miring pake banget! Langsung sikaaatt!

ZEUS! Helm apaan nih?

Ya, ini dia helm ZEUS ZS-806! Dari namanya aja udah sangar ya brosist, memakai nama dewa mitologi Yunani, helm ini memang saya rasa sesuai dengan penamaannya. Kebetulan saya dapat dari seller ini yang berwarna putih glossy, dengan ukuran L. First impression mengenai helm ini adalah, bagus, ringan, nyaman dan kualitasnya apik.

Lalu, apa yang membuat saya bisa bilang helm ini layak untuk dibeli?

REVIEW ZEUS ZS-806 DOUBLE VISOR

Zeus ZS-806

Sesuai dengan first impressions tadi, yang saya mau bilang soal helm ini adalah finishingnya yang baik untuk helm dengan kisaran harga 500 ribuan. Finishingnya halus, rapi, kualitas catnya juga cukup baik, dan jahitannya juga rapi brosist. Saya rasa helm Zeus ini kualitasnya hampir sama dengan helm lokal KYT yang sekarang sudah bagus kualitasnya…

Ketutupan watermark wkwkwk… beratnya 1600gram

Ringan. Yap, dengan beratnya yang hanya sekitar 1600an gram, tentu ini helm termasuk ringan untuk saya. Biasa pakai helm MDS Modular yang punya berat diatas 2000gram membuat saya rileks aja pakai helm ini, serasa gak pakai helm :D.

Riding lama juga rileks banget

Nyaman, untuk sekelas helm 500 ribuan, mungkin standar nyaman setiap orang berbeda. Tapi, untuk kepala saya yang belum pernah punya helm dengan harga 1 juta keatas, tentu menurut saya helm Zeus ZS-806 ini sudah nyaman betul. Apalagi, size L nya ini busanya bisa menyesuaikan, artinya saya yang kepalanya besar dan biasa pakai helm dengan size XL, saat memakai helm Zeus ini terasa nyaman aja dan gak bikin sesak kepala. Paddingnya pun nyaman brosist, halus dan gak sekasar helm MDS Pro Rider saya. Namun gak sehalus R10 sih.

Busanya ukuran L tapi ngepasin sama kepala saya,ga perlu resize

Fitur Helm Zeus ZS-806

Yang jadi konsentrasi saya juga kenyamanan saat memakai kacamata. Di helm KYT R10 saya, saat memakai kacamata agak susah memasukkan gagang ke bagian pipi helm, dan juga di R10 masih terasa kuping sakit karena tertekan. Nah, di Zeus ini gak ada cerita bagian kuping sakit brosist, even untuk kepala saya yang besar. Kacamata masuk juga tinggal lep, kuping juga gak tertekan terlalu parah, dan asyiknya lagi… Zeus punya shell yang kecil, namun tetap nyaman.. Saya juga heran :D.

SHellnya lebih kecil bila dibandingkan dengan R10, tapi lebih nyaman Zeus

Fitur lainnya yakni Double Visor brosist. Gak seperti adiknya Zeus ZS-811, Zeus ZS-806 ini punya fitur double visor, dimana visor keduanya berbentuk sun visor yang gelap, sehingga cocok buat dibawa harian apalagi nerjang trek siang hari. Gak perlu bawa-bawa dua visor di dalam box motor, karena sudah all in one. Saya sendiri suka dengan fitur double visor ini, karena pastinya di siang hari gak ribet kalau tiba-tiba silau, tinggal turunin aja double visornya. karena saya pakai kacamata, gampang kena silau :D. Malem hari? Clear visornya mantap, pandangan luas dan jernih…

Visornya sendiri masih berbentuk cembung nih brosist, seperti helm harian lainnya, belum flat seperti helm balap. Wajar sih karena Zeus ini menyasar segmen helm harian bukan helm balap yang perlu dipasangkan tearoff. Tapi ga menutup kemungkinan helm Zeus ZS-806 ini bisa dimodifikasi jadi flat visor sesuai dengan keinginan…

Double visornya jos

Sistem pengunciannya masih quick release buckle. Bagi sebagian orang yang race oriented, sistem penguncian model ini dianggap jadul dan kurang aman. Tapi menurut saya, sistem penguncian model ini justru simple dan pastinya mudah banget buat harian. Tinggal klik, langsung go.. Ya namanya juga helm harian, gak jadi masalah tentunya buat saya. Toh kalau mau ganti DD Ring tinggal modal 50ribuan aja hehe…

Diantara banyak kelebihannya itu, tentu ada juga kekurangannya ya brosist. Wajar ajah, namanya juga produk massal dengan harga relatif murah… Buatan manusia pulak hehe. Nah, apa aja kekurangannya sih?

Kekurangan Helm Zeus ZS-806

Setelah 3 hari riding sejauh kuranglebih 200km, kekurangannya yang saya rasa paling besar adalah helm gampang ngembun. Walaupun helm ini emang adem banget saat dipakai riding, tapi dalam posisi stop mudah menimbulkan embun. Makanya, dalam paket penjualan helm Zeus ini disediakan juga bila yang mau membeli Pinlock Antifog.. Kalo saya sih gak dibikin pusing, tinggal buka dikit aja visornya wkwkwk…

Ventilasinya ada 4. adem lah

Lalu, kekurangannya lagi ada di sektor kekedapan suara. Yap, punya ventilasi banyak dan adem emang punya konsekuensi soal kekedapan. Helm Zeus ZS-806 ini akan mulai berisik di kecepatan diatas 60km/jam brosist. Nanya-nanya sama temen sih katanya emang begitu, sepertinya ventilasinya memang diset untuk penggunaan harian ya.. Wajar lah.

Pembuka double visornya nih

Fitur lainnya? No problem… Saya malah suka dengan fitur yang simple dan ada pada helm ini. Tentunya sepadan dengan harganya dan kenyamanannya brosist..

Overall… Helm ini udah cukup banget buat kegiatan komuter saya! Setidaknya itu untuk saya ya hehe.. Terlepas dari berbagai kekurangan yang telah disebutkan diatas, helm ini membawa kelebihan yang tentu lebih banyak dari kekurangannya. Harga yang murah dan juga desain yang cukup ciamik, bikin helm ini bisa jadi salah satu pilihan brosist diantara banyak pilihan yang ada… Oiya, nanti saya akan buat review keseluruhan helm ini setelah dibawa riding sebulan dan pemakaian jangka panjang ya brosist. Kira-kira menurut brosist layak gak helm ini buat dibeli? Menurut saya sih layak buangett dari harganya dan value yang didapat… hehe..

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

6 Comments

  1. Pernah nyoba vendetta 2 belum bro?? Mau tanya kayak gimana kalau dicompare, soalnya sekarang pakai vendetta, pengen nyoba lagi zeus. kalau mirip cocok berarti soalnya udah nyaman sama vendetta..

    • vendetta 2 belum pernah coba saya bro, tapi dari review teman katanya vendetta ini nyaman cuma berat untuk harian. Maybe lebih berat dari Zeus bro. Saran saya sih fitting dulu bro, karena helm ini kan cocok cocokan. Kebetulan saya sudha pernah fitting Zeus dan klik sama kepala saya, jadi beli deh zeus..

      • Oke terima kasih infonya, soalnya agak sulit cari penjual zeus di kota saya, hehehe, harus jalan2 ke kota sebelah dulu mungkin..

1 Trackback / Pingback

  1. Review Jaket Riding Contin Provoke ; Cocok Untuk Manusia “Big Size”, Sangat Layak Dibeli Di Harga 400 Ribuan! | IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*