Honda Resmi Rilis Honda PCX Electric 2019, PCX Tanpa Suara!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, hari ini, Kamis tanggal 31 Januari 2019, PT. AHM menutup bulan Januari dengan merilis Honda PCX Electric 2019 yang sempat muncul sebagai konsep di Tokyo Motor Show 2017 lalu. Setelah meluncurkan PCX bensin dan PCX Hybrid, AHM tertantang untuk meluncurkan PCX dengan mesin full listrik ini untuk pasar Indonesia. PT. Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda PCX Electric sebagai jawaban atas tren elektrifikasi sepeda motor masa depan.

Honda PCX Electric 2019, akhirnya dirilis!

Secara fisik sama saja

Model ini hadir tetap mengusung tampilan yang elegan layaknya PCX Hybrid dan PCX standar. Bedanya, tipe ini sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi kelistrikan yang menurut AHM dapat membawa pengendara dalam merasakan berkendara menyenangkan menggunakan sepeda motor listrik!! Wahh…

Pertama kali di perkenalkan di IMOS lalu, motor ini mengundang penasaran dari banyak pengunjung booth Honda. Kini Honda mewujudkannya dengan memproduksinya secara lokal di plant Sunter, berbarengan dengan pembuatan motor matic lain terutama PCX series.

Gak hanya persiapan motor, juga persiapkan infrastruktur dan skema bisnis!

 

Ternyata dalam menyediakan PCX Electric ini, Honda tidak hanya memikirkan persiapan unit motornya saja. Dalam upaya menghadirkan pengalaman berkendara terbaik dari sisi produk maupun layanan, AHM menyiapkan skema bisnis tersendiri yang akan diimplementasikan secara bertahap atau gradual. Pada tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis untuk Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini. AHM akan menggandeng pihak ketiga dalam melayani penyewaan dengan berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.

Tahap awal skema bisnis ini juga dapat menjadi landasan untuk melihat dan menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor, sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma.

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan sejalan dengan arah perkembangan industri yang dicanangkan pemerintah, Honda PCX Electric menjadi tonggak pertama dalam mengembangkan produk motor listrik dan layanan terbaiknya bagi pecinta sepeda motor di Tanah Air.

”Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik, melainkan juga menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri untuk mengantarkan kelahiran Honda PCX Electric ini. Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap perkembangan motor listrik ini ke depan,” kata Loman.

Mesin listrik dengan Karakter Torqy!

Mesin listrik yang berkarakter Torqy, cadas!

Tenaga dari mesin bakar yang sebelumnya ada di Honda PCX150 dan PCX Hybrid , kini diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact. Sepeda motor ini mempunyai sistem yang mampu menghadirkan torsi optimial sejak putaran bawah, otomatis bro, motor ini punya performa putaran bawah yang besar. secara spesifikasi, torsi tembus 18Nm!! Besar untuk kelas skutik mid end…

Honda Mobile Power Pack, Baterai durable yang bisa diganti dengan mudah!

Bicara motor listrik pasti kita kenal dengan yang namanya baterai. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, Honda PCX elektrik menggunakan dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile power pack.

Gini posiisnya!

Baterainya ini sudah terkenal durable dan bisa di andalkan. Baterai hasil kerjasama Honda dengan perusahaan elektronik raksasa Panasonic ini dapat menjalankan PCX Listrik sejauh 69km dalam sekali pengisian penuh. Hasil pengujian ini sesuai dengan kecepatan rata rata 40km/jam ..

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan Iistrik gedung atau perumahan (on-board charging).

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan penglsi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan Sistem on-board (terkoneksi langsung dengan Iistrik) dengan masa pengisian 6 jam.

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor Iistrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Jangan khawatir, untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, slap memberikan pelayanan maksimal.

Sistem Electric Vehicle, bikin penasaran, yuk simak!

Pasti sangat penasaran ya sama spesifikasi dari mesin dengan sistem Electric Vehicle ini. Lanjut deh!

Motor listrik yang baru dikembangkan pada PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V (idealnya 48V) dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor Iistrik yang optimal.

Honda PCX Electric menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm di putaran rendah @500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran Iistrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak ada guna lagi. Ludesss ganti motor bakar bro!

Spesifikasi Honda PCX Electric 2019

Honda PCX Electric memiliki jarak sumbu roda Iebih panjang, dipadu dengan hugger belakang, untuk mengakomodasi dua baterai ditempatkan pada ruang bagasi, namun tetap memberikan ruang optimal untuk pergerakan roda belakang. Adanya penyesuaian tersebut membuat PCX Electric tetap memiliki kemudahan untuk penggunaan di daerah perkotaan dan posisi berkendara yang nyaman seperti PCX pada umumnya.

Demi memberikan kenyamanan berkendara, selain dimensi sumbu roda yang lebih panjang, PCX Elektrik juga menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dipadukan dengan letak motor listrik yang optimal. Hal ini berkontribusi terhadap rendahnya getaran yang dihasilkan dan pengendaraan yang halus. Demi keamanan, roda depan sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Apa bedanya dengan PCX biasa??

Rem depan tetap ABS!

Nah untuk perbedaannya dari PCX biasa adalah dari remnya Mas Bro. Di Honda PCX standar, rem belakang dibekali dengan disk brake, sedangkan untuk versi listrik ini dibekali dengan rem belakang drum alias tromol aja…

belakan tromol

Bagasi juga hilang, diganti dengan dua buah baterai yang ditaruh di bawah bagasi. Hmmm, buat bawa bawa barang agak sulit dong yaa..

Speedometer ada perbedaan, secara fisik sama!
Lampu belakang mirip PCX Hybrid

Tidak dijual bebas, hanya direntalkan!

Sayang, gak dijual bebas, cuma direntalin doang euy…

Sayang sekali buat yang nunggu nunggu harga dari PCX electric ini, tidak akan bisa mendapatkannya secara mudah. Karena Honda tidak menjual bebas Honda PCX electric ini ke customer umum Indonesia. Betul, Honda memasarkan Honda PCX electric ini dengan cara merentalkan atau menyewakannya ke perusahaan. Namun tidak menutup kemungkinan jika infrastruktur dan skema bisnis yang sudah kuat, Honda akan memberikan kesempatan bagi customer umum untuk dijual bebas. Kita tunggu saja ya bro!

Tunggu review test ridenya ya! Subscribe dulu Youtube Channel Indoride di “IndoRide Channel” wokeee!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*