Motor Sport Retro Yamaha XSR155 Resmi Dirilis, The “Sport Heritage”!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Broo, setelah beberapa waktu lalu kita sempat digegerkan oleh bocoran produk Yamaha yang akan segera dirilis di bulan Agustus 2019, ternyata benar-benar dirilis nih bro! Yap, ini dia Yamaha XSR155, sport retro Yamaha yang bergaya retro modern! Yamaha sendiri menjuluki motor ini sebagai Sport Heritage, yang artinya membawa nilai-nilai yang diwariskan oleh pendahulu (Heritage) dari Yamaha XSR, dan Sport karena motor ini bergenre sporty! Motor ini resmi dirilis di Thailand, sore hari ini tanggal 16 Agustus 2019.

Cantik, lawas, namun terlihat modern!

Beberapa orang yang komentar di instagram saya @indoride memuji desain dari sang XSR155, yang terlihat lawas, cantik, namun tetap punya kesan modern. Secara desain memang kita bisa lihat kental sekali dengan aura motor lawas. Seperti lampu depan yang bulat dengan signature XSR di tengahnya yang menjadikannya eksklusif, tangki bulat dengan shape minimalis ala motor retro, jok roti yang juga terkesan lawas, dan stoplamp bulat minimalis yang sudah LED. Untuk menambah kesan retro, Yamaha pun memberikan lampu sign yang bulat khas R25, MT25, dan Byson. Hmm, daripada yang lancip kurang cocok yess..

Untuk mesin sendiri, sesuai namanya motor ini menggunakan mesin yang identik dengan Yamaha All New R15 dan kawan-kawan, yakni mesin 155cc SOHC 4 Valve dengan teknologi VVA, dan dilengkapi dengan pendingin cairan alias radiator. Assist dan Slipper Clutch yang juga hadir di R15, Vixion R dan kawan-kawan juga hadir di Yamaha XSR155 ini.

Strategi common parts gak sampe situ aja, kita bisa lihat juga dari kaki-kaki motor ini yang memakai commonparts dari Xabre/MT15. Penggunaan suspensi Upside DOwn di bagian depan, monoshock link dengan swingarm aluminium, serta yang paling kelihatan adalah Frame Chassis Deltabox yang sangat identik dengan Vixion Series. Hmm, boleh juga nih commonpartsnya! Bisa saling tuker pakai pastinya.

Sisanya? Motor ini memang sudah cukup cantik jika kita lihat secara lebih seksama. Detail yang ditonjolkan lewat beberapa ornamen seperti body samping, tangki, lampu bulat LED dan juga ban ala dual purpose menunjukkan bahwa motor ini sudah siap mejeng, bak motor Retro Scrambler or whatever it called.

Namun, gak cuma mendukung, ada beberapa netizen yang mengomentari soal motor terbaru Yamaha ini. Misalnya dengan pemilihan basis rangka dan mesin, dimana beberapa netizen berkomentar bahwa rangka deltabox seakan kurang cocok jika disandingkan dengan desain retro modern. Lalu, ekspektasi sebelumnya bahwa XSR155 akan diberikan knalpot underbelly, nampaknya tidak terpenuhi. Karena Yamaha memberikan opsi knalpot yang sepertinya menggunakan basis knalpot dari R15 series, namun dengan sedikit sentuhan yang identik dengan motor retro modern.

Hmm, gimana kalau menurut brosist? Yang jelas sih menurut saya udah lumayan banget nih! Apalagi kalau kita lihat desain serta mesin yang bisa dibilang cukup fresh. Lantas, apakah masuk Indonesia? Berkaca dari MT15 yang dulu sempat saya rekomendasikan untuk hadir di Indonesia, ketika benar-benar hadir, nyatanya penjualannya tidak cukup baik, akibat beberapa faktor sepertishifting demand ke motor matic, atau soal pricing. Beranikah Yamaha memasukkanya di line up motor sport Yamaha di Indonesia? Nampaknya, harus benar-benar serius soal pricing dan segmentasi. Kalau udah cocok, GASPOL! Mantabs!

Gimana menurut brosist?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : [email protected]


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*