Daily Review #2 ; Riding Mode Pada Honda CBR250RR Gak Berguna? Masa Sih? Simak Yuk!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist! Salam geber sampai redline!

Riding Mode, beneran gak berguna? Kata siapa?

Riding Mode, beneran gak berguna? Kata siapa?

Asyik, Daily Review lagi nih brosist! Seperti yang sudah diketahui nih, beberapa hari lalu tepatnya hari Rabu tanggal 8 Februari 2017, saya diamanahkan oleh PT. Wahana Makmur Sejati untuk momong si Sport Fairing 250cc terbaru dari Honda nih brosist. Yap, dia adalah Honda CBR250RR Grey Non ABS!

Cerita sebelumnya sudah saya tulis ya brosist, artikelnya bisa dilihat dimari :

Kebetulan ada topik perbincangan di suatu forum di media sosial yang lumayan menggelitik saya untuk bikin sebuah artikel nih brosist. Dimana di forum tersebut, dibahas soal Riding Mode dari Honda CBR250RR yang punya tiga pilihan, yakni Comfort, Sport, dan Sport+.

Nah, saat sedang asyik membahas tiga riding mode tersebut, tiba-tiba ada yang nyeletuk bahwa 3 mode itu gak akan terpakai semua, paling yang terpakai hanya 2 saja, intinya adalah 3 mode itu adalah sesuatu yang Useless! Waduh.. Apa iya benar?

wp-1486642455648.jpeg

Saat pertama kali saya test ride Honda CBR250RR pada bulan November lalu, memang yang saya pakai adalah mode Sport+ saja. Memang saat itu adrenalin sedang memuncak karena penasaran banget sama produk terbaru AHM ini. So, benar, untuk test beberapa menit saja, memang tiga riding mode ini tidak akan terpakai semua! Yang ada hanya berkutat di mode Sport+, Sport+ dan Sport+! Sesuatu yang lumrah…

Karena memang performa maksimal motor ini ada di mode Sport+nya, ditambah Throttle by Wirenya yang terasa responsif menggantikan kabel Baja atau Sling di generasi sebelumnya bikin tambah asik narik gas sampe pol! Tapi, apa iya, 3 riding mode ini useless? Iya kah? Betul kah?

Mending cobain dulu buat dibawa harian!

Mending cobain dulu buat dibawa harian!

Cobain dulu untuk harian brosist! Kombinasi stang underyoke dengan footstep mundur kebelakang khas motor sport fairing dan juga stang underyoke gak diragukan lagi bikin kita cepat capek, apalagi buat brosist yang biasa bawa motor Naked bike, matic, ataupun bebek. Yakin mau pakai mode Sport+ terus? Itu yang jadi pertanyaan.. Buat yang udah nyobain, pasti paham gimana karakter mode Sport dan Sport+ di CBR250RR ini.

Menurut saya sendiri sih yang kebetulan sudah 4 hari ini bersama si Chibi Chibi, masing-masing mode punya kelebihannya tersendiri! Yang pertama kita ngomongin mode Comfort brosist…

Comfort Mode, mode paling bawah di urutan riding mode CBR250RR

Comfort Mode, mode paling bawah di urutan riding mode CBR250RR

Mode Comfort ini seperti judulnya yakni Comfort alias Nyaman, memang ditujukan untuk pemakaian santai, untuk mejeng di sore hari nyari cabe cabean, atau untuk melintasi jalanan yang cukup macet sehingga kudu sering buka-tutup throttle. Saya sendiri selama 4 hari ini alhamdulillah kebagian macet terus, dari macet ringan sampe ga bisa bergerak udah ngerasain. Dan mode Comfort ini paling tidak bisa ngurangin capek dengan halusnya response gas setiap dibuka atau tutup.. Bukan berarti di mode Comfort ini ga bisa ngebut ya brosist! Bisa, cuma memang responsnya jadi agak lama..

Sport mode, mode yang moderate, berada di tengah-tengah performanya

Sport mode, mode yang moderate, berada di tengah-tengah performanya

Yang kedua adalah Mode Sport. Ini mode yang paling sering saya pakai. Karena saat baru dinyalakan pun, sudah otomatis pindah ke mode Sport tanpa Plus nih brosist. Impresinya? Moderate. Gak beringas layaknya Sport+, dan gak sehalus mode Comfort. Mode ini ada di tengah-tengahnya brosist. Pokoknya cocok saat jalanan lumayan padat namun tetap lengang, jadi motor tetap dapat tarikan yang ngisi terus tanpa loncat-loncat kayak mode Sport+.

Sport+ Mode! Mode paling bikin istighfar...

Sport+ Mode! Mode paling bikin istighfar…

Nah, yang ketiga ini adalah dark side nya motor ini. Yap! This is Sport+ Mode! Kalau kata mang Kobayogas, mau gas tipis atau tebal serahkan ke riding mode. Buat yang suka gas tebel-tebel, mending pake mode ini. Buka gas sedikit mesin meraung dan dijamin hempasannya cukup kuat, terlebih buat orang-orang dengan postur kurus. Dan… yang bikin enak dari mode ini adalah… mode ini nagih banget kalau udah diatas 9ribu rpm brosist! Serasa ngisi terus, ditambah suara knalpot model susun yang ternyata di putaran atasnya itu gahar banget, serasa knalpot racing! Alamaakk.. i love overbore!

I Love this bike...

I Love this bike…

Kalau ada yang bilang, ada mode yang useless saya jadi heran sendiri nih brosist. Padahal, pabrikan pastinya membuat riding mode ini untuk memudahkan dan membuat sang rider memenuhi kebutuhannya masing-masing. Kalau saya ngerasa sih ini cukup banget bahkan joss buat riding harian! Kalau sekedar testride sih mungkin emang kurang kerasa gunanya ya.. Walaupun memang saya belum bisa menjabarkannya dari sisi teknikal, tapi untuk orang awam seperti saya pun bisa merasakan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan terjadi di setiap mode nih brosist.

Berikut ini videonya :

Menurut brosist gimana? Lebih suka mode apa nih? Share ya brosist di kolom komentar!

Gass tipis-tipis yukkk

Gass tipis-tipis yukkk

Semoga berguna!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

6 thoughts on “Daily Review #2 ; Riding Mode Pada Honda CBR250RR Gak Berguna? Masa Sih? Simak Yuk!

  1. Pingback: Honda CBR250RR Lampaui Penjualan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 Selama 3 Bulan Terakhir ; Waktunya Sang Rival Untuk Berbenah! | Indoride.com

  2. Pingback: Honda CBR250RR Lampaui Penjualan Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 ; Waktunya Sang Rival Untuk Berbenah! | Indoride.com

  3. Pingback: Ngeri Banget! Honda CBR250RR Masih Baru Sudah Tertabrak Truk… | Indoride.com

  4. Pingback: Honda CBR250RR Sabet 4 Penghargaan Otomotif Award 2017 ; Gak Heran! | Indoride.com

  5. Pingback: Honda All New CBR250RR Siap Bertanding di IRS 2017, Akhirnyaaa! Makin Rame Deh! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s