Akibat Kurang Teliti Memodifikasi, Honda CRF150L Anyar Kebakaran! Hal Kecil Fatal Akibatnya!

ngeri!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Honda CRF150L kebakar pas trabasan?? Pertanyaannya, KOK BISA?

Bro, yang namanya memodifikasi artinya mengubah sesuatu menjadi tidak seperti sediakala. Apapun hal yang diubah dari bentuk/fungsinya semula bisa disebut telah dimodifikasi. Nah, modifikasi ini tentu menurut saya sebuah seni. Dimana bukan hanya menciptakan yang butuh jiwa seni, tapi memodifikasi sesuatu menjadi sesuatu yang lain juga butuh jiwa seni hehe.. Contohnya modifikasi yang paling sering kita dengar adalah memodifikasi kendaraan!

CRF150L, buat trabasan enak, torsi cukup!

Modifikasi kendaraan pun ada berbagai macam kriteria. Lazim dilakukan kepada kendaraan-kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Bisa jadi hanya memodifikasi tampilan luarnya saja dengan bermain warna, bodykit, dll. Hingga modifikasi yang cukup riskan yakni modifikasi mesin serta kelistrikan..

Memang bebas bagi para owner bila ingin memodifikasi kendaraannya. Ibaratnya dalam bahasa jawa nek ra melu ragat rausah nyacat.. Seperti itulah kiranya :D. Tapi, yang namanya modifikasi memang harus dipikirkan matang matang dan juga harus di rencanakan sebaik mungkin lho brosist! Jika tidak, akibatnya akan sangat fatal. Salah sedikit, bahaya dan petaka bisa mengintai brosist kapan saja! Hii.. Memang modifikasi mesin dan kelistrikan ini sangat rentan, jadi harus diperhitungkan secara baik!

Sayang banget kalo kebakar??!

Seperti kasus yang satu ini brosist. Punya motor baru bergenre trail yang kekinian memang menyenangkan ya. Yap, seperti masbro satu ini pecinta motor garuk tanah yang akhirnya tertarik beli Honda CRF150L. Motor trail 150cc dari Honda ini memang didesain untuk segment on-off yang berarti bisa dibawa di “dua alam”. Tenaganya pun saat saya test sudah cukup buat offroad-offroad ringan hingga menengah, karena torsinya ajib dan handlingnya mumpuni. Brosist bisa lihat dulu ulasan saya disini…

Memang dasarnya manusia itu makhluk yang akan terus mengeksplor sesuatu, sang Owner dari CRF150L Terbaru ini pun memodifikasi motornya bro. Alih-alih memodifikasi performa dengan kit injeksi atau knalpot racing fullsystem, masbro yang satu ini memilih jalur yang agak sulit yakni memodifikasi dengan karburator. Karena mungkin karburator dianggap lebih mumpuni untuk garuk tanah dan lebih bandel serta mudah dioprak oprek.. Betul sih, tapi…

Sekali lagi yang namanya modifikasi kudu jeli dan teliti. Jangan sampai hal kecil dapat berakibat fatal dan membahayakan nyawa. CRF150L yang sudah pakai sistem pengabutan PGM-FI dilengserkan jadi karbu. Walau memang udah banyak yang sukses modif motor injeksi jadi karbu, tetap saja ini berbahaya bila kurang teliti dalam mengerjakannya.

Serem banget ini mah

Disebutkan di kronologi video yang disebar di salah satu grup FB pecinta trabasan, CRF150L gress ini baru selesai dimodifikasi menjadi karbu. Dari informasi tertera, lokasi kejadian berada di daerah Jawa Barat. Baru saja mau diujicoba untuk terabasan bareng kawan-kawan, tiba-tiba percikan api membesar dari bagian mesin dan terbakarlah motor. Ternyata hal ini disebabkan oleh kabel busi yang terkelupas/tidak terpasang dengan baik, sehingga menimbulkan percikan api yang dengan sangat mudah dapat menyambar bensin yang sedang teraliri ke mesin.

ngeri!

Waduh, sepele tapi fatal! Jujur aja, saya juga pernah modif motor Karbu saya memakai karburator motor lain, dan saya merasa harus sangat hati-hati dalam instalasi juga pemasangannya. Resiko modifikasi, gak bisa pnp dan gak bisa asal hehe.. Sebenarnya bebas sih namanya modifikasi, toh rider motor trabas lain yang pakai karburator juga aman saja selama pemasangannya benar dan presisi! Semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua ya bro! Jadi, jangan langsung sebar hoax kesana-kesini padahal kronologis belum tahu.. :D.

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*