Test Ride dan Review Singkat Honda CRF150L di Habitat Aslinya ; Suspensi Mantab, Tenaga Cukup! Cocok Buat Pemula!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Test Ride Honda CRF150L di Sirkuit ICON BSD! Ajib! Berasa bos nih motor dibawain, wkwkwkw

Brosist, seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya, bahwa saya dan beberapa temen blogger dan vlogger diundang oleh PT. Astra Honda Motor selaku ATPM Honda di Indonesia, buat ngejajal salah satu motor terbarunya nih masbro! Yap, motor terbaru ini yang nantinya digadang-gadang akan menjadi rival kuatnya Kawasaki KLX150 BF! Wow, gak lain gak bukan adalah Honda CRF150L nih brosist! Alhamdulillah, selain saya diberikan kesempatan untuk meliput langsung prosesi perilisan motor ini, saya juga diajak buat test ride motor garuk tanah 150ccnya Honda ini di trek sungguhannya!

Baca dulu artikelnya ya :

Asyik banget begitu tau saya bakal diajak test ride di trek yang bener-bener menantang buat saya. Brosist yang orang Tangerang pasti tau daerah BSD, nah disana itu banyak daerah yang masih kosong, salah satunya sirkuit ICON BSD yang emang udah sering dibuat “mainan” sama pecinta garuk tanah bro! Sedhapp.. Ga pake lama, saya langsung digiring kesana sama temen-temen HC3 AHM, dan diberikan sebuah jersey CRF sepaket dengan celananya, yang bahannya bagus banget bro! Alhamdulillah, MUAT! Seneng benerr.. wkwkkw!

Alhamdulillah jerseynya muat, langsung foto buat kenang kenangan, lwkwlw

Langsung ganti baju, soalnya bakal kotor-kotoran kan, dan kebetulan saya dapet giliran paling pertama buat ngetes motor ini. Abis ganti baju, langsung pake perlengkapan riding yang bikin kitatambah aman jumpalitan di lumpur dan tanah. Seperangkat dekker sikut dan lutut, lalu rompi yang keras, sepatu offroad yang kaku banget (ini serius kaku, susah buat angkat tuas persneling wkwk!), sama sarung tangan dan helm mancung beserta Gogglenya! Wah, udah sedep bener nih gayanye! Apa bener bisa?wwkkwkw…

Di awal udah dikasihtau bahwa nantinya saya bakal dikasih 3 lap buat eksplor lebih dalam tentang motor penantang KLX150 ini di habitat aslinya. Mantap!

Ergonominya trail banget

Eits, sebelumnya, mari kita bahas dulu tentang ergonominya yak! Ergonomi motor ini emangudah pas banget dibilang motor garuk tanah. Stang lebar dan tinggi berkat suspensi depan yang tinggi, jok yang rata, serta perawakannya yang tinggi membuat kita agak jinjit saat naikinnya. Beruntungnya, saya dengan tinggi 180cm dan berat >100kg dengan sangat mudah menjinakkan motor ini tanpa perlu jinjit balet! Asyiknya lagi, motor ini ringan banget bro, sehingga dapat dengan mudah dikendalikan.. Ayee..

Speedonya mantep inih! Cukup buat motor trail garuk tanah…

Setelah “kenalan” dengan motor, langsung putar kunci kontak ke ON, dan wuih! Instrument di speedometer digital kecilnya sederhana dan dapat dengan baik terlihat di siang hari. Sebuah value yang mantap buat motor offroad 150cc nih! *lirik sebelah, ayo kapan ubah speedo.. wwkkwk.. Ga pake lama, nyalain mesin, dan bruumm! Suara mesin khas mesin GL-Series (megapro&verza) sangat kental terasa. Dengan suara knalpot yang lebih halus, gak segarang suara knalpot Megapro karbu dan Verza.. But still crunchy! Adrenaline rush… Ga pake lama, Gasss!

Test Ride dan Review Honda CRF150L

Sebelumnya saya mohon maaf bila review yang saya tulis ini kurang lengkap atau kurang mengacu pada hobi offroad. Maklum, saya ini on road riders hehe.. Oke lanjut!

Di lap pertama, kami memang disuruh mengikuti dulu arahan dari mas-mas instrukturnya yang berada paling depan. Saya lupa siapa aja yang bareng sama saya di trip tersebut, namun yang jelas didepan saya ada kang enoanderson yang sama kayak saya di lap awal, ngeri-ngeri sedap main tanah! WKwkwk.. Fix, kami ditinggal oleh temen-temen satu trip yang udah jauh di depan.

Jalurnya bener bener sedep!

Jalurnya bener-bener sedap, walaupun gak terlalu ekstrim tapi menurut saya sudah lumayan untuk menunjukkan kemampuan sang CRF150L di jalur offroad! Kombinasi jalur tanah kering, tanah basah, tikungan tajam yang langsung berhadapan dengan turunan curam, tanjakan tajam dengan turunan tajam setelahnya, membuat saya setidaknya bisa melihat potensi asli dari motor ini. Di lap pertama, saya gunakan untuk membaca jalur dan membaca situasi sekitar, sebelum saya geber pol motor ini di treknya sungguhan!

CRF150L, Suspensinya Ajib!

Turunan curam, gas terus!

Di lap kedua akhirnya saya bisa eksplor motor ini secara lebih dalam. Dimana dari yang saya rasakan, suspensinya makjleb mantab qolbu! Kombinasi suspensi depan Long Travel Inverted Fork merk Showa berukuran 37mm dan suspensi belakang prolinknya meredam dengan sempurna dari jalur yang bisa dibilang gak layak dilewati ini! Dari mulai tanjakan, turunan, gundukan tanah, sampai tikungan yang tajam berujung tanjakan curam bisa dengan mudah dilewati oleh sang CRF150L ini, even dengan bobot saya yang lumayan! Suspensi belakangnya cukup lumayan untuk meredam getaran dari tanah. Walau menurut saya gak begitu menggembirakan seperti sock depan upside down Showa nya!

Suspensinya jos, coba berdiri dulu nih, cekrekk…

Sesekali saya coba berdiri di atas footstep untuk merasakan redamannya. Cukup mantab juga nih bro. Cobain untuk cornering ala-ala offroader dengan miringin motor, kaki turun plus agak digas dikit sampe ngesot, wuih mantep bener! Kombinasinya pas, bersatu dengan ban Dunlop bergerigi yang oke banget buat trabasan.. Soal suspensi, no doubt! Enak! Apalagi kalau brosist punya badan yang besar dan berat kayak saya, wih, dijamin shocknya lebi manteb lagi mentulnya! Wkwkwk..

Shock Showa USD emang enak-enak ya bro redamannya? Mulai dari CBR250RR, CRF150Rally, sampe versi terkecilnya CRF150L ini enak dan anteb!

Mesin Honda CRF150L, Tenaga cukup!

Tenaganya udah cukup deh, walau gak beringas banget tapi ngisi!

Beralih ke impresi mesin… Brosist pasti banyak yang udah tau kalo di internet banyak yang ngenyek kalau motor ini pake basis mesinnya Honda Verza! Bahkan ada yang juga nyinyir dan sampai bikin meme, tapi malah gambarnya pake gambar CRF150F karburator.. ckck segitunyaa.. Padahal, justru kalo menurut saya, mesin SOHC 2 Valve air cooled kayak gini udah paling cocok lho buat trabasan ringan! Dikombinasikan dengan PGM-FI nya Honda.. Hmm, Lantas, gimana sih impresinya soal mesin dari motor ini bro?

Seperti biasa, saya rider motor dengan mesin SOHC 2 valve air cooled udah bisa menebak karakter mesinnya. Ngisi banget di bawah, dan agak ngeden di putaran atas. Memang seperti ini sih harusnya buat motor garuk tanah, karena yang dibutuhkan kan torsi buat bawahnya. Buat brosist yang pernah bawa Verza ataupun megapro, berasa kan tarikan bawahnya? Nah ini lebih ngisi lagi bro! Secara feeling sih udah oke lah ya, mesinnya halus khas SOHC 2 Valve, dan cukup bertenaga di putaran bawah. Sayangnya, mungkin karena ukuran gearset yang besar (cmiiw) motor ini jadi cepat redlinenya, berasa banget di putaran atas cepet banget minta pindah gigi. Menurut saya sih masih wajar lah ya, buat offroad kan emang butuhnya gigi 1-2 aja, kecuali speed offroad hehe.. Pemula mah udah cocok dah!

Baca dulu :

Handling CRF150L, bikin pede miring-miring di tanah!

Ketemu ginian? Selow aja!

Nah ini yang sebelumnya udah saya singgung, bahwa suspensinya yang mantep dibawa di tanah mendukung handlingnya nih bro. Berasa handlingnya jadi anteb dan mudah ditekuk-tekuk, gak liar, dan sangat mudah dikendalikan bahkan untuk seorang pemula seperti saya! Nikung-nikung di tanah pede aja, ya walaupun ngeri juga sih takut nyungsep! Wkwkwk.. Emang ini motor jinak dari handlingnya, bikin brosist pede aja buat miring di tanah bahkan untuk sedikit countersteering jika berani.. Mungkin ini juga akibat dari chassis Honda CRF150L yang ternyata tipe Single Cradle (seperti Megapro&Verza) yang membuatnya jadi mudah dikendalikan dan lincah buat ditekuk-tekuk. Berbeda dengan rivalnya KLX150 yang pakai chasis Double Cradle twin spar yang membuatnya lebih stiff. Namun soal kekuatan chassis memang belum bisa dibuktikan nih bro, let’s see! Sepertinya sih kuat aja ya!

Baca dulu yak :

Terus… Kekurangannya apa? Nah, kalo ditanya kekurangan jujur saya emang belum begitu paham sih soal kekurangan motor saat dibawa di habitat kek gini. Cuma yang paling berasa ya tenaga di putaran atasnya agak nyekek, khas mesin SOHC 2 valve air cooled. Dan joknya keras. Selebihnya sih oke aja buat saya pribadi ya bro. Hehee…

Overall, Honda CRF150L menawarkan value yang lebih daripada rivalnya yang telah bermain lama di segmen ini. Dengan harga terpaut 1 juta rupiah dari KLX150 BF, CRF150L punya mesin yang ternyata sedikit lebih bertenaga, dan fitur yang lebih baru (speedometer digital dan fuel meter) membuatnya layak buat dipertimbangkan para trabaser nih! Terlebih, mesin CRF150L yang sudah terkenal kuat dan tahan banting (Turunan mesin GL-Series) membuatnya layak dipertimbangkan buat masbro pemain garuk tanah pemula! Intinya sih kalo menurut saya udah cocok deh buat para pemula yang kepengen main garuk tanah, sekaligus masih bisa ke mall! Karena ini motor cukup punya daya tarik buat dibawa jalan-jalan juga..

Intinya sih, gw kepengen lagi! Lebih asyik dan lebih menguras tenaga dibanding jogging.. wkwkwkkw

Oke, segini aja dulu ya bro artikel review singkatnya, semoga bisa sedikit menambah referensi buat brosist yang lagi bingung pilih motor 150cc apa yang cocok buat brosist. Kalau saya sih, pilih CRF150L Supermoto aja deh! Wkwkwk.. Kapan AHM masukin nih??? Haduh, racun itu motor! Haha.. Saat ini CRF150L standar dulu deh buat brosist semua! Gimana? Beli ga? Komen yaa!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s