Short Review : Ketemu Lagi Sama Moge Eksotis, Suzuki GSX-S1000F! Cuma Satu di Indonesia, Tenaganya NGERI!

Motor apa nih? Gede dan lucu ya tampilan fairingnya

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Motor apa nih? Gede dan lucu ya tampilan fairingnya

Brosist, Januari memang bulan yang penuh kejutan dan berkah nih hehe.. Bulan kelahiran saya ini memang selalu punya cerita tersendiri. Kebetulan, di akhir bulan pertama tahun 2018 ini saya diberi kesempatan untuk icip-icip dua motor gede alias MoGe dari Suzuki! Yap, sebuah Moge yang bisa dibilang gak umum dan tenaganya juga gak main-main. Di atas 1000 cc semua broo! Wuihh.. Yang pertama adalah Suzuki GSX-R1300 Hayabusa yang udah saya test beberapa hari lalu, eh, kemarin dikasih kesempatan lagi buat ngetes motor gede eksotis yang gak umum! Yap, ini dia GSX-S1000F! Lho?? Gak umum gimana??

Selfie dulu! Katanya cuma atu biji??

Baca dulu dong bro, petualangan saya sebelumnya bersama moge-moge Suzuki nih. Hehee..

Ya brosist! Gak salah kalau saya bilang gak umum. Karena memang motor ini kabarnya cuma ada satu biji di Indonesia tercinta, alias satu satunyee! Karena memang gak masuk resmi lewat ATPM.. Mungkin Suzuki Indonesia iseng masukin nih ya? Haha.. Tapi mantep lah, jadi saya bisa numpang nyicip dan bisa kasih impresinya ke brosist sekalian! Btw, terimakasih sebelumnya buat juragan Vandra Monkeymotoblog.com yang udah ngasih pinjem buat icip-icip dikit motor ini. Mantap banget deh bapak satu anak yang satu inih emang… Lanjut!

Nah, kali ini bakal saya kasih impresi singkat aja ya bro mengenai motor ini. Fullnya nanti di artikel lain sekalian videonya hehe..

DESAIN

Big and beauty design…

Menganut basis yang sama persis dengan Suzuki GSX-S1000F, pastinya aura sport-touring bike berasa banget di versi F nya ini. Kode F mungkin saja mengacu ke kata “Fairing” yang bikin tampilan depan motor ini jadi penuh banget. Gak kayak Yamaha Fazer series yang punya fairing setengah, versi F dari GSX-S1000 ini seperti full fairingnya! Namun, uniknya dengan dual keen eyes yang terlihat sangat lucu dan imut hhee.. Ciri khas Suzuki ini sih. Tapi agak aneh juga ya? Motor sport tulennya single eyes, giliran sport tour nya dikasih dual keen eyes?

yang menarik memang desainnya bener-bener gambot, berisi, gagah, ganteng, dengan fairing yang penuh tersebut. Garis desain mirip dengan GSX-S1000 terutama dari tangki hingga buritan belakang, kaki-kaki dan juga velg serta bannya yang super guambot. Desain knalpotnya unik, pendek dan besar, sepertinya untuk mengejar akselerasi. Gak aneh sih… nanti dijelaskan di bawah!

Intinya, menurut saya desainnya bener-bener unik dan gak umum. Lebih ke imut sih karena dual keen eyesnya dan visornya yang tinggi itu… Tapi, yakin masih mau nganggep motor ini imut setelah tau “hal mengerikan lainnya”? Simak dulu…

FITUR

Gak sempat ngubek-ngubek banyak soal fiturnya nih bro. Karena memang kondisi hujan kemarin dan gak sempat review detail. Hanya beberapa keliling kampus UI depok dan ada beberapa hal yang bisa disorot dari motor ini. Yang pertama menurut saya sangat berguna adalah fitur tombol select pada stang yang langsung terhubung dengan speedometer! Asyiknya, brosist bisa lihat jarak Trip A, Trip B, hasil konsumsi BBM pada kedua mode tersebut, dan hal lainnya yang brosist bisa akses lewat stang bagian kiri! Semudah menjentikkan jempol sahaja… Sayangnya, saya lupa ngubek, apa ada riding mode pada motor ini?

Upside down dan rem depan ganda

Fitur lain ya standart sih. Semisal dual disk brake pada bagian depan dengan kaliper Brembo yang puakem abis, suspensi Upside down ganteng berwarna emas, dan velg serta ban yang gambot. Yang paling familiar adalah one push starter layaknya GSX-R150 dan S-150 juga udah dibenamkan di motor ini. Jadi ga perlu neken kopling kayak si Hayabubu, which is yang jadi karakteristik motor Suzuki jaman dulu tuh.. hehehe. Fitur apa lagi ya? Nanti ditanya dulu ke om Vandra dah. 😆

ERGONOMI

Ergonomi super rileks!

Soal ergonomi, saya akui memang rileks bener nih bro. Stang Fatbar dengan merk Renthal serta posisi footpeg yang gak terlalu mundur bikin posisi riding jadi santai abis. Buat saya yang biasa bawa Byson, gak perlu penyesuaian lebih banyak pas naikinnya. Naik, langsung jlebh, berasa nyaman dengan posisi ridingnya. Beda sama kayak pas nyoba bawa si Hayabubu 1300… Hehee.. No complaint for the Ergonomy deh. Nyaman! Pastinya juga angin akan lebih mudah lewat dengan adanya fairing di motor ini… Gak ketabok banget deh istilahnya.

Saat dibawa jalan pun berasa rileks. Santai… Posisi duduk yang rileks membuat berat motor ini yang tembus hingga 214 kg gak berasa berat. Selow aja brooo… Seat heightnya? 810mm.. Buat bikers yang tingginya kurang dari 170cm mungkin akan terasa bermasalah dengan ketinggian joknya. Buat saya yang 180cm+ plus berat yang 3 digit? Napak sempurnah….

Napakkk

Berikut spesifikasi dimensinya :

Overall length 2115 mm (83.27 in) Overall width 795 mm (31.30 in)
Overall height 1180 mm (46.46 in) Wheelbase 1460 mm (57.48 in)
Ground clearance 140 mm (5.51 in) Seat height 810 mm (31.9 in)
Kerb mass 214 kg (472 lbs) Fuel capacity 17.0 litres (3.7 UK gallons)

MESIN

Mesinnya mantap

Langsung bahas ke mesin nih ya. Mesin 999cc yang juga disematkan pada Suzuki GSX-R1000 dan GSX-S1000 gak perlu diragukan lagi power serta torsinya. Pada penjelasan di websitenya saja sudah dijelaskan POWERED BY THE SOUL OF GSX-R , dijamin tenaganya gak jauh beda… Walau belum pernah ngetes GSX-R1000 ataupun S-1000 sebelumnya, namun saya percaya kebengisan tenaga kedua motor tersebut, lewat GSX-S1000F ini. Kenapa?

Dari awal udah diwanti-wanti sama om Vandra, “ngegasnye ati-ati ye! ini motor tenaganye kejam, kagak ati-ati kelempar ke belakang loe!”. Hal itulah yang selalu terngiang di kepala saat ngetes motor ini haha.. Lanjut perkenalan dengan motor bertenaga puncak 150PS ini. Saat dicoba narik gas, benar memang… Gak seperti motor 4 silinder yang pernah saya tes sebelumnya, tarikannya mengintimidasi saya, yang biasa bawa motor lemot. Ampun mak… Akselerasi berasa ditarik ke belakang. Apalagi pas nyoba ngocok gas… Beruntung saya punya badan yang berat dan tangan yang kuat buat tetep nahan ke stang. Bener-bener NGERIII! Kabarnya sih, memang seperti ini karakteristik dari mesin legendaris “K5” milik Suzuki GSX-R1000 tahun 2005 yang dituning ulang… Ngeriii …

Hal ini mungkin saja berkat mesin 1000cc Long stroke+big bore serta kompresi cukup tinggi, jadi buat main betot-betotan saya rasa cukup mengerikan nih bro. Apalagi buat yang gak biasa bawa motor kenceng sebelumnya haha… Tapi pas dibawa pelan masih bisa nikmat kok. Vibrasi halus khas 4 silinder yang pernah saya test juga sebelumnya. Gak nyendat-nyendat, mantap lah… berikut spesifikasi mesinnya masbro..

Engine capacity 999 cc Engine 4-stroke, 4-cylinder, liquid-cooled, DOHC
Bore 73.4 mm X 59.0 mm (2.89 in x 2.32 in) Compression ratio 12.2 : 1
Lubrication Wet sump Ignition Electronic ignition
Fuel system Fuel Injection Transmission 6-speed constant mesh
Drive Chain Starter Electric
MPG* 53.30 CO2 122 g/km
Power 110.0 kW @ 10000 rpm (150 PS)  Torque 108.0 Nm @ 9,500rpm (79.66 lb. ft)†

Oke bro, segitu dulu saja deh ya oret-oretan newbie mengenai sebuah motor unik nan eksotis yang satu ini. Maaf jika banyak kekurangan. Mohon dikritik bila ada kesalahan hehe.. Videonya menyusul yaa. Menurut brosist, gimana sih tentang GSX-S1000F ini? Keren apa nggak? Komen ya…

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*