Test Ride And Review Suzuki GSR600 ; Streetfighter Kalem Bikin Jatuh Hati! (Part 1)

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

gsr-34-picsay.jpg

Miss the sweetest moment with you…

Sudah weekend lagi aja nih. Rasanya,waktu cepat banget bergulir ya brosist.. Iya gak? :D. Nah,lagi males bahas apa-apa nih,teringat masih ada “hutang” yang belum saya bayarkan. Sudah lewat hampir 2 bulan semenjak kejadian tersebut. Bukan kejadian yang buruk,ataupun membuat saya trauma,tapi lebih ke kejadian yang bikin saya merasa dapat pengalaman baru… Yap,saya mendapat kesempatan Test Ride dan Review sebuah Moge besutan pabrikan berlogo S,Suzuki GSR600!

PTDC0143

Sama om Vandra dan Kang Novan… satu atau dua? XD

Adalah om Vandra Risky,owner dari blog monkeymotoblog.com yang juga merangkap sebagai juragan moge ini,berbaik hati untuk mengajak saya test ride moge,yang tentunya sangat berbeda dengan motor-motor sport yang pernah saya test sebelumnya. Kebetulan,beliau juga sedang dipinjamkan GSR600 ini untuk ditest harian..

Berlokasi di tempat yang sudah gak asing lagi untuk kami,titik kumpul ada di Stadion Universitas Indonesia. Saat itu hari Sabtu,24 Oktober 2015. Yaa.. untungnya saat itu kampus sedang sepi. Jadi,bisa sedikit mengeksplorasi Handling dan juga power dari GSR600 ini.

p_20151024_110444-picsay.jpg

Setelah sebelumnya,saya juga diajak untuk merasakan jambakan setan dari ER6n ‘Si Merah’ miliknya (sayang tulisan reviewnya hilang),akhirnya saya kembali diajak oleh om Vandra untuk merasakan bagaimana sensasi menaiki motor 4 silinder,yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Hmm,gimana rasanya ya? Apakah mitos yang sering saya baca di Internet,bahwa motor besar Suzuki itu nyaman,namun tetep bisa kenceng,itu benar adanya?? Langsung aja nih,simak sedikit reviewnya,ala IndoRide.com tentunya.. :mrgreen:.

Baca Juga :

DESAIN

p_20151024_110429-picsay.jpg

Kebo lemot nongol dibelakang XD

Wopps,kenapa desain duluan? Ya,semua kisah pasti berawal dari tatapan mata,kan? :mrgreen:. So,saya akan bahas sedikit mengenai desain dari motor gagah yang umurnya hanya sebentar ini brosist. Menurut beberapa sumber,umur dari GSR600 ini hanya 4 tahun setelah dilaunching,yakni 2006-2010 saja. Hmm..

p_20151024_110540-picsay.jpg

Okay,first sight.. saya jatuh cinta. Langsung ngaku aja nih XD. Memang,dari kecil,saya sudah kepincut sama motor-motor besar yang bertipe naked bike seperti ini. Rasanya,sudah tidak diragukan lagi kenyamanan yang akan diberikan oleh motor ini ketika dinaiki. Ergonominya dibahas dibawah ya brosist..

p_20151024_112339-picsay.jpg

Tampilannya,khas naked bike banget. Stang lebar bermerk Rizoma (mahal mesti nih),postur besar,shroud lebar ala moge naked Suzuki… Ah,saya gak bisa menjelaskannya lagi. Silahkan dinilai sendiri desainnya brosist. Mungkin,terlihat biasa saja bagi yang suka desain-desain agresif seperti halnya motor sport maupun motor naked yang memang disetting buat agresif.

gsr-44-picsay.jpg

Pusinggg! Ini kok Byson semuah??? :mrgreen:

Jangan salah,ketika banyak orang yang akan mengira bahwa motor ini adalah wujud dari Byson Modif XD *kok jadi OOT gini*. Oke,soal desain,i can’t describe any words again.. Bagaimana menurut brosist,tentang desain dari naked bike bongsor yang satu ini?

ERGONOMI DAN RIDING QUALITY

wp-1450580197855.jpeg

Ergonominya.. Khas motor naked! Nyaman..

Bahas desain,gak pas kalau gak langsung bahas ergonomi dan riding qualitynya. Bicara soal ergonomi,saya merasa gak terlalu asing ketika nyemplak diatas joknya dan memegang stangnya. Gak butuh waktu yang lama buat saya,untuk mengenali karakter motor ini. Dengan keseharian memakai Yamaha Byson,membuat saya cukup bisa terbiasa dengan ergonomi Naked Bike yang cenderung nyaman,dan enak buat dibawa sehari-hari. So,,motor ini cukup membuat saya keenakan dengan ergonominya.

gsr-8-picsay.jpg

Ditambah,Baby beast ini sudah dipasangi raiser peninggi untuk meninggikan stangnya,agar lebih nyaman lagi. Sudah nyaman,tambah nyaman ya.. Stang tinggi,footstep agak kedepan khas naked bike,seat height rendah,dan karakter motor yang nurut sama rider,bikin semakin betah untuk berlama-lama diatasnya..

^ Rasanya hampir mirip,tak perlu banyak adaptasi

Riding Quality,nyaris sempurna buat saya yang berpostur 180/(berat badan dirahasiakan),rasanya pas saat menaikinya. Bisa ditebak,riding pun terasa sangat asik buat saya dengan postur kecil tersebut. Mesinnya yang sama plek dengan supersport GSR-R 600 ini pastinya ngangkat banget kalau musti dibawa tarik-tarikan dengan moge lain!

Nyaris tak ada vibrasi berlebih yang menyerang tangan maupun (maaf) bokong saya saat membawanya berjalan-jalan di lingkungan kampus UI. Apa ini yang dinamakan “kenyamanan ala Suzuki”? Ah,enaknya dibahas di segmen lain ya brosist..

Ergonomi dan Riding Quality? Jempol deh!

Baca Juga :

KUALITAS MATERIAL & BUILD QUALITY

p_20151024_110451-picsay.jpg

Saya rasa,brosist sekalian gak akan meragukan kualitas material yang diusung oleh Suzuki GSR600 ini. Moge yang dibeli ownernya langsung dari Jepang ini,pastinya sudah memiliki standar kualitas yang tinggi. CBU gituloh!

p_20151024_114620-picsay.jpg

Betul saja,ketika saya cek sekeliling tubuhnya,dari ujung headlamp hingga ujung stoplamp,finishingnya nampak rapi dan cantik banget. Begitu juga saat saya mencoba untuk jongkok-jongkok ke area bawah dan area mesin motor ini. Semua part nampak solid,nampak kuat,tak mudah rapuh :D. Saat diketuk-ketuk? Jangan ditanya deh brosist.. Padat suaranya! Baik tangki maupun plastik-plastiknya! No doubt lah untuk Byson Modif motor asli kelahiran Jepang ini.

p_20151024_112404-picsay.jpg

Pun begitu,ketika saya coba untuk menaikinya dan mendorongnya sedikit,tidak ada gejala keberatan bagi saya yang berpostur kecil ini. You know? Beratnya hanya sekitar 183 kg! Bahkan hanya berbeda 1 kg dengan Suzuki Inazuma,yang hanya berkubikasi 250cc 2 cylinder!! tanya kenapa? XD.

Setelah berbincang lebih jauh dengan om Vandra… GSR600 bisa seringan ini karena penggunaan part yang juga ringan! Seperti Velg yang menggunakan bahan aluminium,lalu rangka yang juga dibuat seringan mungkin,dan part lainnya yang dibuat dengan bahan-bahan terbaik,akhirnya bisa memangkas berat kosong sang GSR600 ini sampai ke titik sukses dietnya! XD.

p_20151024_110444-picsay.jpg

Besar tapi ringan!! Lu diet yah? XD

Okey,sekian untuk review Suzuki GSR600 part 1 ini. Ditunggu ya brosist,untuk review selanjutnya yang kurang lebih akan membahas Performa,Handling,Suspensi,Rem dan ‘kisah’ tentang GSR600 ini..

PART 2 : https://indoride.com/2015/12/20/test-ride-and-review-suzuki-gsr600-streetfighter-kalem-bikin-jatuh-hati-part-2/

Nonton dulu Video testridenya ya brosist.. 😀

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

15 thoughts on “Test Ride And Review Suzuki GSR600 ; Streetfighter Kalem Bikin Jatuh Hati! (Part 1)

  1. Pingback: Pilihan Action Camera Dibawah 500 Ribuan,Cocok Buat Riding Sehari-Hari! | Indoride.com

  2. Pingback: Indoride.com

  3. Pingback: Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget! | Indoride.com

  4. Pingback: Short Review : Honda CB500X,Si Jangkung Yang Memikat Hati! | Indoride.com

  5. Pingback: Tutorial : Cara Mudah Memperbesar Kepala Di Aplikasi Picsart Android (Bubble Head) | Indoride.com

  6. Pingback: Adu Tampilan Suzuki GSX-S150 vs Yamaha Byson, Ramping vs Gambot! Pilih Mana? | IndoRide.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s