Setelah 6 Tahun, Speedometer Digital Yamaha Byson Nyerah Juga… Kena Sunburn!

Pokoknya benerin lagiii sampe bisa! :D

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, selamat hari Jumat barokahhh… semoga hari ini menyenangkan dan ridingnya asik walau sedang musim hujan. Pengen cerita dikit, tepatnya curhat nih hehe.. Lagi-lagi curhatin tentang si Edward, Yamaha Byson 2012 kesayangan yang tiap hari menemani wara-wiri saya. hampir 7 tahun umurnya, saya pakai sudah hampir 4 tahun. udah ga keitung panas hujan yang dihadapi. Dan akhirnya.. Speedometer Digital Yamaha Byson Kena Sunburn! Waduuhh..

Speedometer Digital Yamaha Byson, Kena Sunburn!

Tulisan jadi ilang. tapi untuk bacaan speed masih ada

Asli saya galau, karena si Edward ini adalah motor kesayangan yang tentunya segala instrumen sederhana yang ada di Instrument Cluster nya tersebut sangat berguna untuk harian! Terutama bagian trip, karena di Trip inilah saya bisa lihat jarak tempuh oli yang saya pakai (maklum, motor vampir oli bro!). Momok menakutkan yang selama ini menghantui pemakai speedo Digital, akhirnya kejadian sama si Edward di umurnya yang menginjak 7 tahun di Maret tahun depan. Jadi jelek deh tampilan dashboard si Edward, yang sebelumnya keren karena dilengkapi speedometer full digital 😥 .

Baca juga yang menarik :

Terjadi karena Sunburn? 

Singkatnya, Sunburn pada speedometer ini terjadi karena rusaknya lapisan Polarizer dari speedometer digital tersebut brosist, yang mengakibatkan hilangnya instrumen/angka yang sebelumnya ditampilkan oleh speedo. Gak cuma hilang, rusaknya polarizer ini juga bisa bikin tampilan speedo jadi menghitam lho jika lama dibiarkan!

Kasus ini terjadi karena terbakarnya bagian Polarizer karena sering terkena sinar matahari/suhu yang terlalu tinggi. Saya inget banget nih, kasus ini dulu kejadian di Honda Karisma teman saya, dan juga di Honda CS1 teman saya yang juga kena kasus sama, LCD Sunburn sampai menghitam! Sampe akhirnya kejadian juga di si Edward.. Hiks!

Saat speedonya masih bagus..

Memang sih, akhir-akhir ini panasnya sedang luar biasa, dan saya udah menyadari gejala ini sejak sekitar sebulan lalu. Kok, lama-lama instrumennya jadi agak pudar dan bagian backlit speedonya jadi agak menghitam. Ternyata, hal tersebut adalah salah satu ciri speedo mau terkena Sunburn bro! Jadi, cermati deh kalo ada gejala tersebut, segera lakukan tindakan pencegahan! Haha…

Benerinnya susah-susah gampang!

Butuh keberanian dan pengetahuan lebih di bidang kelistrikan, solder menyolder, dan ketelitian kalau pengen benerin speedometer sendiri. Wajar bro, Speedometer Digital ini agak lebih sulit konstruksinya jika dibandingkan speedo Analog. Dan menurut yang saya baca, cara memperbaiki speedo yang kena Sunburn ini adalah dengan mengganti filter Polarizernya! Itu lho, filter yang akan memunculkan pixel atau istilahnya instrumen yang ada di speedometer digital.

Speedo Honda CS1 kena Sunburn… Pict : otomotifnet

Bongkarnya pun susah-susah gampang, karena Polarizer ini harus dikelet atau dicabut dari LCD. Gak rapih? Asal-asalan? Siap-siap LCD speedometer bakal pecah dan menghitam. Maka dari itu kayaknya sulit buat saya untuk benerin sendiri, belum coba udah takut duluan wkwkkw.. Maklum, pernah dapet pengalaman buruk ngurusin yang namanya komponen kelistrikan kwkwk! :D.

SOLUSINYA? Ganti Baru? No!

Prinsip hidup, selama masih bisa dibenerin jangan diganti baru, sayang barang lama harus bisa dimanfaatkan lagi. Wkwkwk.. Saya akan tetap coba untuk memperbaiki speedometer digital Yamaha Byson ini supaya bisa cakep lagi tampilannya. Mungkin akan sedikit dimodif? hmm… Pastinya sudah ada kandidat orang yang bisa benerin speedometer si Edward dengan harga terjangkau. Nanti setelah selesai, bakal saya laporkan lagi hasilnya bro. Memuaskan / Nggak? tunggu liputan selanjutnya…

Pokoknya benerin lagiii sampe bisa! 😀

Pokoknya, harus hati-hati melihara motor dengan speedo Full Digital. Kalau bisa setiap parkir di luar ruangan yang terik, speedo jangan langsung terpapar sinar matahari. Ditutup/dilindungi biar sinar matahari ga menyerang langsung layar speedometer. Mencegah lebih baik daripada mengobati…

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*