Perbaiki Komstir Yamaha Byson Yang OBLAK! Jangan Panik, Segini Biayanya!

Pasangg!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, kembali lagi bersama thread All About Byson, yang membahas segalanya tentang si Edward, Yamaha Byson tahun 2012 yang sudah berumur 7 tahun ini.. Di umurnya yang ketujuh, layaknya anak kecil, si Edward sedang lucu-lucunya. Suka minta “jajan” yang gak terduga hahahaa.. Tapi menurut saya ini sangat wajar, untuk motor yang hampir setiap hari jalan dan sudah menempuh lebih dari 61ribu kilometer di jalan. Alhamdulillah, Edward gak pernah minta jajan yang mahal-mahal! Hehee.. Tapi, baru-baru ini saya ngerasain Edward mulai agak gak stabil dibawa, stir berat, dan bikin tangan pegel! Wah, Komstir kena nih… 

Ganti Komstir Byson, setelah 7 tahun mengaspal

Hallo Edward! udah mulai gak enak nih komstirnya..

Sebelumnya, sudah 7 tahun komstir baru disetel-setel aja. Pernah sekali saya coba buka dan dilumasi lagi pakai grease supaya ringan, sekitar 2 tahun lalu. puncaknya di tahun 2019 ini, 61ribu kilometer dan akhirnya komstirnya nyerah juga… Berakhir OBLAK alias udah gak bisa disetel lagi. Disetel pun percuma, gak bisa normal. Okeh, harus narik duit lagi nih dari rekening buat si Edward supaya sembuh.. Gapapa lah! Sebanding dengan jasanya ya broo, jarang ngeluh diajak berkelana sama saya sehari-hari! :D.

Cari-cari info, singkat cerita saya ke dealer resmi. Nanya, berapa sih harga ganti komstir Byson dengan biaya pasangnya? Beberapa beres menyebutkan, saat ini harga komstir Byson beserta pasang sekitar 250ribuan, terima jadi. Haduh, lumayan nguras kantong dikala banyak pengeluaran nih. Sebagai manusia yang terlatih berfikir efisien dikala kritis #hayah, syaa pun cari alternatif supaya bisa ganti komstir dengan harga seminimal mungkin! Paling gak, harus bisa dibawah 200ribu, biar sisanya bisa buat beli bensin… wkkwkww!

Cari di marketplace, beli online! 

Gak bisa dipungkiri, satu-satunya cara supaya bisa dapet barang murah dibawah harga retail adalah cari di marketplace, beli online!! Namun, harus hati-hati sama barang kawe! Yap, bebasnya jual beli online memungkinkan penjual nakal untuk mengklaim dagangannya sebagai produk ori, padahal zonk. Nah, akhirnya saya milih berbelanja di marketplace dengan jaminan uang kembali jika barang tidak sesuai dengan deskripsi. Sebut saja toko hijau… 

Segini harga komstir byson di marketplace..

Penjualnya pun saya pilih yang punya rating tertinggi, dengan deskripsi lengkap mengenai toko fisik dan deksirpsi barangnya. Ketemu lah salah satu lapak yang menjual komstir byson dengan harga cukup miring, dengan penjual yang juga terpercaya! Komstir yang dijual di BeRes dengan harga 150ribuan, disana hanya sekitar 122ribuan satu set, yang berisi komstir atas dan komstir bawah, nama bekennya Race Ball Kit. Fix, beli! Plus cashback 70ribuan, saya hanya bayar sekitar 50ribuan untuk komstir berarti.. Wkwkwk, cara irit pertama, sukses! Barang datang dan beneran ori..

Terus, bingung pasangnya dimana…

Yang jadi masalah, Gimana masangnya??? Saya sendiri gak paham masang komstir, kalo cuma bongkar karbu atau ganti busi mah udah biasa. Lah ini ribet bongkar pasang, belum lagi kunci-kunci dirumah gak lengkap. Belum lagi nyusun kabel supaya bener lagi nanti pas pasang, hadeh, ribet! Baru kepikiran sama saya, pengen irit malah jadi bingung sendiri..

Langsung gas ke bengkel ZonaSpeed Jatiwarna

Terus tiba-tiba keinget, waktu main ke Bengkel ZonaSpeed Jatiwarna kepunyaan lek Aripitstop, doi menyanggupi untuk membedah leher si Edward supaya enak lagi. Wah iya, sekalian ke Lek Ari aja deh daripada ribet! Alasan saya pasang di Bengkel ZonaSpeed juga karena lek Ari adalah mantan kepala bengkel resmi Yamaha, jadi cocok deh udah sering pasti megang motor-motor Yamaha termasuk Byson, cocok.

Pemasangan komstir dimulai..

barangnya siap!

Sebelum janjian, lek ari udah bilang bahwa jangan terlalu sore datengnya, pengerjaan lama sekitar 2 jam! Yowes, saya pun datang jam 2 lewat dikit. Langsung si Edward masuk ruang operasi dan dibuka satu persatu. Mulai dari baut pengikat segitiga atas, baut shock, sampai ke headlamp hingga semua terlepas. Byson sendiri agak rumit memang, karena kabel bodynya ada di samping kiri, menurut lek Ari ini agak sulit di bongkar. Akhirnya, kita lepasin satu-satu kabelnya wkwk..

Singkat cerita, saya pun kepo pengen ikut tau gimana sih caranya bongkar komstir, maka saya menawarkan bantuan jadi asisten sejenak buat lek Ari. Dalam waktu kurang dari sejam, leher si Edward sudah terlepas… Terlihat kondisi komstir lama yang sudah kotor, dan sudah mulai oblak. Pokoknya, udah gak layak pake.

Langkah awal, pasang komstir bagian bawah, lengkap dengan raceball dan penutupnya. Sedikit diketok-ketok supaya bisa rapat ke leher bagian bawah. Selanjutnya, pasang lagi shock dan segitiga ke rangka, dan pasang yang bagian atas berikut dengan penguncinya serta bautnya. Kelar deh! Lengkapnya nanti saya buatkan videonya ya..

Pasangg!

Setelah selesai, akhrinya dipasang semua, kabel-kabel dirapihkan dan dipasang lagi. Dudukan headlamp depan pun dipasang. Sebelum headlamp dipasang, kita setting dulu komstir sesuai dengan keinginan saya. Yang penting gak kendor, dan gak kekencengan, biar gak kaku pas dibawa..

Stel ulang

Tes pertama, berasa masih agak kendor, karena terasa kurang stabil di kecepatan di atas 50km/jam. Okeh, dikencengin lagi dengan cara dikencangkan searah jarum jam sampai terasa agak lebih berat. Tes kedua, udah mulai lumayan, cuma masih berasa keentengan. Stel lagi yang ketiga, dan tes ketiga alhamdulillah motor udah enak dan gak ada goyang lagi di putaran atas. Manuver tetep stabil dan untuk selap-selip, berasa enteng dibanding sebelumnya dengan komstir oblak! Alhamdulillah, pemasangan pun lancar tanpa drama berarti, berkat Tools handal dari Tekiro Tools. Mantuuul…

Biaya total ganti Komstir Yamaha Byson, berapa?

Niat ngirit saya akhirnya berhasil. Ngirit berfaedah dengan part original dan pemasangan presisi khas bengkel resmi, bikin Edward makin nyaman dibawa harian. Untuk biaya penggantian komstir di bengkel Zona Speed buat motor sport adalah Rp 60 ribu, sedangkan untuk matic dan bebek Rp 50 ribu karena lebih mudah. Total biaya ganti komstir Byson adalah sebagai berikut :

  • Komstir sepaket (Race Ball Kit Kode 35D) : Rp 122.000
  • Biaya pemasangan : Rp 60.000
  • Nasi padang : Rp 12.000
  • Es Teh Manis : Rp 3.000

Total semuanya adalah Rp 197.000 saja! Udah sama isi perut biar ridernya gak ikut oleng :p. Pas deh, 50 ribunya untuk isi bensin seminggu hahaaa.. Anggaran pun aman sentosa tanpa harus keluar lebih. Mantap deh..

Oh iya, buat yang mau pasang komstir, sekedar servis, ganti oli, bersihin CVT dan sebagainya bisa mampir ke bengkel Zona Speed Jatiwarna ya bro! Bengkel seberang persis Pegadaian/Proban jl. Raya Hankam. Kata Lek Ari selaku empunya bengkel, yang servis dalam waktu dekat akan dapat bonus merchandise menarik selama stok masih ada.. Nahh, langsung melipir deh. Dijamin baut-baut motor anda akan aman dari slek, karena pake tools dari Tekiro dan cairan-cairan dari Rexco Lubricants! Amaannn…

Jadi enak lagi nih… buat selap selip juga mantap!

Segini aja dulu ya bro, cerita tentang Byson kesayangan saya. Hamdalah, sekarang udah enak lagi. Next sih pengen ganti oli shock dan rantai lagi di bengkel Zona Speed! Stay tuned aja yah di indoride.com dan instagram @indoride. Difollow dulu okeee..

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*