Di rentang harga yang hampir sama,pilih Sport tulen atau Big Scooter ganteng brosist?

ARblog – Assalamualaikum,selamat malam brosist,semoga tetap sehat dan semangat..

nmax 06

Hari ini,tanggal 10 Februari 2015 adalah tanggal peluncuran Yamaha N-Max. Bagi brosist yang mengamati blog-blog otomotif sedari tadi,pasti sudah mengetahui berita ini. Ya,Yamaha N-Max menggegerkan jagad blogsphere beserta seluruh pecinta otomotif. Dengan harga peluncurannya yaitu 27,4 jutaan saja,Yamaha N-Max ini dianggap sangat Value for Money dibanding kompetitor yang bermain di range angka 30 jutaan keatas. Strategi yang bisa dianggap berani dan brillian dari YIMM karena meluncurkan matic dengan segudang fitur ini dengan harga yang boleh dibilang sangat kompetitif! 

Fitur yang ada di Yamaha N-Max pun bisa dibilang revolusioner dengan bandrol 27 jutaan. Dengan disematkan fitur rem ABS di versi standar,lampu LED,ban gambot serta yang paling menggegerkan adalah teknologi VVA atau Variable Valve Actuation yang memungkinkannya mendapatkan power yang maksimal tanpa menghabiskan terlalu banyak bahan bakar!! Belum lagi mesin yang diusungnya mirip dengan kerabat jauhnya dari segmen sport yaitu Yamaha R15 dan Yamaha Vixion,sama-sama mengusung mesin 150 cc 4 valve liquid-cooled. Jelas Yamaha N-Max dapat mengeluarkan power lebih besar dari kompetitornya! Mantaapp kan brosist??

Nah,sekarang kita kesampingkan dulu tentang launching N-Max yang masih hot banget di jagad blogsphere. Sekarang mari kita bahas,Punya uang 30 jutaan,mending beli sport tulen atau big scooter ganteng ya?? Mungkin hal ini menjadi masalah tersendiri bagi calon buyer. Dengan harga yang dibenturkan,pilihan ada di 2 segmen yang berbeda yang sepertinya sulit untuk memilih nih. Kali ini saya akan membandingkan langsung antara sport tulen fenomenal,Yamaha R15 serta big scooter yang baru saja dirilis,yaitu N-Max 155. Kira-kira,dari dua motor fenomenal ini siapakah yang paling Value for Money di rentang harga yang hampir sama?? Berikut penerawangan ngawur ala ARblog yang mungkin bisa sedikit mencerahkan bagi brosist yang lagi galau memilih diantara 2 motor berbeda segmen ini,so check this one out yo!

Punya uang 30 jutaan,mending beli sport tulen atau big scooter ganteng ya??

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi,mari kita bahas satu-satu brosist.

IMG_20141227_102317

Yamaha R15,motor ngguanteng yang udah mulai mainstream ini 😀 sepertinya menjadi idola baru bagi anak muda jaman sekarang. Desainnya yang sporty dengan gurat-gurat tajam sepanjang bodynya menyiratkan bahwa ada darah suci motor sport tulen di R15 ini. Suatu terobosan berani dari YIMM dengan memasang bandrol cukup kompetitif yakni direntang harga 30 jutaan Rupiah. Dirilis tahun kemarin,R15 mulai membumi di tanah air. Bisa dilihat dari angka penjualannya yang sangat besar di tahun kemarin,serta banyaknya motor ini dijumpai di jalan sehari-hari. Spesifikasinya sama dengan New Vixion,yaitu 150 cc 4 valve Liquid-cooled dengan power maksimal mencapai 16,59 ps. Dengan mengusung transmisi 6 speed,”Vixion berfairing” ini makin dicintai karena disebut-sebut memiliki tarikan atas yang mantap! Berikut spesifikasi Yamaha R15 brosist..

Kapasitas mesin : 149.8cc
Tipe Mesin : SOHC
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Max Power : 14.8 PS/8500 RPM
Max Torque : 13.10 nm/7500 RPM
Bore x Stroke : 57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan : Injeksi
Transmisi : 6 – Speed
Sistem Pendingin : Radiator
Ukuran Ban Depan : 90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/80-17 Tubeless
Rem Depan : Cakram 245mm
Rem Belakang : Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Kapasitas tangki : 12 Liter
Rangka : Delta Box
Speedometer : Semi Digital

Nah,karena tadi kita sudah bahas tentang Yamaha R15, Sekarang kita bahas Yamaha N-Max yang baru dilaunching barusan brosist. Mari kita bahas tentang kedua motor ini secara value for moneynya. N-Max dibanderol seharga 27,4 juta,dengan fitur-fitur baru yang dijamin sangat fungsional. Walau belum dibuktikan kehandalannya,dengan melihat spesifikasi diatas kertas mungkin kita sudah bisa menebak ya bagaimana nyamannya skutik gambot ini. N-Max sepertinya sangat cocok dipakai untuk riding jarak dekat hingga menengah,maupun jarak jauh. Dibekali ban gambot serta body yang juga gambot dan posisi tubuh yang tegak ketika mengendarainya,dipastikan akan nyaman nih brosist. Berikut ini spesifikasinya brosist..

Manufaktur : Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Model : NMax (2DP)

Tahun Pembuatan : 2015

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, SOHC, Liquid Cooled

Bore x Stroke : 58mm x 58,7mm

Rasio Kompresi : 10,5 : 1

Sistem Penyuplai BBM : Fuel Injection

Starter : Elektrik Starter

Transmisi : V-Belt Automatic

Max Power : 11,1 kW (14,8 HP) @ 8.000 RPM

Max Torsi : 14,4 N.m @ 6.000 RPM

Dimensi P x L x T : 1.955mm x 740mm x 1.115mm

Jarak Sumbu Roda : 1.350mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135mm

Tinggi Jok : 755mm

Kapasitas Oli Mesin : 1 Liter (Berkala 0,9 Liter)

Kapasitas Tangki BBM : 6,6 Liter

Berat : 127 kg

Frame : Underbone

Suspensi depan : Teleskopik

Suspensi belakang : Unit Swing

Rem depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston, Anti-Lock Brake (ABS)

Rem belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston, Anti-Lock Brake (ABS)

Ban depan : 110/70 – 13

Ban belakang : 130/70 – 13

Tentu pilihan ada di calon buyer sendiri. Jika menyukai yang sporty abis dan bergaya anak muda banget,atau brosist memang masih ingin senang-senang bareng pasangan,silahkan pilih R15 karena dijamin kegantengan akan naik drastis jika naik motor ini brosist :D. Saya sendiri pernah test ride R15,untuk lebih jelasnya ada di artikel ini. R15 juga asik jika dipakai di traffic yang lancar-lancar saja,karena chassisnya yang memang disetting enak untuk ditekuk-tekuk,memungkinkannya untuk dibawa di traffic kota yang lancar hingga lumayan padat. Tapi kalau macet,ya lumayan kerasa pegalnya brosist :D. Powernya yang lumayan besar juga enak dibawa di traffic perkotaan.

Jika Yamaha R15 mengusung desain yang sporty banget,tentu berbeda dengan N-Max yang bergaya santai nan elegan nih. Dengan desain maxiscoot,Yamaha N-Max sepertinya akan sangat nyaman dipakai sehari-hari. Dengan fitur-fitur yang sudah saya jelaskan diatas beserta ergonomi yang tegap banget,sepertinya asik berlama-lama di atas jok N-Max ini. Gak pakai lama,yang ngasuh blog ini pun mulai kesengsem dengan sosoknya yang gagah dan ganteng plus elegan ini :D. silahkan dipertimbangkan brosist,jika suka matic besar berdesain elegan dengan harga yang super terjangkau,dianjurkan untuk segera menghubungi dealer Yamaha terdekat untuk inden N-Max ini. Asli ngguantteeengg brosistt!! Semoga sistem penjualannya diperbaiki ya Yamaha,jangan kayak kasus R25 dan R15 yang harus inden lama dulu baru dapat unitnya!

Last,memang tidak lazim membandingkan sport tulen dengan scooter. Namun karena harga launchingnya yang dibenturkan,sepertinya bisa membuat brosist sekalian galau nih. Mau keren dan sporty ala anak muda?? Silahkan comot Yamaha R15! Mau elegan dan like-a-boss?? Silahkan boyong si ganteng N-Max ini ke rumah 😀 The choice is in your hand :D. Ada yang mau menambahkan?? silahkan comment di kolom komentar dibawah ini brosist,ditunggu kritik dan sarannya 🙂

Berikut Gallery Yamaha N-Max yang disadur dari berbagai sumber,semoga kepengen brosist :mrgreen:

Simple but elegant.

Simple but elegant.

Gagaaahhhh....

Gagaaahhhh….

nmax 03

Bagasi? Luas brooo

Bagasi? Luas brooo

Warna putihnya kok... bikin pengen :cry:

Warna putihnya kok… bikin pengen 😥

nmax 06

Sporty abis kan??

Sporty abis kan??

nmax 12

Thanks for reading and sharing,see you on the next article.

Wassalamualaikum

About IndoRide.com

Hanya pemuda biasa yang mencintai dunia otomotif,terutama dunia Roda 2. Share everything,you will get everything. Welcome to IndoRide.com.
This entry was posted in Launching, Motorcycle, Versus, Yamaha and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Di rentang harga yang hampir sama,pilih Sport tulen atau Big Scooter ganteng brosist?

  1. anon says:

    salah tulis nggak tu om
    14,8 hp? bukannya r15 16,6hp?

    Like

  2. Pingback: MT15 Hanyalah Impian ; Namanya Xabre,Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Lengkapnya! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s