Bagaimana Jika Ada Honda Forza 250 Lokal Indonesia? Harga Bisa Ditekan!

Test Ride langsung Forza di negara basis produksinya, Thailand

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, sebelumnya selamat tahun baru untuk brosist sekalian, semoga di tahun 2019 ini kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya! Amiin.. Nah, seperti biasa, di awal tahun gosip-gosip motor baru di Indonesia mulai mencuat. Ini yang bikin penasaran dan kayaknya seru untuk di ulik. Termasuk berita yang satu ini, datang dari pabrikan Sayap Mengepak Astra Honda Motor yang dikabarkan punya strategi lain nih bro! Seperti yang udah saya bahas sebelumnya soal Honda PCX Listrik yang akan dirilis tahun ini, kabarnya juga AHM kemungkinan sedang melihat peluang mengenai dilokalkannya Honda Forza 250, alias dibuat dan dirakit di Indonesia! Wihh, serius nih??

Honda Forza 250 Indonesia, masih buatan Thailand!

Berita datang dari blog lek Iwan Banaran yang seringkali mendapat bocoran-bocoran akurat mengenai motor baru di Indonesia. Kali ini soal Honda Forza 250 Lokal! Wow.. Seperti yang kita tahu bersama, Honda Forza 250 diperkenalkan oleh AHM di pameran GIIAS 2018 Agustus kemarin, dengan status CBU alias impor dari negara tetangga, Thailand. Motor ini terpantau sudah mulai didistribusikan kepada konsumen yang telah memesan sejak Agustus kemarin.. Berstatus CBU, tak ayal harga sang matic besar 250cc Honda ini menyentuh angka Rp 76 Jutaan. Cukup tinggi untuk sebuah motor matic 250cc… Namun, pastinya ada alasan kuat AHM memilih untuk melakukan import untuk matic besarnya ini dibanding melakukan produksi secara lokal di Indonesia.

Test Ride langsung Forza di negara basis produksinya, Thailand

Basis produksi Forza 250 yang kuat di Thailand (disana Honda Forza 300) menjadi alasan AHM untuk memilih import dahulu sebelum menjejaki produksi lokal. Maklum, butuh proses yang sangat panjang untuk melokalkan produk bro, apalagi produk yang bisa dibilang segmented dan gak sebanyak jual motor kecil. Melokalkan sebuah produk tentunya butuh perencanaan matang, baik dalam hal survey mendalam pada penerimaan pasar dan tentunya juga soal meracik komponen sendiri tanpa bergantung ke komponen yang di import dari luar, artinya, kudu menyiapkan koneksi ke Vendor lokal juga dong. Hal ini yang harus dikaji mendalam, karena kalau terlanjur dikerjakan terus penerimaannya minim, wah rugi bandar broo..

Honda Forza 250 Lokal, mungkinkah?

Pertanyaannya, mungkin gak ya ada Honda Forza 250 Lokal Indonesia? Mengingat di segment ini kan peminatnya juga gak sebanyak motor 150cc yang pernah dilokalkan oleh PT. AHM. Balik lagi ke Honda CBR150R dan Honda PCX yang telah sukses di lokalkan oleh AHM pada tahun 2014 dan 2018 kemarin, butuh waktu cukup lama sampai ke tahap melokalkan dua produk yang permintaannya cukup banyak di Indonesia tersebut. Praktis, harganya bisa ditekan cukup besar tuh bro! CBR150R CBU yang sebelumnya dijual hingga 42 juta, bisa ditekan hingga 28 jutaan. Dan Honda PCX 150 yang sebelumnya dijual hingga 42 juta, versi lokal bisa ditekan hingga di angka 27 jutaan. Nah, bagaimana dengan maxi scooter 250cc Forza 250 yang bisa dibilang lebih segmented ini?

Menurut lek IWB, kans Forza 250 untuk dilokalkan cukup besar masbro! Bukan tanpa alasan, sebab informasi yang masuk menyebutkan, AHM telah melakukan langkah-langkah untuk melokalkan dua maxi scooternya di Indonesia. Persiapan line up ini didukung oleh kabar telah digandengnya vendor-vendor untuk persiapan lebih lanjut. Selentingan yang santer terdengar adalah persiapan kuat untuk perilisan Honda PCX Elektrik 2019 nih brosis! Yang satu lagi, Honda Forza 250 Lokal Indonesia.. 

Forza 250 emang gantengg

Yap, menurut lek IWB, kemungkinan besar proses produksi akan dilakukan di Plant 1 AHM Sunter, Jakarta. Waduh, informasi yang bener-bener menarik tentunya buat brosist para pecinta skutik besar buatan Honda. Jika benar, gak ada salahnya kita terus kulik perkembangan ini di tahun 2019. Mungkin terlalu dini bila kita menunggu AHM melokalkan Forza 250 di Indonesia pada tahun 2019 ini, sebab baru beberapa bulan perkenalannya dalam versi CBU di Indonesia. Sulit bisa dipercaya, namun gak ada yang gak mungkin kalo bicara soal penerimaan yang baik di Indonesia soal Maxi Scooter yang sedang naik daun ini. Kita lihat kedepannya ya bro, pantengin terus beritanya di IndoRide.com okeehhh.. Gasss!

Forza Lokal? gimana menurut brosist?

Source : iwanbanaran.com

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Fenomena Harga Honda Forza 250 Bekas, Lebih Tinggi Dari Harga Baru! Tembus Rp 80 Jutaan - IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*