Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkendara disaat hujan brosist..!!

ARblog – Assalamualaikum,selamat sore brosist,semoga tetap semangat meski seharian di guyur hujan..

hujan

Masuk di puncak musim hujan nih brosist. Cuaca yang semakin tidak menentu pasti menjadi ujian tersendiri bagi brosist yang kemana-mana wara-wiri naik motor. Selain basah kuyup diguyur air hujan yang tak henti-henti,banyak juga faktor yang membuat riding dikala hujan menjadi sangat berbahaya bagi para bikers. Didasari dengan pengalaman pribadi,ARblog sengaja merangkum hal-hal yang harus diperhatikan dikala riding saat hujan. Silahkan disimak baik-baik ya brosist,check this one out!

1.  Perhatikan gaya berkendara

Gaya berkendara harus diperhatikan brosist..

Gaya berkendara harus diperhatikan brosist..

Gaya bekendara sangat penting diperhatikan ketika brosist berkendara dikala hujan. Tentu gaya berkendara sangat berpengaruh terhadap keselamatan sang pengendara. Gaya berkendara di saat hujan harus dibedakan dengan berkendara di cuaca normal,karena kondisi jalan yang licin sehingga mempengaruhi terhadap kestabilan motor saat dikendarai. Atur kecepatan kendaraan di kecepatan rendah hingga sedang,agar masih ada gap untuk ngerem jika sewaktu-waktu ada lubang yang tak terduga dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Karena suka khilaf,saya pun sering mengalami slip saat berkendara ditengah hujan karena terburu-buru. Gak lagi-lagi deh 😀

2.  Perhatikan kondisi jalan yang dilewati

Kalo kondisi jalan kayak gini sih... ajib masbroh :D

Kalo kondisi jalan kayak gini sih… ajib masbroh 😀

Pemilihan jalan yang akan dilewati juga salah satu hal penting yang musti brosist perhatikan. Salah memilih jalan yang akan dilewati,bisa selesai urusan tuh :D. Tandai jalan yang sering digenangi air banjir besar yang kira-kira bisa membuat kendaraan mogok. Meskipun air hanya menggenang,tetap harus berhati-hati brosist. Karena bisa saja air menggenang tersebut ternyata lubang besar dan akhirnya bisa membahayakan bagi brosist dan pengendara lain! So,seperti di poin yang nomor 1,perhatikan gaya berkendara juga ya brosist..

3.  Cek kondisi motor

Pengecekan kondisi motor,penting brosist!

Pengecekan kondisi motor,penting brosist!

Periksalah kondisi motormu brosist! jika ada part yang sudah mrengek minta diganti,jangan ragu untuk segera menggantinya. Karena part tersebut bisa jadi hal yang menyebabkan kecelakaan jika tidak segera diganti. Yang marak adalah bocornya ban saat musim hujan. Cek tekanan ban agar ban tidak sensitif saat terkena benda tajam dan benda-benda lain yang bisa membuat ban bocor. Tak hanya ban,setelan rantai dan kondisi part kelistrikan seperti lampu-lampu dan klakson juga musti diperhatikan dengan baik tuh brosist..

4.  Hindari melewati banjir yang dalam!

Mumet kalo gini dah!

Mumet kalo gini dah!

Sudah jadi rahasia umum kalau Jakarta dan daerah-daerah pendukungnya menjadi sarang air yang menggenang atau disebut banjir! Banjir sendiri datang karena banyak daerah resapan yang dijadikan pemukiman sehingga air gak bisa diserap sempurna oleh tanah. Kita kesampingkan penjelasan tentang banjir,yang jadi konsentrasi di pembahasan ini adalah disaat brosist naik motor dan harus melewati banjir tuh gimana ya?! Banyak pendapat bahwa buka saja gas besar-besar,hingga air tidak akan dapat masuk ke knalpot! Presepsi ini sebetulnya salah brosist,yang perlu diperhatikan adalah letak filter udara di motor brosist masing-masing. Karena yang sering membuat mogok pada motor adalah masuknya air lewat filter udara yang menyebabkan air masuk ke ruang mesin! Hih ngeri! Nah,sebaiknya brosist hindari melewati genangan banjir yang dalam. Kalaupun terpaksa dan tak ada jalan lain,jangan paksakan motor brosist melewatinya dalam keadaan mesin hidup! tuntunlah motor dalam keadaan mesin mati dan coba nyalakan jika sudah di daratan yang kering brosist..

mogok

5.  Pakailah peralatan yang mendukung untuk riding disaat hujan

Begini yang baik dan benar sekiranya *source : otomotifnet

Begini yang baik dan benar sekiranya *source : otomotifnet

Peralatan yang mendukung disaat hujan yang paling penting adalah jas hujan brosist. Selain melindungi dari air hujan yang langsung menerpa tubuh,jas hujan juga bisa mengurangi rasa dingin yang melanda disaat riding hujan-hujanan. Oiya,usahakan memakai jas hujan yang berbentuk baju ya brosist,jangan yang berbentuk jubah batman a.k.a jas hujan kelelawar :D. Selain itu,pakailah sepatu agar mengurangi dingin pada kaki dan supaya bisa mencegah cedera kaki ketika jatuh. Maklum,disaat hujan tingkat kecelakaan naik drastis brosist! harus diantisipasi sejak awal.. Sarung tangan juga harus dipertimbangkan mengingat air yang menerpa cukup kencang ke tangan sehingga bisa kehilangan grip pada tuas gas motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan tuh brosist!

6.  Manajemen waktu

jam

Nah,hal ini adalah salah satu yang paling penting brosist. Banyak yang menyebutkan kalau waktu adalah uang. Jadi sebaiknya manfaatkan waktu sebaik mungkin. Ketika hujan seperti ini,usahakan berangkat lebih pagi brosist. Kenapa?? Agar tidak terburu-buru di jalan,karena terburu-buru bisa berakibat fatal! Kecelakaan yang terjadi di musim hujan juga banyak yang terjadi karena rider tersebut terburu-buru mengejar waktu masuk untuk beraktifitas. So,untuk hal ini ARblog masih belajar bagaimana memanajemen waktu secara baik. Karena selama ini ARblog juga sering terburu-buru di jalanan :D. Insyaallah tetap safety kok brosist..

7. Jangan paksakan diri 

Jangan memaksakan diri ketika bro dan sist sekalian tau kalau tidak bisa riding dikala hujan. Memaksakan diri akan mengakibatkan ragu-ragu dan akhirnya bisa menyebabkan kecelakaan tuh brosist! Ketika merasa kurang enak badan juga sebaiknya beristirahatlah sebentar agar merasa lebih tenang dan lebih baik kondisi badannya.

Nah,semoga tips-tips diatas bisa berguna bagi brosist yang akan melewati hari-hari berat di musim hujan ini. Memang keadaan yang memaksa kita untuk melakukan hal lain! Bukan mengeluh,tapi cari solusinya agar bisa terus beraktifitas tanpa menjadikan hujan sebagai alasannya :D. Oke brosist? Kalau ada yang mau menambahkan,silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini.

Thanks for reading and sharing,see you on the next article

Wassalamualaikum..

Related Posts :

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Motorcycle, Tips n Trick and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkendara disaat hujan brosist..!!

  1. Pingback: Tips n Trick : Riding Safety di Traffic padat perkotaan,Kenapa tidak?? | Alki Rahmatullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s