Take A Risk! Bongkar Dan Bersihkan Karburator Vakum Untuk Pemula!!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Skep Karburator Byson nih..

Skep Karburator Byson nih..

Laki berani ambil resiko… Begitulah kata orang-orang bijak diluar sana. Yap,bener banget tuh perumpamaan. Lelaki harus berani mengambil segala resiko saat ingin melakukan suatu pekerjaan. Apapun pekerjaan itu ya kita sebagai laki-laki sejati harus paham tentang resikonya. Joss..

Begitu pula yang terjadi kepada saya saat mengalami suatu masalah pada motor saya nih brosist. As you know,Yamaha Byson saya memang seringkali terdapat masalah pada Karburatornya. Entah kenapa,nih motor berulah terus terutama di sistem karburasinya nih. Brebet serta ngempos jadi masalah yang tak kunjung henti..

picsart_02-29-07.22.07.jpg

Pernah saya hampir lewat saat si Kebo tiba-tiba ngempos kehilangan tenaga,saat sedang menyalip sebuah truk di jalan. Alhamdulillah masih kebagian jatah waktu untuk hidup,saya bisa menyeimbangkan gas dan akhirnya si kebo kembali bisa berakselerasi. Sempat beberapa kali saya mengumpat kepada motor ini,namun ya saya fikir lagi,marah-marah kok sama benda mati? Ya gak ada juntrungannya.. XD.

Biarpun keren,ia menyimpan masalahnya tersendiri.. Yang putih loh ya wkwkwk

Biarpun keren,ia menyimpan masalahnya tersendiri..
Yang putih loh ya wkwkwk

Sebulan lalu sudah sempat saya ulas,bagaimana karbu si Kebo sukses bikin saya naik pitam,dan akhirnya saya ganti tuh satu set karet vakum.botol skep beserta kawan-kawannya.. Tulisannya sudah sempat saya publish di sni,silahkan dibacaa ya! =>

Eits belum ada 2 bulan,nih motor udah berulah lagi brosist. Gejala yang sama seperti sebelumnya,ngempos tiba-tiba dan gas kosong saat dibuka. Waduuh,puyeng bin pusing kalo kaya gini.. Ke bengkel yg tempat ganti skep malah dia bilang “Ya gak bisa salahin skepnya juga mas,ini bisa jadi dari busi dll dll…” halah,busi masih bagus kok! Alhasil saya tinggal aja bengkelnya haha..

Walau suka berulah,masih demen diajakin piknik...

Walau suka berulah,masih demen diajakin piknik…

Mau ke BeRes? Sudah pasti disuruh ganti skep lagi,paling parah disuruh ganti karbu. Ke bengkel biasa? Jawabannya pasti gitu lagi. Yasudah,bermodalkan nekat dan sedikit pengetahuan tentang karbu vakum ini,saya nekat bongkar nih karbu..

wp-1460556121751.jpeg

Pertama,buka bodi samping kiri si Kebo yang direkatkan oleh mur. Lalu langsung aja lepaskan karbu dari intake dan saluran filter udara.. Lepaskan juga tali gas serta kabel choke yang menempel. Gak lupa,socket Throttle Positioning Sensor alias TPS ini dilepas juga.

Ditangan sudah terdapat karburator tipe Constant Velocity bermerk Mikuni BS26 yang bikin saya beberapa kali naik pitam ini.. Huahaha. Mungkin perawatan user sebelumnya kurang fokus ke si karbu vakum ya.. Entahlah. Langsung buka bagian atas dari karburator ini.

Ada 2 dugaan yang sejak awal dicurigai. Yang pertama adalah skep baret,ini sangat sering terjadi di karburator Byson (apa semua karburator vakum kayak gini ya?),skep yang berlapis Teflon itu mudah baret,sehingga skep terhambat naik turunnya,brebet deh. Kedua,adalah per skep yang kurang lentur,sehingga menghambat naik turunnya skep pula.

Sistem kerja karburator Constant Velocity(CV)

Sistem kerja karburator Constant Velocity(CV)

Bongkar,langsung lihat keadaan botol skep,ternyata aman brosist,belum baret-baret banget lah.. Sayang gak sempat foto banyak kemarin,tangan sudah belepotan sama debu-debu si Kebo yang udah seminggu gak dicuci :D. Cek karet vakum juga masih OK,tinggal dibersihin sedikit pakai lap/kanebo deh. (jangan bersihin karet vakum pake bensin ya,nanti cepat melar).

Indikasi kedua,cek per skep. Menurut suhu-suhu di grup Byson,coba tarik per skep tersebut sepanjang-panjangnya,supaya per lentur dan naik turun skep jadi lancar. Setelah ditarik kok ya ga bisa ditutup nih karbunya? Ternyata jadi kepanjangan tuh pernya.. Tutup karbunya jadi mental terus brosist!

CV3

Per ini dipotong sebanyak 3-5 ulir aja,dan ditarik supaya lentur bro.. Sumber : mochyuga.wp.com

Akhirnya per skep dipotong sekitar 3-5 ulir (kemarin saya potong sebanyak 4 ulir kayaknya). Lalu ditarik lagi secukupnya,supaya skep mudah naik dan turunnya. Gak lupa kasih sedikit minyak yang super encer (saya pakai minyak jahit Singer) sebanyak 2-3 tetes saja.. Langsung dipasang dan dites dulu..

Hilang sudah brebetnya! Ketika sebelumnya brebet di rpm 4000-5000an,sekarang sudah hilang dan juga sudah saya tes sebelumnya,saat dilihat naik turun skep cukup lancar lah.. Oke,langsung pasang semuanya,di setting ulang,dan ditest jalan..

Woww jadi mantap lagi! Nekatku gak sia sia ternyata.. Hahhaa.. Entah untuk beberapa bulan karbu ini normal lagi. Kalau memang nanti bermasalah lagi ya tinggal dibersihkan sendiri saja :D. Atau kalau masih bermasalah,ya sudah apa boleh buat,harus diganti Inazuma sepertinya… Wkwkwwk!

Langsung greng lagii!

Langsung greng lagii!

Okelah,semoga berguna ya brosist,terutama buat yang mau ngoprek-oprek motor sendiri.. Maaf gak sempat ambil foto saat bongkar,tangan bleberan bensin dan debu,jadi ga bisa pegang hape,sayang hapenya!! XD.

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

About IndoRide.com

Hanya pemuda biasa yang mencintai dunia otomotif,terutama dunia Roda 2. Share everything,you will get everything. Welcome to IndoRide.com.
This entry was posted in All about Byson, Tips n Trick, Yamaha and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Take A Risk! Bongkar Dan Bersihkan Karburator Vakum Untuk Pemula!!

  1. ardiologi says:

    metik ane juga pas servis karbu, pernya dipotong… kayaknya potong per udah jadi metode benerin karbu vakum :v

    Like

  2. biggkil says:

    punya ane byson daleman karbu ok smua.tanpa brebet meski diputer gas ampe mlintir..pas dibuat jalan kog ya ndut ndutan..kaya brebet..tp brenti digas kagak brebet ternyata..pas tanya bengkel sekalian bersihin karbu katanya karbu oke semua..malah dikata rantai yang kendo kenceng..emang bisa gitu ya??
    mohon pencerahan..

    Like

    • Persis kayak kebo ane tuh gejalanya.. Saat motor posisi diam dan digas sampe mentokpun ga brebet. Setiap bengkel yg ane tanya selalu main aman dan menyalahkan part lainnya.. Coba buka sendiri karbunya bro,lalu cek apa ada baret di dinding skep atau di botol skepnya. Kalau baret gosok pakai autosol dan kasih minyak singer 2-3 tetes. Potong pernya,tarik sedikit. Insyaallah joss lagi..

      Like

  3. iyan chayan says:

    good artikel…

    Like

  4. joe.cp says:

    hati hati potong per skep. memang jadi enteng naiknya, tapi daya dorong nutupnya berkurang.
    sangat beresiko jika skep baret. skep rawan macet nggak kembali ke posisi nutup.
    tapi keuntungan karbu vakum ketika skep macet dengan posisi terbuka adalah ga bikin ‘gas’ motor nyantol tapi malah brebet dan mati ketika bukaan gas kecil.

    ciri ciri skep nyangkut adalah mesin hanya mau stasioner ketika dibuka gas malah mati. kalau dalam posisi berjalan tiba tiba brebet ketika bukaan gas dikecilkan dan normal ketika di buka lagi.

    solusi ketika dalam posisi berhenti adalah mengetok karbu dengan harapan skep turun, atau kendarain motor dengan posisi choke dibuka dengan harapan akan turun ketika kita lanjut jalan.
    solusi ketika skep macet dalam posisi jalan adalah tarik kopling kemudian buka gas sedalam dalamnya kemudian dilepas tiba tiba. metode ini berdasar pengamalan pribadi touring bali – magelang dengan kondisi skep baret dan macet berkali kali dijalan. hahahahaa (motor thunder 125 karbu bs 26)

    Like

    • fari.fairis says:

      thanks berat sarannya, om..! 🙂
      itulah knapa ane smpe skrg masih ragu buat potong tuh per.. takut susah turun skepnya.. pdhl pengen bisa lebih spontan gasnya..
      njmx, karbu standar bs25

      Like

      • @fari kalau gak ada masalah jangan diapa apain karbunya,takut malah nantinya masalah tambah runyam hehe.. Kalau motor saya ini memang sudah bermasalah jd sekalian saja

        Like

    • Gejala skep nyangkut malah saya temukan saat sebelum dipotong per skepnya. Motor jadi mati2 terus,ngempos gak berkesudahan. Akhirnya saya coba potong dan alhamdulillah naik dan turunnya enak,sudah dilihat juga saat mesin dinyalakan. Anyway terimakasih sarannya bro..

      Like

  5. Pingback: Impresi Awal Pasang Karburator RX King Di Yamaha Byson ; Brebet Sirna Sudah! | Indoride.com

  6. eka says:

    Bro, kebo ane gejalanya gni, klo di geber rpm tinggi, trus ane turunin, ane gas lagi mlah brebet, apa sama kyk gtu pngalamannya? Ane slama ini gk prnah nungguin mekanik service kebo,jd gk tau vakumnya melar apa gmn. Besok pngen ane cek dah..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s