Perawatan Berkala Si Mbit (Beat FI 2014) ; Ganti Kampas Ganda,Getaran Berlebih Hilang Seketika

IndoRide.comย – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Saat si mbit pertama kali sampai rumah..

Saat si mbit pertama kali sampai rumah..

Waduh,liat post terakhir sudah lebih dari 2 minggu lalu,berarti saya sudah 2 minggu ga nulis di blog ini. Habis mau gimana lagi yah… Sektor riil lagi lucu-lucunya nih,bikin ribet banget,setiap hari sampe rumah langsung tepar ga sempet bikin artikel ๐Ÿ˜ฆ #curhatdikit.

Lagi hangat masalah apa nih di jagat blogsphere? Saya ketinggalan banyak kayanya ya.. Yasudah,mending ngomongin hal yang baru aja saya kerjain kemarin nih. Yap,berawal dari papa (bapak saya) yang mengeluhkan bahwa Honda Beatnya udah kurang enak buat dibawa jalan,saat akselerasi selalu bergetar hebat,dampaknya jadi kurang nyaman buat dibawa keseharian papa yang seringkali pergi jauh/hanya dipakai di sekitaran rumah saja.

Kitamah beat tua juga lumayan :(

Kitamah beat tua juga lumayan ๐Ÿ˜ฆ

Nampaknya ini bukan dari oli,karena oli baru saya ganti sekitar 2 bulan yang lalu. Dan olinya… you know lah.. ini dia :

p_20160731_164355.jpg

Karena papa kurang ngerti masalah motor,(sebenernya saya juga ga ngerti sih),akhirnya doi memberikan kepercayaan penuh ke saya ๐Ÿ˜Ž ,untuk servisin motornya. Apakah saya yang servis sendiri? Oh tentu tidak,saya dengan halus akan mengangkat kedua tangan tanda menyerah kalau disuruh servis sendiri. Bongkar sih bisa,masangnya lagi belum tentu… hahahaha..

Berita lain tentang Honda Beat,cekidot :

Tadinya mau dibawa ke bengkel matic yang rada bagusan,rekomendasi temen saya yang biasa servis disana. Tapi karena waktu mepet,dan Papa saya mau pakai motornya sesegera mungkin,akhirnya dibawalah ke bengkel dekat rumah,yang kinerjanya juga bisa dibilang bagus lah,ga terlalu mengecewakan untuk servis-servis ringan.

Plus,disana terkenal jual sparepart ori dengan harga yang lebih miring (bahkan ane sering lihat pegawai BeRes beli part disitu,tanya kenapah?). Oke,langsung masukin si Mbit ke pitstopnya,beruntung saat itu bengkel nggak terlalu ramai.

A ; Saya,B ; Kang bengkel

A : Mas,ini matic saya geter kalo jalan,kira-kira napa ya?
B : Oh ya mas,itu bisa jadi rollernya peyang,bisa jadi juga beltnya udah jelek,dan bisa jadi kampas gandanya udah tipis. Dibongkar dulu aja mas nnt ketahuan
A : Yauds,bongkar dah.

wp-1476406287393.jpeg

Akhirnya dibongkar lah CVT si Imut Mbit. Satu persatu part didalam box CVT ditanggalkan. Tibalah saat yang ditunggu-tunggu,ngecek part yang udah aus.

Cek Roller,masih oke banget. Begitupula dengan Vanbelt,yang kondisinya masih mantap juga. Berarti memang benar kampas gandanya kudu ganti nih,secara dari si Mbit bareng saya,ini part belum diganti sama sekali,mungkin juga belum diganti dari baru.

A : Mas,kampas ganda kudu diganti. berapaan itu?
B : Kampas ganda 120 ribu ama pasang,mau ga?
A : Yaudah ganti.

wp-1476406233515.jpeg

Akhirnya ganti kampas ganda. Pilih yang ori supaya jangka waktu pemakaian bisa lebih lama dan tentu lebih nyaman makenya. Dibongkar sekalian dibersihin daleman CVTnya yang udah penuh sama debu. Sayangnya,bengkel yang satu ini masih ngambil bensin dari tangki bensin motor konsumen buat bersihin part-part yang mau dibersihin. Bukannya pelit,cuma pas banget kelupaan ngisi bensin kemarin. Jadilah motor mogok dan harus nyari bensin eceran dulu… Grrrr….

Pasang lagi setelah semuanya dibersihin,dan betul saja. Getaran sukses hilang saat akselerasi. Ternyata benar,masalahnya ada di kampas ganda,yang fungsinya juga cukup vital untuk motor matic.

Total habis sekitar 150 ribu sama ongkos pasang dan tipnya. Cukup murah ya,untuk part yang cukup vital. Mengingat nih motor juga dipakai buat kerja keras,so perawatan juga kudu nomor satu supaya ga ngambekan. Motor dipakai buat cari duit,kalau motornya gak dirawat nanti duitnya ga berkah… #ehh wkwkwkkw.

Okee sekian dulu ya brosist curhat singkat saya tentang perawatan berkala si Mbit Imut alias Honda Beat 2014 ini. Jangan lupa,motor kesayangan harus selalu dirawat yaa! Hehehe..

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written byย Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage :ย Indoride.com
Facebook :ย Alki Rahmatullah
Twitter :ย @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Honda, Servis Berkala, Tips n Trick and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Perawatan Berkala Si Mbit (Beat FI 2014) ; Ganti Kampas Ganda,Getaran Berlebih Hilang Seketika

  1. Sip tunggangan emg kudu dirawat

    Like

  2. are wege says:

    Ane juga mau check nih, motor tunggangan, ane ..

    Like

  3. iwan beneran says:

    beat fi nya sudah berapa kilometer ? punya saya tahun 2013 sudah 18.000 km masih bagus kampas kopling gandanya. malah cvt agak retak dan roller-roller sebagian dah peyang.

    Like

  4. soelarblog says:

    Tepat di angka odometer 29.000 beat fi saya baru ganti vanbeltnya…

    Like

  5. Pingback: HOT! Honda Scoopy Terbaru Lebih Cantik Dengan Segudang Fitur, Launching Akhir Maret? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s